Arti Ikoy Ikoyan, Nama Lain Giveaway Terbaru

makna Ikoy Ikoyan
 

Istilah ikoy ikoyan menjadi trending beberapa waktu lalu. Tepatnya, ikoy ikoyan terkenal sejak awal Agustus 2021. Ini menjadi ajang netizen untuk meminta-minta kepada influencer ataupun selebgram di aplikasi Instagram. Lalu, sebenarnya apa itu ikoy ikoyan?

Memang akhir-akhir ini banyak bermunculan istilah maupun bahasa gaul yang ramai dipakai dalam bermedia sosial seperti halnya kata Bestie. Sementara itu, Ikoy ikoyan diperkenalkan pertama kali oleh influencer Indonesia bernama Arief Muhammad. Setelah menjadi viral, banyak netizen yang mengajak bermain ikoy ikoyan dengan selebgram dan influencer lain.

Istilah Lain Dari Giveaway
Apa itu ikoy ikoyan? Istilah ikoy ikoyan bisa dibilang nama lain dari giveaway, ajang berbagi secara cuma-cuma kepada orang lain. Untuk dapat menjadi yang terpilih, kamu diwajibkan untuk memenuhi semua persyaratan yang diberikan.

Bukan syarat yang susah sebenarnya, biasanya si influencer ini menyuruh untuk mem-folollow akun tertentu, like, dan komen di salah satu postingan. Atau, bisa jadi kamu harus mengikuti kuis tebak kata sebagai bagian seru-seruan.

Sedikit perbedaan dari giveaway, biasanya barang dan uang tergantung permintaan dari yang ikut ikoy ikoyan, bukan ditentukan si pemberi. Permintaan ini dikirimkan melalui pesan langsung atau direct message (DM) Instagram.

Setelah mengirimkan pesan permintaan dan mengikuti semua syarat yang diberikan, kamu tinggal menunggu keberuntungan memihak.

Asal Usul Nama Ikoy Ikoyan
Setelah Arief Muhammad memilih pemenang, dia akan meminta stafnya yang sering dipanggil Ikoy untuk mengirimkan barang ataupun uang yang diminta. Dari sinilah asal usul nama ikoy ikoyan muncul dan viral.

Pro Kontra Ikoy Ikoyan

Ikoy ikoyan merupakan permainan yang menjadi ajang meminta-minta tanpa bekerja. Si pengikut ikoy ikoyan dianggap hanya adu peruntungan dan bergantung pada orang yang sama sekali tidak mereka kenal. Karena alasan itu, banyak artis dan selebgram yang menentang tren satu ini.

Tidak sedikit selebgram, artis, dan influencer yang merasa terganggu karena “ditagih” uang dan barang oleh pengikut atau fansnya. Menurut mereka, tren ini membuat orang malas untuk berusaha. Mereka hanya mengandalkan orang lain. Rasa empati juga hilang karena para fans dan pengikutnya tidak melihat keadaan orang yang diajak bermain ikoy ikoyan.

Bagi kamu yang sudah mengerti apa itu ikoy ikoyan, usahakan untuk tidak mengikutinya. Jika kamu ingin adu keberuntungan lewat cara ini, pastikan orang yang kamu ajak bermain memang menyetujui. Satu hal yang pasti, jangan sampai mengganggu orang tersebut.

Add Comments


EmoticonEmoticon