Mau Liburan Ke Jawa Timur? 5 Objek Wisata Ini Mungkin Bisa Menjadi Pilihanmu

Wisata Jawa Timur menyimpan segudang surga dunia. Daerahnya yang terdiri dari lautan hingga pegunungan memiliki banyak spot menarik untuk dijelajah. Jawa Timur bisa menjadi tujuan rekreasi alternatif buat kamu yang bosan ke Bali. Apalagi, pas banget nih momen libur Lebaran, gak ada salahnya merencanakan liburan ke sana.

Wisata Jawa Timur sangat patut dijadikan sebagai tujuan utama wisata kamu. Pasalnya, di sini segala jenis pariwisata ada dan lengkap. Mau wisata budaya ada, wisata alam ada, hingga wisata ramah anak. Semuanya yang membentang dari mulai pantai, bawah tanah, sampai ke pegunungan bisa kamu nikmati dengan bebas. Semua biaya masuknya juga gak mahal-mahal banget kok, mulai dari 5 ribuan sampai 100 ribuan.

Jadi masih terjangkaulah untuk semua kalangan. Selain itu, aksesnya rata-rata mudah digapai, dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan ongkos yang sangat murah. Berikut 5 Objek Wisata di Jawa Timur yang Bisa Kamu Pilih untuk Liburan.

1. Kebun Binatang Surabaya


objek wisata jatim
 
Kebun Binatang Surabaya salah satu obyek wisata Jawa Timur (surabayazoodotcodotid)
Tempat wisata Jawa Timur satu ini termasuk kebun binatang tertua di Indonesia, karena didirikan pada tahun 1916 oleh Gubernur Jenderal Belanda dengan nama Soerabiasche Plantenen Dierentuin. Sejak zaman dulu, Kebun Binatang Surabaya menawarkan koleksi binatang terlengkap se-Asia Tenggara dengan jumlah koleksi lebih 2.000 hewan hidup yang tergolong dalam lebih dari 351 spesies, salah satu primadonanya hewan purba asli Indonesia, Komodo.

Untuk dapat masuk ke kawasan ini, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok, cuma butuh Rp 15 ribu saja kamu bisa mengeksplor kebun binatang dengan puas. Khusus anak-anak dengan ketinggian di bawah 85 centimeter bebas masuk tanpa bayar.

2. Atlantis Land Surabaya


Atlantis Land Surabaya salah satu obyek wisata Jawa Timur (atlantislandofficial)
Atlantis Land Surabaya ini seperti Dufan kalau di Jakarta. Taman hiburan seluas 15 hektare ini menawarkan beragam wahana, mulai dari rumah salju, rumah hantu, taman bunga, sampai kolam renang. Atlantis Land ini buka mulai dari pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 125 ribu dan untuk anak-anak yang tingginya di bawah 85 centimeter membayar 100 ribu.

3. Monumen Kapal Selam


monumen kapal selam
 
Monumen Kapal Selam salah satu obyek wisata Jawa Timur (monkaselsurabaya)
Buat kamu yang penasaran melihat dalamnya kapal selam seperti apa, datang aja langsung ke Monumen Kapal Selam di Surabaya. Sebenarnya, kapal selam ini bekas armada tempur terbaik milik Indonesia, bernama KRI Pasopati 410.

Kapal yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952 ini pernah dilibatkan oleh Pemerintah Indonesia di dalam pertempuran Laut Aru. Sebagai pengingat jasa para tentara saat itu, kapal akhirnya dijadikan sebuah monumen agar bisa dilihat banyak orang. Harga masuknya hanya sekitar Rp 10.000 saja kok.

4. Pantai Balekembang


Pantai Balekembang salah satu obyek wisata Jawa Timur (balekembangmalang)
Salah satu wisata Jawa Timur yang bertemakan alam paling popular adalah Pantai Balekembang. Wisata di Malang yang telah popular sejak 1985 ini sudah seperti Tanah Lot, karena di tengahnya ada Pura Amerta Jati yang letaknya di Pulau Ismoyo. Untuk menempuh pantai ini, kamu perlu berkendara sejauh 60 kilometer dari pusat kota. Biaya masuknya 10 ribu sampai 15 ribu.

5. Coban Rais


Letaknya sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Malang, air terjun Coban Rais menjadi salah satu destinasi wisata populer di Malang, bahkan di Jawa Timur. Tinggi air terjun mencapai 20 meter dan di kelilingnya terdapat perbukitan hijau yang dijamin menyejukkan mata. Tertarik untuk main air di sini? Siapkan kocek 10 ribu saja untuk membeli tiket masuknya.

Baca juga : 4 Destinasi Wisata Hits di Kupang
Itulah 5 objek wisata di Jawa Timur yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburan. Semoga Bermanfaat!