Cara Efektif Meredakan Keratosis Pilaris (Bintik di Lengan)

Apa kamu saat ini sedang mengalami bitnik-bintik di sekitar lengan atas, paha, dan bisa juga timbul di pipi. Kalau diraba terasa  kasar seperti kita meyentul jalan aspal. Kondisi tersebut merupakan masalah kulit yang bernama keratosis pilaris dan beberapa orang menyebutkan penyakit kulit ayam, karena memang rupanya mirip seperti kulit ayam mentah.

Akan telihat timbul benjolan seperti jerawat berwarna merah terang diikuti dengan kulit kemerahan. Ini memang tidak begitu menyakitkan, akan tetapi kadang terasa gatal dan mengganggu kalu kita garuk malah bisa terjadi pembengkakan kulit. Penyakit kulit seperti demikian tidak menular, namun bisa membuat kurang nyaman serta tak enak dipandang.

Dari beberapa sumber blog dokter mengatakan kalau Keratosis pilaris atau chicken skin disease merupakan suatu penyakit genetik (bawaan/keturunan) yang menyebabkan terjadinya proses keratinisasi pada folikel-folikel rambut di kulit. Bisa dikatakan ini lebih disebabkan karena kondisi kulit sifatnya bawaan atau bisa diwariskan secara genetik dari kakek, orang tua, hingga cucu.

 

keratosis pilaris
 

Penyebab lain dikarenakan keratin yang bertumpuk, keratin sendiri merupakan sejenis protein keras yang berperan untuk memberikan perlindungan pada kulit dari infeksi atau paparan zat yang berbahaya. Karena terjadi penumpukan, maka terbentuklah sebuah gumpalan yang membuat folikel rambut terhambat untuk membuka. Meski demikian, belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya penumpukan keratin yang mengakibatkan munculnya keratosis pilaris.

Sebetulnya bruntusan tidak selalu di lengan, bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Untuk anak kecil cenderung munculnya benjolan pada pipi, paha bagian depan, lengan atas, semantara pada orang dewasa bintik sering muncul pada bagian pantat, paha depan, dan lengan atas. Gejala ini bisa saja menghilang ketika anak memasuki masa akhir puber, kalau usia remaja biasanya bisa mereda pada umur 20 tahunan.

Cara Meredakan Keratosis Pilaris


Walau pada usia tertentu penyakit ini bakal mereda, namun keratosis pilaris ini bisa saja bertahan lebih lama. Maka dari itu kita juga bisa melakukan tindakan khusus untuk meredakan bintik kecil itu.

  • Pertama kita dapat kendalikan penyakit keratosis pilaris dengan menjaga kulit agar tidak kering dan tetap lembap. Contohnya dengan memaki handbody lation setelah mandi secara rutin atau menggunakan krim pelembab supaya bisa mengangkat sel kulit mati.
  • Hindari penggunaan sabun yang membuat kulit menjadi lebih kering.
  • Kalau punya batu apung, gunakan untuk menggosok kulit yang berbintik ketika mandi dengan air hangat agar membantu mengangkat sel kulit mati.
  • Sebaiknya hindari penganaan pakaian yang terlalu ketat.


Mungkin demikian beberapa tips untuk meredakan penyakit keratosis pilaris. Apabila penyakit ini dirasa malah semakin mengganggu, sebaiknya segera periksa diri ke dokter. Diskusikan keluhan Anda pada dokter spesialis kulit, supaya dapat segera ditangai lebih lanjut.

Add Comments


EmoticonEmoticon