Cara Mengetahui Mac Address Laptop atau PC di Windows 7,8 dan 10

cara mengetahui mac address laptop
Tidak semua pengguna komputer memerlukan akan keberadaan MAC Address, tapi bagi kami ini suatu yang penting untuk diketahui soalnya kami memanfaatkannya untuk memisah pengguna yang terhubung pada jaringan WiFi.

MAC (media Access Control) Address adalah sebuah alamat yang unik yang mengidentifikasikan sebuah PC/Laptop, router/node tertentu dalam sebuah jaringan supaya dapat saling berkomunikasi.

Jadi pada setiap perangkat yang erhubung ke jaringan pasti mempunyai alamat unik bernama Mac Address tersebut. Kami biasa memanfaatkan ini untuk mengizinkan dan blokir pengguna Wi-Fi yang disengaja maupun tidak sengaja nyasar di Tp-Link.

Dengan menggunakan kode khusus kita bisa mengetahui jenis Brand berdasarkan Mac Address bertujuan mengetahui perangkat apa yang mereka pake ketika ketahuan mengakses suatu jaringan Wi-Fi.

Kalau kamu tipikal orang yang suka oprek sebuah perangkat computer dan laptop maka MAC Address akan menjadi suatu yang dibutuhkan. Maka dari itu kamu perlu tahu cara melihat Mac Address pada perangkat PC sendiri yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Mari simak beberapa cara berikut ini supaya bisa dengan mudah mendapatkan Mac Address laptop dan computer dengan sitem operasi Windows 7, 8 dan juga Windows 10.

Cara Mengetahui MAC Address melalui CMD


Yang pertama kita bisa memanfaatkan CMD, kami sendiri talah memahami kalau ada berbagai macam Perintah CMD selain untuk melihat MAC.

1. Mula mula kita perlu jalankan Comand Promt dengan menekan tombol Windows + R di keyboard, lalu ketikkan cmd.

2. Setelah terbuka, ketikan ipconfig /all dan tekan enter untuk memasukan perintah.

 
3. Kemudian akan muncul seluruh informasi mengenai alamat IP dan kamu tinggal mencari baris Wireless Network Connection > Physical Address dari adapter yang digunakan.


Cara Mengetahui MAC Address melalui Network Setting


Catatan: cara berikutnya ini hanya bisa dilakukan untuk cek MAC Address ketika PC atau laptop kita ada dan terhubung dengan jaringan WiFi.

- Klik kanan pada icon WiFi lalu pilih Open Network and Sharing Center

 
- Kemudian klik WiFi yang sedang terhubung

 
- Jika sudah terbuka jendela baru, klik Details… maka kamu akan melihat Mac Address perangkat komputer.

 
Kesimpulan
Setelah paham cara mengetahui Mac Address laptop atau PC di Windows, kita bisa simpulkan untuk cara pertama kita bisa cek MAC dalam keadaan terhubung WiFi atau tidak. Sedangkan cara kedua bisa berjalan hanya ketika perangkat computer kita telah terkoneksi dengan internet atau jaringan WiFi.

Penutup
Demikian tutorial komputer kali ini semoga bermanfaat. Oh iya jika kalian penasaran dengan cara saya blokir orang yang sering bobol WiFi, silahkan baca ini Cara Blokir Pengguna WiFi Lain tanpa Password.

Add Comments


EmoticonEmoticon