Mengenal Lebih Dalam Tentang Internet Exchange Point


Sudahkah dirimu mengetahui apa itu Internet Exchange Point? Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur yang ada diluar negeri terlebih dahulu baru kembali lagi ke Indonesia.

Bukan seperti itu, karena konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini merupakan yang pertamakalinya di dunia, sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protocol internet.

Luar biasa bukan? Sesuai dengan arti yang terkandung dari kalimatnya yaitu, exchange berarti pertukaran sedangkan internet adalah kependekan dari interconnection Networking. Titik akses jaringan fisik dimana penyedia jaringan utama menghubungkan jaringan mereka dan pertukaran lalu lintas.

Terselenggaranya kesepakatan bersama oleh semua ISP sehingga pertukaran lalu lintas dapat dikelola. Titik pertukaran ini diciptakan untuk meminimalkan bagian dari lalu lintas jaringan Internet Service Provider (ISP) yang harus melalui penyedia upstream.

Mengenal Internet Exchange Point
 
Switch Ethernet Jaringan berkecepatan tinggi yang memiliki infrastruktur fidik mencakup satu atau lebih. Titik ini seringkali didirikan dikota yang sama dengan tujuan mengantisipasi terhindarnya dari latensi. Internet Exchange point yang memiliki fokus utama memfasilitasi Interkoneksi jaringan lewat titik akses melalui jaringan pihak ketiga. Ada beberapa keunggulan dari pertukaran internet ini yang harus kamu ketahui. Diantaranya,

  1. Memperbaiki suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik, biasanya disebut dengan bit per second (bandwith)
  2. Memberikan toleransi kesalahan agar properti yang memungkinkan sistem untuk terus beroperasi dengan baik jika terjadi suatu kegagalan (satu atau lebih kesalahan) dalam beberapa komponen didalamnya.
  3. Meningkatkan efesiensi routhing (proses pencarian jalur dari satu jaringan ke jaringan lainnya, dimana proses ini harus ada pertimbangan dalam transmisi)
  4. Mengurangi latensi karena latensi aplikasi dapat mempengaruhi potensi monetisasi iklan dari pengguna jika session mereka terpengaruh oleh latensi dan jika iklan tidak dapat dilayani sebagaimana seharusnya.
  5. Dan keunggulan yang terakhir adalah memiliki kecepatan tinggi dalam transfer data. Kecepatan akses internet yang mempunyai kemiripan dengan kecepatan akses transfer data mengacu pada jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. 

Seperti apa yang dikatakan sebelumnya bahwa Internet exchange point (IXP) adalah titik akses jaringan fisik dimana penyedia jaringan utama menghubungkan jaringan mereka dan pertukaran lalu lintas. Berdasarkan jenis port dan volume lalu lintas untuk poin pertukaran yang canggih, internet service provider dikenakan biaya bulanan atau tahunan.

Hal yang perlu kamu ketahui juga tentang biaya operasional IXP sering dibagi antara semua ISP yang berpartisipasi. Jika terjadi kegagalan tautan (link) langsung, IXP berfungsi sebagai tautan cadangan untuk memungkinkan lalu lintas melewatinya.

➧ Baca juga : Cara Menghapus Data Pribadi yang Direkam Google di Internet

Load comments