7 Tempat Wisata di Solo yang Sangat Aman Bagi Traveler Wanita

Tags


Menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat memang menyenangkan, ya. Namun, ada kalanya Anda membutuhkan waktu untuk me-time dan menikmati liburan seorang diri.

Nah, bagi Anda yang berniat liburan sendirian, 7 tempat wisata yang sangat aman bagi traveler wanita di Solo ini mungkin bisa Anda coba. Penasaran apa saja? Berikut ketujuh wisata tersebut!

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

tempat wisata di solo
 
Terletak di pusat Kota Solo, bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1745 oleh Paku Buwono II ini memiliki banyak koleksi benda peninggalan sejarah, seperti kereta kencana dan senjata tradisional. Jika mengunjungi tempat ini pada waktu-waktu tertentu, Anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan tarian budaya, upacara adat, hingga lantunan musik tradisional.

2. Taman Sriwedari

taman sriwedari
 
Masih berhubungan dengan peninggalan sejarah, Taman Sriwedari dulunya merupakan tempat peristirahatan anggota kerajaan. Taman yang terletak di Jl. Slamet Riyadi ini dilengkapi dengan fasilitas khusus wisatawan, seperti gedung wayang, tempat bermain anak-anak, serta berbagai sajian wisata kuliner dan pusat belanja oleh-oleh. Karena terletak di pusat kota, Anda juga lebih mudah mencari hotel di Solo untuk menginap.

3. Taman Kota Balekambang

Hutan kota yang letaknya tidak jauh dari pusat kota ini ternyata juga memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan keluarga kerajaan. Dibangun pada tahun 1921, Taman Kota Balekambang merupakan hadiah untuk Putri Partini dari sang ayah, yaitu Sultan Mangkunegara VII. Selain menyajikan pemandangan yang sejuk nan teduh, di taman ini juga kerap diadakan pertunjukan seni, seperti ketoprak atau wayang orang, dan tari-tarian.

4. Museum Batik Danar Hadi

Museum yang satu ini tidak boleh terlewatkan oleh pencinta batik. Rumah Batik Danar Hadi terletak di Jl. Slamet Riyadi. Selain menyediakan koleksi batik berkualitas yang telah mendunia, Anda juga dapat melihat secara langsung bengkel pembuatan batik. Di museum batik ini, terdapat berbagai koleksi batik tradisional dari Sumatra, Bali, Jawa, dan Tiongkok.

5. Rawa Pening

Wisata Rawa Pening merupakan danau alami yang terletak di 4 kecamatan, yaitu Tuntang, Bawen, Ambarawa, dan Banyubiru. Tempat wisata yang satu ini terkenal dengan legenda Baru Klinting-nya. Legenda tersebut menceritakan seorang anak yang mencabut lidi yang menancap di tanah. Dari bekas tancapan tersebut, keluarlah sumber mata air yang terus mengalir hingga terbentuk danau alami Rawa Pening.

6. Museum Kereta Api Ambarawa

museum kereta api ambarawa
 
Kur ng lebih 30 menit dari pusat kota Salatiga, Anda dapat mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Selain mengabadikan foto berbagai model kereta api tua, Anda juga dapat merasakan pengalaman naik kereta api uap dan diesel. Kereta api yang telah berusia ratusan tahun ini menempuh rute Ambarawa-Bedono dan Ambarawa-Tuntang. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi indahnya perbukitan, Pegunungan Ungaran, dan Gunung Merbabu.

7. Eling Bening

Eling bening merupakan wisata alam baru yang terletak di Ambarawa. Wisata alam berkonsep modern resortini menawarkan berbagai fasilitas, seperti meeting room, stage ceremonial, kolam renang, restoran, dan wisata outbond. Berlatar pegunungan dan perkebunan kopi, Eling Bening cocok dijadikan destinasi wisata untuk melepas penat setelah aktivitas sehari-hari yang padat.

Baca juga : 5 Tips Memilih Kamera untuk Traveling
Agar traveling Anda berjalan lancar dan aman, berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda perlu terapkan. Berikut keenam tips tersebut!

  1. Kenakan pakaian yang tepat dan tidak terlalu mencolok atau terbuka.
  2. Berbaur dengan penduduk lokal.
  3. Hindari membawa barang terlalu banyak. Satu tas ransel saja cukup untuk menampung barang bawaan Anda.
  4. Simpan perhiasan Anda. Mengenakan terlalu banyak perhiasan di tempat asing bukanlah pilihan yang tepat.
  5. Saat mengobrol dengan orang asing, sebaiknya tidak terlalu banyak memberikan informasi pribadi.
  6. Simpan nomor-nomor darurat di ponsel Anda.

Semoga Bermanfaat!

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon