Tips Mengatasi Mozilla Firefox Lemot dan Memakan Banyak RAM

mengetasi mozilla firefox lemot
Ternyata tak hanya membuka program komputer berat seperti editing video, browser yang kita andalkan sehari-hari pun bisa memakan banyak RAM dan akhirnya berjalan dengan lambat alias lemot. Seperti yang kami rasakan hal yang menjengkalkan selain internet macet adalah browser yang tidak bisa bekerja sama dengan kita.

Mozilla Firefox telah turun temurun saya pakai sejak masih menggunakan laptop jadul hanya memiliki RAM sebesar 1 GB hingga kin sudah upgrade dengan prosesor Core i5 tetap setia dengan si rubah api memeluk bumi. Akan tetapi baru-baru ini mengalami lemot kemudian not responding dan kalau dibiarkan lama-lama menjadi Firefok Crash.

Untuk kalian yang mengalami hal yang sema dengan ciri-ciri antara lain :

  • Memori RAM naik banyak yang terpakai
  • Kinerja laptop atau komputer menurun
  • Mozilla Fiferox lelet buat browsing meski internet lancar


Hal demikian yang membuat kesabaran kita hilang, gairah bekerja menurun, sedikit pusing kepala, nafsu makan menurun dan lain sebagainya.

Tak usah sedih, hal tersebut telah coba kami perbaiki dengan beberapa tips sederhana dengan hasil kinerja Firefox jadi lebih lancar.

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Lemot


Setiap browser pasti memiliki bug masing-masing termasuk Mozilla Firefox yang kita pakai, adanya kerusakan system akan berdampak pada lemotnya browser. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Pertama yang kita lakukan adalah dengan Update Firefox ke versi Anyar

Dengan memperbaiki ke versi baru keungkinan bug sudah diperbaiki, jadi jika kamu masih menggunakan Firefox versi lawas segera update dahulu. Kamu belum tahu caranya? Baca selengkapnya disini : Cara Memperbarui Mozilla Firefox ke Versi Baru.

2. Gunakan Ekstensi dan Tema seperlunya

 

 
Sama halnya dengan browser pesaing seperti Chrome, Firefox bisa kita pasangi berbagi ekstensi entah itu IDM, VPN dan lainnya. Tapi kamu perlu tahu kalau kebanyakan ekstensi yang install malah hanya akan membuat Firefox jedi lemot.

Maka dari itu gunakan yang penting saja dan yang jarang bahkan tidak digunakan lebih baik matikan dan hapus itu lebih baik.

Kemudian Tema, ini juga tidak usah koleksi terlalu banyak tampilan hanya untuk mempercantik browser. Utamakan kinerja kalau tidak ingin loading lambat, pasang tema bawaan saja kalaupun untuk pemanis simpan tema favorit satu saja.

3. Hapus Bookmark dan Cache

Bookmark atau markah buku merupakan yang biasa digunakan untuk menandai suatu situs yang biasa kita kunjungi untuk mempermudah mengakses. Tetapi kalau kita terlalu banyak menyimpan Bookmark akan memperlambat kinerja Firefox, maka dari itu simpan situs beberapa saja yang menurut kalian paling penting seperti sosial media.

Sementara itu untuk cache bisa kita bersihkan secara berkala, cache bisa berisi data penjelajahan kita di internet meliputi riwayat browsing, data login dan lainnya. Untuk lebih mudah menghapus kamu bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Shift + Delete secara bersamaan lalu pilih hapus semuanya.

Tips selanjutnya kami peroleh dari saran melalui https://support.mozilla.org

Menyembunyikan konten yang tak diperlukan

Bebrapa situs web yang kita kunjungi ada yang menmpilkan iklan terlalu over sehingga membertakan, terlebih adanya iklan pop up. Ini sering kita jumpai di situs download, maka dari itu kita bisa menambah ekstensi kusus seperti Adblock Plus akan membantu menyembunyikan konten yang mengganggu kinerja.

Reset / Setel Ulang Mozilla Firefox

Menyetel ulang Firefok bukan berarti kita close program lalu membuka kembali. Ada cara khusus untuk kita lakukan simak disini : Cara Reset Mozilla Firefox, dengan begitu Anda bisa mengkonfigurasi agar Firefox menjadi lebih bersih seperti kita baru memakai produk baru yang belum tersentuh. Ini juga akan mengatasi banyaknya firefox.exe yang berjalan di task manager.

Namun setelah reset Firefox artinya kamu memulai dari nol semua ekstensi dan bookmark perlu ditambah lagi secara manual, kecuali kamu sudah sinkronkan dengan akun Firefox.

Gunakan Tab Sewajarnya

 

 

Meski sudah me-reser Firefox bukan berarti kamu bebas melakukan apapun seperti membuka tab tidak wajar hingga 100 tab terbuka. Tentu saja akan tetap memakan memori RAM cukup banyak, maka dari itu buka tab sewajarnya saja, sering-sering close tab lain juga halaman sudah selesai.

Ketika membuka banyak aplikasi bersamaan juga menjadi salah satu faktor browser berjalan lambat. Dengan menutup sebagian aplikasi yang tidak terlalu penting, penggunaan memori bisa diminimalisir. Untuk itu tips dari kami jangan menjalankan Firefox bersamaan dengan aplikasi berat lainnya kalau memang spek laptop tidak mumpuni.

Itu dia beberapa pengalaman dan referensi yang kami ketahui tentang cara mengatasi Mozilla Firefox lemot serta memakan banyak memori RAM. Apa kamu punya tips yang lain, bisa dhare pada kami melalui komentar. Terima kasih

Add Comments


EmoticonEmoticon