Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

cara mengatasi perut kembung pada anak
Memang perut kembung bisa terjadi pada orang dewasa, namun sekecil apapun penyakit kalau terjadi pada anak anak, orang tua pasti akan merasa sangat khawatir bukan. Untuk itu perlu segera penanganan khusus mengatasi perut kembung pada anak.

Ketika kondisi sudah kembung, biasanya anak cenderung menjadi rewel serta gak mau makan. Buat para orang tua kalian tak perlu hawatir, pertolongan pertama perut kembung pada anak bisa dengan mengobati cara tradisional. Memang sebuah kondisi ketika gas atau udara menumpuk sangat menyebalkan bagi siapa saja yang mengalami namanya perut kembung.

Hal ini umum terjadi meski demikian kita tak bisa anggap remeh, alih alih nanti malah menyebabkan penyakit yang lebih serius. Akan tetapi sebelumnya laian perlu ketahui dahulu beberapa penyebabnya.

Penyebab Perut Kembung pada Anak 


Yang kami ketahui dari sumber terpercaya, bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab perut kembung pada anak, sebagai orang tua wajib tahu!

  • Minuman berkarbonasi atau soda dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.
  • Anak-anak makan sambil bermain, berlarian, atau sambil menonton televisi bakal mengakibatkan menelan udara terlalu banyak.
  • Mengunyah makanan terlalu cepat
  • Mengkonsumsi makanan yang memicu produksi gas, seperti contohnya kacang kacangan, kubis, kembang kon, brokoli, dan lobak.
  • Menderita penyakit sembelit karena kesulitan buang air besar sehingga menyebabkan perut kembung.
  • Adanya infeksi saluran cerna contohnya adalah gastroenteritis merupakan peradangan pada lambung dan usus akibat dari bakteri serta virus.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak


Kita sebagai orang tua dapat mengatasi perut kembung anak dengan mudah, karena memang biasanya perut kembung pada anak disebabkan oleh sesuatu yang tak berbahaya. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengobati perut kembung.

1. Biasakan anak untuk mengunyah makanan perlahan
Ketika menyuapi makanan anak lakukanlah secara perlahan, porsinya pun jangan terlalu banyak agar ia dapat mengunyah dengan baik. Biasakan anak untuk mengunyah makanan secara perlahan hingga lembut sebelum akhirnya ditelan.

2. Hindari makanan penyebab perut kembung
Seperti yang sudah disampaikan beberapa makanan penyebab perut kembung antara lain: kacang kacangan, kubis, lobak, brokoli, bawang, dan makanan berlemak. Karena itu semua bakal meningkatkan produksi gas.

3. Tigkatkan aktivitas anak
Dengan meningkatkan aktivitas si anak keluhan perut kembung perlahan akan berkurang dan juga gas dapat keluar lebih mudah.

4. Hindari minuman penyebab perut kembung
Minuman penyebab perut kembung itu seperti yang mengandung soda dikarenakan ada asam sosfat dapat memicu perut kembung anak. Jus buah juga sebaiknya dihindari soalnya kandungan sukrosa dan fruktosa pada jus juga memicu terbentuknya gas.

5. Perbanyak konsumsi air putih 
Walah bukan solusi utama, dengan air putih mampu mencegah resiko kembung pada anak. Makanya sangat dianjurkan untuk konsumsi air putih yang banyak.

6. Lakukan kompres perut kembung anak dengan air hangat, dengan begitu akan semakin nyaman karena mengompres perus dapat mengurangi perut kembung.
Baca juga : 7 Manfaat Minum Air Hangat

Meski kita sudah lakukan berbagai saran tersebut akan tetapi perut kembng tidak juga reda tapi malah timbul gejala lain seperti nyeri perut bertambah, demam, mual dan muntah. Jida sudah demikian saran kami adalah segeralah periksakan anak ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Add Comments


EmoticonEmoticon