Arti Kata Ghosting pada Kehidupan Anak Muda

Sudah tahukah kamu bahwa sepanjang tahun 2020 kata Ghosting menjadi pencarian terpopuler di Google. Kini pun masih banyak yang mencari arti dan makna dari pada kata tersebut, tandanya sebagian anak muda masih banyak yang belum tahu. Bagi kalanagan muda kata Ghosting sering dikaitkan dalam dunia percintaan.

Sebetulnya tidak selalu dalam hubungan asmara karena Ghosting juga bisa memiliki makna lain ketika kita gunakan dalam bidang teknologi. Jadi biar tidak salah tempat kamu perlu tahu artinya, karena makna Ghosting dalam sebuah hubungan sangan bertolak belakang kalau diterapkan pada teknologi.

Arti Ghosting dalam Hubungan Percintaan

 

apa itu ghosting
 
Arti ghosting adalah saat seseorang yang kamu dekati atau kencani mengakhiri hubungan dengan memutuskan semua komunikasi, tanpa penjelasan apa pun (tiba-tiba menghilang). Situasi tersebut si sangat menyakitkan bagi korban dan jahat bagi pelaku ghosting, namun seseorang yang melakukan hal tersebut biasanya memiliki alasan khusus. Jagi bagi para korban perlu tahu alasan pasti supaya tidak selalu berfikir negatif pada orang lain karena tidak baik.

Memang ghosting akan menjadi masalah serius dikalangan anak muda yang sedang menjalin hubungan dekat dengan pasangan. Biasanya ini sering terjadi pada mereka yang sudah sering jalan bareng namun belum ada ikatan. Tidak hanya mengenai hubungan asmara, ghosting juga dapat terjadi dalam pertemanan itu juga tak kalah menyakitkan lho.

Berdasarkan penjelasan dari pakar psikolog, ada beberapa alasan umum kenapa seorang pasangan melakukan ghosting.

  • Pertama : Mereka menghindari konflik atau ketakutan tertentu seperti menyakiti perasaan seseorang.
  • Alasan kedua karena tidak ingin menghadapi konfrontasi dan menghindari percakapan yang sulit.


Bahwa fenomena ghosting telah terjadi dan paling banyak muncul biasanya pada meraka yang memakai aplikasi kencan online. Dengan menghindar dari pasangan bukankan solusi yang tepat untuk menolak seseorang, ini malah akan menambah permasalahan bagi keduanya dan bagi pelaku ghosting akan dicap sebagi pengecut.

Memang apabila kita takut akan mengecewakan orang lain dapat menyebabkan kecemasan, karena kita selalu berfikiran negatif. Oleh karenanya, masalah dalam suatu hubungan baik itu asmara atau pertemenan sangat disarankan diselesaikan dengan komunikasi yang terbuka.

Tanda-Tanda Seseorang Melakukan Praktek Ghosting

Ada beberapa tanda jika seseorang yang sedang kamu dekati mencoba melakukan ghosting kepadamu, perlu diketahui sebelum perasaanmu semakin dalam. Karena kalau sudah terlanjur nyaman kan sangat susah melupakan, tidak mau kan kalau ujungnya sakit hati yang mendalam.

1. Pertama ia membatalkan rencana tanpa jadwal ulang. Kemungkinan pertama jika dia tiba-tiba membatalkan rencana yang telah ditentukan bersama. Menyedihkan lagi jika membatalkannya itu di detik-detik terakhir menuju hari H.

2. Tiba-tiba memblokirmu di Media sosial, ini bisa kamu pahami sendiri kalau yang diblokir satu media misal Facebook atau Instagram mungkin ada kekeliruan tapi jika yang diblokir semacam WhatsApp atau media chatting lainnya. Bisa kamu simpulkan sendiri ya.

3. Lama membalas pesanmu. Kalau waktu membalas pesanmun satu atau dua hari masih wajar, terlebih dia memberi keterangan sedang sibuk kerja. Lh kalau sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa alasan kemungkinan dia melakukan ghosting kepadamu.

4. Dia tidak banyak bicara kepadamu. Kalau pertama kali bertemu atau kencan pertama wajar masih malu-malu dan sedikit bicara membuka topik pembicaraan saja kadang sulit. Lha kalau udah sering bertemeu namun tiba-tiba pasangannmu tidak banyak bicara maka kamu perlu menanyakan yang sejujurnya.

5. Ciri yang terakhir adalah jika kamu tidak dikenalkan pada teman dekat pasanganmu padahal kalian sudah cukup lama kenal. Itu bisa jadi pertimbangan kamu sebelum berjalan lebih jaul lagi.

Arti Ghosting pada Teknologi

 

 
Kalau ghosting dalam sebuah hubungan memiliki makna menghilang secara tiba-tiba, beda ketika kita terapkan dalam hal teknologi.

Istilah Ghosting dalam komputer memiliki makna muncul tanpa kehendak. Itu bisa terjadi karena kondisi eror dimana sebuah objek yang tidak kita kehendaki muncul berulang.  Kamu yang tiap hari memakai komputer dan laptop tentu sering menjumpai hal semacam itu bukan. Itulah ghosting dalam hal teknologi.

Mungkin sampai disitu saja penjelasan dari kamu mengenai apa itu Ghosting dalam hubungan asmara maupun terkait teknologi, semoga bermanfaat. Baca juga : Arti Istilah “Up” dalam Jual Beli Online.

Add Comments


EmoticonEmoticon