Resep Membuat Ceker Mercon Simple Ala Rumahan

Kembali ingin makan yang pedes-pedes, yaudah lah kita membuat ceker mercon. Berkeinginan sekali membuatnya sampai nungguin abang-abang berjualan sayur melalui depan rumah. Setelah dapat bahannya, silakan diintip resep dan langkah baginya.

Ceker atau kaki ayam ialah sisi yang umumnya dibuang. Tetapi sekian tahun terakhir ceker banyak diminta oleh warga. Apa lagi semenjak kulineran ceker mercon atau ceker pedas banyak mulai dipasarkan.

Kulineran ceker mercon ini banyak disukai walau sanggup membuat perut mules. Rupanya membuat kulineran ceker mercon cukup gampang. Bahkan juga anda dapat membuat sendiri di dalam rumah.

Berikut resep dan langkah membuat ceker mercon yang dapat anda coba di dalam rumah. Baca resep membuat ceker mercon yang empuk dan pedas.

 

Resep Ceker Mercon

 

resep ceker mercon
 

Bahan utama

8 potong ceker ayam (potong kuku nya)

Bumbu Halus

- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 10 biji cabe rawit (kalo mau lebih juga boleh)
- 3 biji cabe kriting (disini aku gak pake yaa soalnya stok abis)
- 2 cm kunyit
- 1 ruas jahe
- 3 buah kemiri (yang sudah digoreng / disangrai)
- 1 batang sereh (geprek)
- 1 lembar daun jeruk purut dan daun salam
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 2 sdm kecap manis
- 1/2 royco rasa ayam
- 1 gelas air putih
- 2 batang daun seledri untuk taburan

Langkah - Langkah:

  1. Pertama, bersihkan sampai bersih ceker yang telah dibuang kulit dan kukunya. Selanjutnya rebus dengan 300ml air kurleb 15 menit
  2. Sekalian menanti rebusan ceker, lumatkan seluruh bumbu (bisa ulek atau diblender) terkecuali sereh, daun jeruk purut dan daun salam.
  3. Nah setelah bumbu dilumatkan, kita persiapkan wajan berisi sedikit minyak  untuk mengoseng bumbu tersebut sampai wangi. Masukan juga sereh, daun salam dan daun jeruk purut.
  4. Selanjutnya angkat dan masukan ceker yang telah direbus barusan di dalam wajan yang berisi bumbu. Tambah segelas kecil air bersih. Masak sampai air itu jadi kering.
  5. Janganlah lupa tambah garam, gula pasir, penyedap rasa, dan kecap manis. Icip sampai memperoleh rasa yang diharapkan. Aduk sampai masak, angkat dan suguhkan dengan taburan daun seledri. Selamat mempraktikkan.

2 comments


EmoticonEmoticon