Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, untuk Sekolah maupun Kuliah

cara membuat makalah baik dan benar
 

Bagi seorang yang sedang sekolah ataupun menempuh jenjang kuliah ketika mendapat tugas untuk membuat Makalah sangat penting mengetahui cara membuatnya dengan baik dan benar. Bahkan mungkin saja kamu disuruh untuk membantu mengerjakan tugas makalah, maka dari itu perlu mempelajari hal demikian supaya hasilnya sesuai yang diinginkan.

Makalah itu sendiri memiliki makna: sebuah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah / perguruan tinggi. (Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI)

Mungkin kalian sering mendapat tugas dari sekolah atau kampus tapi masih bingung caranya membuat makalah supaya baik dan banar itu bagaimana? Maka dari itu di sini kami akan berbagi informasi mengenai hal tersebut supaya bisa kalian pelajari bersama-sama. Tapi sebelum itu, kita juga perlu tahu bahwa makalah ada beberapa jenis yaitu.

Jenis-Jenis Makalah


1. Makalah Ilmiah
Pertama makalah ilmiah, ini merupakan sebuah makalah yang membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah. Untuk itu pembuatannya pun tidak boleh berisi sekedar pendapat atau opini yang bersifat subjektif.

2. Makalah Kerja
Makalah yang satu ini didapat dari sebuah penelitian. Yang membedakan antara makalah kerja dan makalah ilmiah adalah kalau makalah kerja memungkinkan seorang penulis memberikan opini yang bersifat subjektif dari sebuah permasalahan.

3. Makalah Kajian
Makalah kerja adalah sebuah makalah yang isinya berupa cara-cara pemecahan suatu masalah dan biasanya sifatnya kontroversial.

4. Makalah Posisi
Makalah tersebut merupakan makalah yang penyusunannya dikerjakan atas permintaan suatu pihak, sementara fungsi dari makalah jenis ini yakni sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan yang ada.

Nah setelah kita mengetahui mulai dari pengertian dan juga jenis makalah, selanjutnya kita akan membahas ke poin utama.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar


Langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebagai seorang pelajar dalam membuat makalah tentu perlu melalui beberapa tahapan sehingga tersusun dengan baik.

1. Tentukan Tema/Topik Pembahasan


Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika mendapat tugas dari sekolah atau kampus untuk membuat makalah maka kita perlu tentukan Tema terlebih dahulu. Kalau memang dari guru / dosen kalian sudah memberikan temanya maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya, tapi kalau belum maka kita harus menyiapkan terlebih dahulu.

Dikarenakan pemilihan tema dapat mempengaruhi tingkat kesulitan dan estimasi waktu dalam pengerjaan makalah. Kita sebisa mungkin untuk memilih tema yang sekiranya telah menguasai serta memiliki wawasan yang cukup tentang topik pembahasan makalah yang akan dibuat.

2. Judul Makalah


Sesudah kita menentukan tema, langkah berikutnya adalah menentukan judul makalah yang akan dibuat. Supaya nantinya bisa menarik minat pembaca buatlah semenarik mungkin agar orang lain tertarik membaca makalah yang kamu buat.

Selain menarik, judul makalah juga harus jelas dan berhubungan dengan tema yang telah kita pilih.

3. Mengumpulkan Bahan Referensi


Tehap berikutnya ini waktu kita untuk mengumpulkan bahan referensi guna untuk mendukung proses penyusunan makalah.  Referensi bisa kita temukan melalui berbagai jurnal, buku, dan juga artikel yang ada di internet.

Kalau kita mencari referensi dari artikel media online pastikan memilih sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Tulis Makalah Secara Sistematis


Jika sudah mendapatkan referensi, setelah itu kita mulai menulis makalah. Dalam penulisan makalah sebaiknya kita lakukan secara sistematis sesuai struktur makalah.

Kita mulai menulis dari bagian pendahuluan, lalu isi makalah, dan terakhir tutup makalah dengan kesimpulan yang jelas.

Perlu kita ingat, dalam penulisan makalah harus selalu perkuat sama data dan fakta yang ada. Kita dituntut untuk selalu objektif dalam membahas permasalahan dan solusinya.

5. Sunting Makalah


Kalau makalah sudah selesai dibuat, jangan terburu-buru untuk menayangkan karena mungkin saja ada bagian yang masih kurang lengkap. Cek kembali apakah makalah yang dibuat sudah sesuai struktur apa belum.

Teliti dan perbaiki juga adanya kesalahan ejaan, penulisan, bahasa, dan margin makalah yang kita gunakan. Kalau semuanya dirasa sudah diperbaiki baru kita bisa publikasikan makalah yang telah dibuat.

Setelah ini kita juga wajib tahu apa saja Struktur Makalah yang Benar.

Akhir Kata
Semoga dengan tulisan ini kamu bisa dengan mudah menyusun makalah yang diinginkan dengan baik dan benar. Sehingga selain dapat menarik pembaca, makalah yang kamu buat bermanfaat untuk banyak orang.

Add Comments


EmoticonEmoticon