Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor via Online


Pernah gak sih kepikiran di jaman teknologi yang super canggih sekarang ini kalian melakukan pengurusan administrasi seperti bayar pajak listrik, kendaraan, dan lainnya secara online? eits itu ternyata benar bisa terjadi loh. Contohnya cara bayar pajak motor online. Wih keren ya jadi kita gak perlu antri antri lagi mengurusnnya, super praktis banget rasanya.


Sejatinya pembayaran pajak motor online ini diberlakukan oleh pemerintah memang untuk hal tersebut sist, jadi supaya para masyarakat lebih merasa nyaman dan tidak malas lagi membayar pajak apalagi samapi telat yang mana itu merugikan diri mereka sendiri.

Oleh karena itu sekarang ini menitinfo.com coba memberikan panduan panduannya bagi kamu yang ingin mencobanya. Silakan disimak ya tiap langkahnya sebagai berikut ini :

Langkah Langkah Cara Bayar Pajak Motor Online Tanpa Ribet

cara bayar pajak motor online

1. Buka Situs e-Samsat


Langkah awal yang perlu kalian lakukan untuk membayar pajak motor online ini ialah membuka situs e-samsat tiap daerah kalian karena setiap provinsi tidak sama ya. Berikut ini daftar situsnya tinggal kalian klik saja untuk membukanya :

2. Isi Data Kendaraan


Apabila telah kalian isi maka kalian akan diharuskan mengisi sebuah formulir dengan data data kendaraan kalian, yang antara lain kurang lebih seperti ini :
  • Kota : Pilihlah kota motor kalian berada, contoh jika motornya berplat magelang, maka ya pilih kota magelang di pilihannya. 
  • Samsat : Karena setiap kota ad ayang mempunyai lebih dari 1 samsat maka kalian tinggal pilih saja dimana kalian mau mengurusnya kami rekomendasiin sih yang dekat dari rumah saja ya :D.
  • Nopol : Silakan masukan nomor plat motor kamu
  • Kode : Ketik lagi kode captcha yang sesuai pada kotaknya.
  • Nah lalu kalian cuma perlu klik saja "Cari".
Di langkah kedua cara bayar pajak motor online ini guys, kalian perlu mencermati ulang bagaimana data yang kalian isi supaya tidak ada yang kliru. Apabila sudah merasa benar, sekarang kalian akan menemukan kalimat "Apakah anda ingin melakukan pembayaran?" kliklah pada kalimat itu.

3. Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online


Pada tahapan ketiga ini sebelum kalian membaar pajak yang tertera pada langkah kedua, kalian akan diperlukan mengisi sebuah formulir lagi. Perlu dicatat bahwa di langkah ketiga ini formulirnya akan kalian pakai untuk bukti nota pajak ya jadi sangat perlu hati hati. Berikut kurang lebih urutan data :
  • Kota : Masukanlah kota dimana kalian ingin mengambil nota pembayaran pajak nantinya. Karena disini aku tinggal di magelang ya langsung saja ke kota Magelang.
  • Samsat : Pilih samsat terdekat dengan tempat tinggal anda
  • Bank : Pilih bank apa yang hendak kita gunakan untuk melakukan pembayaran
  • Layanan : Jika sobat menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking
  • Kode Bayar : Untuk mendapatkan kode bayar, anda hanya perlu mengklik Pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print.

4. Lakukan Proses Pembayaran Pajak Motor Online


Langkah keempat dalam cara membayar pajak motor online ini ialah kalian hanya perlu bayar saja sejumlah nominal yang sudah keluar di layar lewat Bank mandiri baik melalui ATM, Internet Banking hingga M-Banking. Prosedurnya sebagai berikut :
  1. Setelah berada di ATM, Mbanking atau Inet Banking. buka menu Bayar > Multi Payment > Pilih Samsat yang cocok dengan tempat tinggal kalian serta sesuai pas diisi lewat formulir ya..
  2. Masukanlah kode pembayaran pada kolom dibawah yang telah kalian peroleh di web E samsatnya.
  3. Klik "Lanjutkan" untuk membuat pembayarannya segera di proses. Nah ini yang penting disan ananti akan terdapat bukti bahwa kalian telah melakukan pembayaran lewat Inet Banking.
  4. Silakan print out saja bukti pembayaran itu karena diperlukan saat di kantor samsatnya untuk memperoleh nota pajak kendaraan yang baru.
➧ Catat! : Batas waktu menukar print out pembayaran ke nota di samsat cuma sampai 7 Hari saja. Jadi ingatlah kalau perlu segera saja ditukar.

5. Pengambilan Nota Pajak di Samsat


Nah langkah terakhir sebagaimana yang admin katakan di langkah 4 yaitu tukarkanlah bukti pembayaran kamu tersebut dengan nota pajak di Samsat yang terpilih. Biasanya sih ini yang perlu ngantri hehe tapi ga perlu antri dari awal kan yang mana proses manual sendiri perlu antri cek fisik perlu antri lainnya juga, pokoknya lebih praktis deh.

Sudah bayar pajak motor lewat onlien lalu pingin nyoba sim juga? silakan kalian baca di pecintamotor.com ya disana banyak sekali langkahnya lebih yang lebih jelas.

Sekianlah sedikit ulasan yang bisa kami berikan kepada kalian mengenai cara bayar pajak motor online, semoga saja dapat membantu kalian supaya tidak terlambat bayar pajak ya hehe .

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon