Inilah Struktur Makalah yang Benar

struktur makalah yang benar
 

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa tentu pernah diberikan tugas dari salah seorang pembimbing untuk membuat karya ilmiah berupa makalah yang diberikan kepada individu maupun kelompok pada sekolah. Pekerjaan seperti ini bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab kita sebagai pelajar atau mahasiswa harus memperhatikan kaidah penulisan makalah dengan struktur yang benar.

Mungkin kalian pernah mengalami kesalahan dalam membuat makalah hingga akhirnya harus merevisi sampai konsultasi sama pembimbing mata kuliah. Tentu hal demikian memerlukan tenaga dan pikiran untuk mengerjakan makalah kembali.

Mungkin sebelumnya kita sebelum proses membuat makalah belum mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu mengenai struktur makalah yang benar itu seperti apa. Untuk itu agar mempermudah penyusunan nanti dalam membuat makalah yang baik dan benar, kita simak terlebih dahulu apa saja kelengkapan struktur makalah yang wajib ada.

Struktur Makalah


1. Cover/Sampul Makalah

 

cover makalah
Contoh Cover Makalah
 
Cover atau sampul merupakan struktur pertama makalah yang memuat judul, logo lembaga/institusi, nama penulis, tempat, dan tahun terbit.

Pada bagian ini, sebaiknya kita dalam penulisan menggunakan pengaturan rata tengah (center) supaya cover kelihatan rapi dan bagus.

2. Kata Pengantar


Dalam sebuah makalah, kata pengantar menjadi salah satu bagian yang harus ada. Fungsinya sendiri adalah sebagai pengantar supaya pembaca memiliki pandangan umum sama makalah yang kita buat.

Selain dari pada itu, kata pengantar juga berisi penjelasan waktu penulisan, tempat penelitian, dan juga pihak-pihak yang ikut serta mengarahkan dalam menyelesaikan makalah baik individu, lembaga-lembaga atau instansi yang terlibat.

3. Daftar Isi

 

daftar isi makalah
Contoh daftar isi makalah
 
Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat sebuah informasi halaman dari pada konten dalam makalah tersebut. Fungsinya untuk memudahkan pembaca dalam menemukan poin tertentu dari makalah, makanya kita harus memberikan keterangan pada setiap bab maupun sub-bab.

4. Pendahuluan


Pendahuluan merupakan pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah yang disusun dari sudut pandang penulis. Pada bagian ini dapat kita jelaskan secara umum dan singkat, pada pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub-bab antara lain: latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

- Latar Belakang

Pada bagian ini biasanya berisi penjelasan mengenai permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisis dalam makalah.

Inti dari latar belakang adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada pembuatan makalah.

Pertanyaan itu seperti: Mengapa kamu membahas topik tersebut? Untuk apa kamu melakukan penelitian tersebut? Apa yang membuatmu ingin menyelesaikan masalah tersebut?

Kita harus menulis latar belakang dengan jelas dan mudah dimengerti, juga harus memuat data serta fakta yang mendukung.

- Rumusan Masalah

Adalah hasil dari pembahasan pada latar belakang yang telah kita tulis sebelumnya. Biasanya rumusan masalah isinya singkat, padat, dan berisi poin-poin pertanyaan dari masalah yang diteliti.

Kita cukup membuat beberapa pertanyaan, setidaknya ada 2 sampai 3 pertanyaan yang jelas dan itu hasil pengerucutan latar belakang yang kita tulis sebelumnya.

- Tujuan Pembahasan

Tujuan biasanya berisi manfaat dari penelitian yang akan kita lakukan. Ini diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan.

Tujuan bisa kita tuliskan secara singkat namun menggambarkan secara jelas dan mendeskripsikan manfaat dari pembuatan makalah.

5. Isi/Pembahasan


Pembahasan atau isi merupakan bagian yang paling penting dari sebuah makalah. Dibagian ini berisi uraian pokok dari dari permasalahan yang kita bahas.

Dan yang pasti pembahasan di bagian isi harus berisi sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang telah kita buat sebelumnya. Biasanya pembahasan akan mencakup mengenai landasan teori uraian materi, solusi dan penyelesaian dari suatu permasalahan.

6. Penutup


Bagian penutup itu biasanya terdiri dari dua sub-bab, yaitu kesimpulan dan saran.

- Kesimpulan

Kesimpulan berisikan tentang ringkasan (summary) dari hasil pembahasan rumusan makalah.

Kita dapat menulis bagian ini dengan menganalisis poin penting pada bagian-bagian sebelumnya sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dari permasalahan yang kita bahas dalam makalah.

- Saran

Saran merupakan suatu bagian dalam makalah yang ditujukan untuk si pembaca.

Saran dapat berisikan harapan dari penulis supaya makalah yang telah dibuat bisa bermanfaat untuk pembaca.

7. Daftar Pustaka


Yang terakhir adalah daftar pustaka, biasanya berisikan daftar referensi yang telah kita gunakan sebagai sumber atau bahan penelitian dari penulisan makalah. Daftar referensi yang dipakai bisa berupa jurnal, buku, atau informasi valid yang kita peroleh dari internet.

Baca juga :
- 8 Langkah Jadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Kece
- Inilah Beberapa Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah

Demikian mengenai struktur makalah yang benar, mudah-mudahan ini bisa membantu Anda khususnya para pelajar dalam memberikan informasi yang sedang dicari. Menitinfo.com menyampaikan banyak terima kasih kepada kalian semua.

Add Comments


EmoticonEmoticon