7 Manfaat Daun Kelor dan Efek Sampingnya

manfaat daun kelor
 

Tentunya kita sering mendengar peribahasa dunia tak selebar daun kelor ya? Namun sudahkan Anda tau jika ternyata ukuran daun kelor kecil? tumbuhan dengan nama ilmiah Moringa Oeifera ini terkenal memiliki segudang manfaat untuk Kesehatan dari mulai kesehatan kulit, lambung, hingga jantung.

Sejak jaman dahulu daun kelor sudah digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk membuat jamu atau obat tradisional ,dibidang kedokteran internasional pun telah mengakui bahwa daun kelor memiliki berbagai manfaat untuk Kesehatan, dan penelitian mengenai daun kelor sudah dilakukan sejak tahun 1980.

Dari segi kandungan gizi daun kelor mengandung potassium, kalsium, vitamin C, vitamin A, hingga protein, kandungan gizi yang terkandung dalam daun kelor lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan gizi makanan sehari hari seperti pisang ,susu, jeruk hingga wortel.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapat Ketika, mengkonsumsi daun kelor?

Manfaat Daun Kelor


1. Menjaga berat badan

Berat badan yang ideal tentunya menjadi keinginan semua orang terutama kaum hawa, dengan kandungan polyphenol yang tinggi dalam daun kelor dapat mengoptimalkan kerja system pencernaan, tentunya pencernaan yang lancar akan menjadikan berat badan kita tetap ideal. anda bisa mengkonsumsinya dengan membuat teh atau sekedar meminum air rebusan daun kelor

2. Merawat Kesehatan kulit

Saat ini sudah sangat banyak  produk produk kecantikan yang menawarkan manfaat untuk kulit kita, namun kebanyakan produk tersebut terbuat dari bahan kimia sehingga akan ber efek negatif jika dipakai dalam waktu yang lama,dengan menggunakan daun kelor tentunya akan lebih aman karna bahan alami, daun kelor mengandung zat anti oksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk Kesehatan kulit. Caranya anda memilih daun kelor yang masih segar kemudian haluskan sehingga menjadi bubur, setelah itu anda bisa menggunakannya sebagai masker atau untuk luluran.

3. Menyehatkan mata

Dengan perkembangan teknologi saat ini khususnya dunia gadget, membuat mata kita semakin sering terpapar sinar biru, hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan mata kita, dengan kandungan vitamin A yang tinggi pada daun kelor akan sangat baik untuk menjaga Kesehatan Mata kita.

4. Mencegah kanker

Daun kelor mengandung senyawa NIAZIMICIN yang mampu menekan perkembangan sel kanker

5. Menjaga Kesehatan tulang

Dengan kandungan kalsium dan fosfor pada daun kelor dapat menjaga Kesehatan tulang kita ,daun kelor juga dapat mengobati tulang yang rusak dan radang sendi, karena mengandung anti inflamasi

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi disebabkan karena penebalan pembuluh darah arteri, kandungan senyawa niaziminin dan isothiocyanate yang terkandung pada daun kelor mampu menghentikan penebalan pada arteri.sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

7. Mencegah serangan jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh journal of medicinal food pada 2009 menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan pada jantung.

Baca juga : Manfaat dan Khasiat Daun Singkong untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk Kesehatan, tentunya masih banyak lagi manfaat yang terkadung dalam daun kelor yang tidak saya tulis .namun jika dikonsumsi berlebihan tentunya akan ber efek tidak baik, lalu apa saja efek samping mengkonsumsi daun kelor bila tidak sesuai porsinya.

Efek Samping Daun Kelor


1. Menyebabkan gangguan perut

Jika dikonsumsi secara berkebihan daun kelor dapat mengakibatkan gangguan pada perut karena daun kelor mengandung sifat pencahar, untuk menghindarinya konsumsi daun kelor harus dalam jumlah yang wajar sekitar 70gram perhari.

2. Menyebabkan mual dan muntah

Termasuk efek samping Daun kelor yaitu dapat menyebabkan  mual dan muntah, namun ini tidak dialami semua orang karna hal ini bisa terjadi hanya pada orang yang tidak menyukai rasa dari daun kelor, karna memiliki rasa yang hambar dan aroma yang kurang enak jika masih keadaan mentah.cara mengatasinya anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa manis jika membuat ramuan dari daun kelor.

3. Meningkatkan resiko keguguran

Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman kelor diyakini dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil, namun efek samping ini perlu diteliti lebih lanjut karena belum ada penelitian yang khusus meneliti tentang efek samping daun kelor yang satu ini.