Jangan Diremehkan, 7 Manfaat Minum Air Hangat yang tak Disangka

manfaat minum air hangat
Apakah anda sering melakukan rutinitas minum air hangat sebelum tidur?  Tidak hanya itu, kadang disaat anda sedang sedih, sahabat Anda juga bisa saja menawarkan segelas air hangat guna menenangkanmu. Ternyata tindakan tersebut bukannya tidak beralasan. Banyak sekali manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh kita, baik fisik maupun mental. Apa sajakah manfaat tersebut?

Ragam manfaat minuman air hangat ini bukan hal sepele. Mengonsumsi segelas air hangat terlihat sebagai kegiatan yang simpel. Namun manfaat minum air hangat tidak sesederhana dalam menyiapkannya.

Salah satu manfaat air hangat menurut para dokter adalah bisa melancarkan hidung tersumbat dan membuat kita merasa lebih tenang. Berikut ini aneka khasiat dan manfaat minum air hangat yang mungkin tak pernah Anda sangka sebelumnya.

1. Meredakan gejala pilek

Yang pertama bisa meredakan gejala sakit pilek. Waktu kita kecil, orang tua biasa menyuruh Anda untuk minum air hangat saat terkena kondisi pilek bukan? Tindakan ini ternyata memang bermanfaat. Salah satu manfaat minum air hangat yang sudah termasyhur adalah meredakan gejala pilek.

Misalkan ketika hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Karene uap air hangat lah yang akan membuat lendir lebih mudah mengalir, dengan begitu Anda dapat dengan mudah untuk mengeluarkannya serta perlahan pilek mereda.

2. Melancarkan aliran darah

Air hangat memiliki fungsi sebagai vasodilator. Apa apa ya artinya? ya air hangat bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah pun dapat menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar dapat membuat otot lebih rileks serta mengurangi nyeri. Efeknya sama seperti saat Anda berendam pada air hangat.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat minum air hangat secara rutin juga dapat dirasakan oleh sistem pencernaan, dengan membantu usus berkontraksi. Kontraksi usus dapat mengeluarkan sisa-sisa pencernaan yang tak lagi dibutuhkan tubuh. Saat kamu mengalami kondisi sembelit pun, dengan segelas air hangat dapat meringankan gejala itu, sungguh tak disangka bukan?

4. Menenangkan sistem saraf pusat

Berikutnya dengan minum air hangat juga memengaruhi sistem saraf pusat serta membantu melumasi tubuh. Sistem saraf pusat yang tenang dan sehat akan membuat rasa nyeri berkurang, dan menurunkan rasa panik.

5. Meringankan stres

Khasiat air hangat tak hanya untuk kesehatan. Minum air hangat juga bermanfaat untuk kondisi psikologis Anda. Karena dapat menenangkan sistem saraf pusat, sehingga rasa cemas dan stres yang dialami seseorang pun dapat berkurang berkat minum air hangat. Luar biasa, bukan? Manfaat minum air hangat untuk menurunkan stres ini bisa Anda optimalkan dengan mencampurkan susu ke dalamnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Stres Hanya Dalam Waktu 5 Menit

6. Berpotensi mengeluarkan racun dari tubuh

Daripada Anda mengocek kantong lebih dalam untuk membeli produk detoks yang belum dijamin kebenarannya, Anda lebih baik untuk rutin minum air hangat. Menurut para ahli kesehatan alami, minum air hangat dapat membuat Anda berkeringat. Keringat bisa membawa racun ke luar tubuh sehingga membersihkan pori-pori kulit, segera dicoba!

7. Diyakini mampu menurunkan berat badan

Apa kamu saat ini sedang berusaha menurunkan kapasitas tubuh? Cobalah ulai sekarang untuk mulai rutin minum air hangat. Sangat dianjurkan lho, buat kamu yang lagi menurunkan berat badan, sangatlah bermanfaat. Air hangat yang masuk ke tubuh memancing penurunan suhu tubuh, yang kemudian membuat metabolisme tubuh menjadi lebih aktif. Ternyata hidup sehat bisa Anda awali dengan hal-hal mudah, termasuk hanya dengan minum air hangat.

Anda bisa rutin mengonsumsi air hangat setiap pagi setelah bangun tidur atau di malam hari sebelum beristirahat. Meski demikian, pastikan pula suhu air yang minum tidak terlalu panas supaya tidak membuat ladang mulut Anda.