4 Tips Membeli Oleh-Oleh Saat Traveling

Tags


tips membeli oleh oleh traveling
Oleh-oleh merupakan hal yang sangat wajib untuk dibeli saat traveling. Liburan akan terasa tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Saat berkunjung ke tempat wisata, biasanya ada banyak sekali para pedagang yang menjual oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Jenis oleh-oleh yang dijual juga sangat beragam. Tergantung dari selera kamu masing-masing.

Bagi kamu yang suka membeli oleh-oleh pada saat traveling, tidak ada salahnya untuk membaca tulisan ini sampai habis Karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 4 Tips Membeli Oleh-Oleh Saat Traveling. Jadi, kamu nggak boleh sembarangan beli oleh-oleh di tempat wisata. Telitilah sebelum membeli. Berikut keempat tips tersebut!

1. Carilah Oleh-Oleh Khas Daerah Tempat Kamu Traveling


Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mencari oleh-oleh khas daerah tempat kamu traveling. Atau dalam artian oleh-oleh tersebut merupakan ikon destinasi wisata yang kamu kunjungi dan hanya bisa didapat di tempat itu aja. Buat apa kamu beli oleh-oleh namun di daerah lain juga ada dijual. Akan terasa sangat sia-sia nantinya.

Alhasil, oleh-oleh yang kamu bawa pulang ke rumah menjadi tidak langkah  dan tidak ada artinya sama sekali. Maka dari iu, kalau mau beli oleh-oleh carilah yang khas dengan daerah tempat kamu traveling. Misalnya anyaman topi yang ada di Madura yang tidak bisa didapatkan di daerah lain. Hanya di Madura sajalah anyaman topi tersebut bisa dibeli.

2. Belilah dengan Harga yang Sangat Terjangkau


Namanya juga oleh-oleh, harga yang dijual juga tidak terlalu mahal. Kecuali kalau kamu beli barang-barang mewah, baru deh kamu membelinya dengan harga yang sangat mahal. Namun kalau hanya sebatas oleh-oleh saja, belilah dengan harga yang sangat terjangkau. Karena oleh-oleh yang kamu beli di tempat wisata pada saat traveling merupakan kenang-kenangan yang akan menjadi bukti bahwa kamu pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Jadi, kamu nggak perlulah beli oleh-oleh dengan harga yang cukup mahal. Cukup dengan harga yang sangat terjangkau saja. Agar kamu memiliki cenderamata yang bisa dibawa pulang.

3. Usahakan Oleh-Oleh yang Dibeli Punya Nilai Fungsi


Saat membeli suatu barang tentu kita harus memikirkan fungsi dan tujuan mengapa kita membeli barang tersebut. Jika tidak fungsi dan tujuannya ya buat apa kita membeli barang tersebut. Hal tersebut juga berlaku saat kamu membeli oleh-oleh. Belilah oleh-oleh yang memiliki fungsi yang bisa kamu gunakan.

Ada banyak sekali oleh-oleh yang dijual di tempat wisata yang memiliki fungsi yang bisa kamu pakai. Misalnya saja baju, gelang, sepatu, celana, dan yang lain sebagainya. Tapi ingat ya oleh-oleh tersebut hanya boleh ada di tempat wisata yang kamu kunjungi saja. Kalau di tempat lain ada dijual, ya itu bukan oleh-oleh namanya.

4. Carilah Oleh-Oleh yang Unik


Selain ketiga tips di atas, tips selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari oleh-oleh yang unik. Di setiap destinasi wisata tentunya ada banyak sekali oleh-oleh yang dijual. Nah, carilah oleh-oleh yang unik. Kalau bisa nilai keunikannya itu sangat tinggi. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengingat selalu destinasi wisata yang kamu kunjungi. Kenangan indah saat liburan tidak akan pernah terlupakan untuk selamanya. Kamu juga bakal punya banyak koleksi oleh-oleh unik nantinya.

Baca juga : 4 Tempat Wisata Keren di Jogja
Itulah 4 tips membeli oleh-oleh saat traveling. Semoga Bermanfaat!

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon