Ini Dia Daftar Jurusan Rumpun IPS dengan Prospek Kerja Bagus, Anda Tertarik?

Penasaran dengan apa saja jurusan kuliah ips yang mudah dapat kerja di masa depan? Jurusan di rumpun IPS juga banyak peluang untuk mendapat pekerjaan nantinya lho! Apa saja? Yuk cari tahu di sini.

Banyak stigma yang berkembang di masyarakat bahwa jurusan IPS lebih mudah daripada IPA sehingga peluang suksesnya jauh lebih kecil. Nyatanya, anggapan ini sama sekali tidak benar. Kedua rumpun jurusan ini sama-sama memiliki peluang di bidangnya sendiri.

Untuk mencapai kesuksesan itu, bukan dilihat dari jurusan kuliah anak IPA atau IPSnya. Akan tetapi, seberapa seriuskah kamu mencari ilmu dan mendapatkan keahlian dari bidang yang kamu pelajari. Untuk itu, tentukan dahulu passionmu di bidang apa.

Ada kalanya memang kamu akan merasa salah dalam memilih jurusan. Namun, jika itu benar-benar passionmu, tentu akan menemukan alasan dan semangat baru untuk melanjutkan apa yang sudah kamu mulai.

Jurusan Kuliah Ips yang Mudah Dapat Kerja


Ada beberapa jurusan di rumpun sosial humaniora (Soshum/IPS) yang bisa kamu jadikan prioritas jika ingin mudah mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, cita-cita itu juga perlu didukung dengan usaha kamu untuk belajar dan terus melatih skill yang disyaratkan. Jurusan kuliah IPS yang mudah dapat kerja di antaranya:

1. Hubungan Internasional

 

jurusan hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya. Jika kamu menyukai isu-isu terkait hubungan antar negara di dunia sepertinya cocok dengan jurusan satu ini.

Dalam mata kuliah di jurusan HI, bukan hanya masalah diplomasi yang dilakukan antar pihak. Tetapi juga menyangkut masalah kesejahteraan, konflik, politik, ekonomi, globalisasi, dan lain sebagainya.

Prospek kerja jurusan hubungan internasional sangat beragam. Di antaranya menjadi diplomat, duta besar untuk negara tertentu, penerjemah, politikus, staff kedutaan, konsultan internasional, dan masih banyak lagi.

2. Kriminologi

 

jurusan kuliah anak ips
image source: piqsels.com

Jurusan kriminologi berfokus pada pengungkapan faktor penyebab suatu kejahatan. Bidang konsentrasi di jurusan kriminologi juga cukup Menantang. Di antaranya cybercrime, penegakan hukum, kepenjaraan, dan kejahatan transnasional.

Untuk lulusan kriminologi bisa bekerja di kejaksaan, departemen pertahanan, Komnas HAM, Badan Intelejen Negara (BIN), badan nasional, Lembaga kepolisian, dan badan nasional penanggulangan terorisme.

Tidak banyak kampus yang menawarkan jurusan kriminologi sebagai jurusan kuliah ips yang mudah dapat kerja. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI).

3. Bisnis Digital


kuliah bisnis digital

Dalam jurusan bisnis digital, para mahasiswa mempelajari cara mengembangkan bisnis dengan menggunakan teknologi digital yang banyak digunakan pada era industri 4.0. Di antara yang diajarkan mengenai marketplace, big data, start up digital, digital marketing, hukum bisnis, kewirausahaan dan lain sebagainya.

Karena tergolong jurusan baru maka belum banyak kampus yang menyediakan program studi bisnis digital. Akan tetapi, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan sudah banyak kampus yang membuka prodi ini mengingat kebutuhan lulusannya yang begitu banyak dicari.

Lulusan prodi bisnis digital bisa bekerja di bidang keuangan, konsultan bisnis, dan analisis sistem. Diperlukan ketelitian, rasionalitas, dan kemampuan problem solving yang mumpuni.

4. Akuntansi

Jurusan kuliah ips yang mudah dapat kerja yang keempat ada akuntansi. Banyak yang memprediksikan jika pekerjaan seorang akuntan akan hilang digantikan dengan sistem yang canggih berkat kemajuan teknologi. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir.

Seorang akuntan bukan hanya terlibat dalam penyusunan laporan keuangan. Lebih jauh dari itu, peran akuntan diperlukan dalam menganalisis perusahaan khususnya yang berkaitan dengan aset dan kekayaan yang dimiliki.

Prospek kerja lulusan akuntansi cukup beragam mulai dari tax consulting, auditor internal dan eksternal, akuntan publik, akuntan internal perusahaan, dan lain sebagainya.

Add Comments


EmoticonEmoticon