9 Makanan Alami Mengandung Protein yang Tinggi

Sebelum ke pembahasan alangkah baiknya kita kenali dahulu apa itu Protein..? Apa manfaat Protein bagi tubuh kita..? Supaya tidak gagal paham mari kita bahas satu persatu.

Protein merupakan zat yang terdiri dari satu atau beberapa residu asam amino. Peranan yang sangat penting bagi protein adalah dapat membantu reaksi metabolisme organ tubuh, kemudian bisa mengatur fungsi DNA, menanggapi rangsangan, dan juga mampu membantu mengangkut molekul dari satu organ tubuh ke organ yang lainnya. Manfaat yang luar biasa bukan..?

Makanan alami atau yang langsung dari tumbuhan banyak juga yang mengandung protein. Mungkin kalian hanya tahu yang memiliki protein hanya susu dan daging, tapi beberapa makanan alami berikut ini juga kaya akan protein nabati.


makanan alami mengandung protein

1. Gandum


Gandum merupakan sereal yang banyak mengandung protein kacang-kacangan. Kualitas protein yang terkandung dalam gandum itu hampir sama dengan protein kedelai. Jika kalian mengkonsumsinya, maka protein yang terkandung pada setiap 100 g gandum adalah 16,9 g.

Tak hanya protein saja yang terkandung pada gandum, kalian harus tahu kandungan terbanyak adalah karbohidrat lalu ada juga vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan zinc.

2. Beras


Kemudian yang kedua adalah Beras, merupakan makanan pokok lebih dari setengah populasi di dunia.  Ini adalah sumber energi makanan utama khususnya pada 17 negara di Asia dan Pasifik, 9 negara di Amerika Utara dan Selatan dan 8 negara di Afrika. Beras menyediakan 20% dari pasokan energi makanan di dunia, sementara gandum memasok 19% dan jagung  5%.populasi dunia.

Sumber protein yang bisa didapat dari 100 g beras adalah sekitar 7,13 g, sedangkan kandungan gizi tertinggi dari beras adalah karbohidrat sebanyak 80 g tak heran sebagai makanan pokok. Selain itu beras ternyata mengandung berbagai vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan masih ada kandungan Kalsium, Magnesium, Fosfor, Potasium, serta Zinc.

3.Bayam


Bayam termasuk sayur hijau yang banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam 100 gram bayam kita bisa mendapatkan diantara karbohidrat sebesar 3,6 g protein sebesar 2,9 g  zat besi 2,71 mg. Dan masih banyak lagi kandungan gizi dalam bayam, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, magnesium, lemak, potasium, dan zinc.

4. Kacang Kedelai


Kedelai cukup populer sebagai sumber protein yang lengkap untuk kehidupan sehari-hari, misalnya saja ketika kita makan tempe atau tahu itu mengandung protein karena berbahan dasar kedelai. Kandungan protein pada kedelai sama saja dengan protein yang dihasilkan daging dan telur.

Karena mengandung protein yang tinggi maka kedelai sangat bisa menggantikan produk hewani yang cenderung mengandung lebih banyak lemak, terutama lemak jenuh. Setiap 100 g kedelai mengandung 36,49 g protein, pantas juga banyak yang suka kedelai.

5. Kacang Hijau


Kemudian selanjutnya adalah Kacang Hijau, kandungan protein yang dimiliki setiap 100 g kacang hijau kita akan mendapatkan manfaat protein sekitar 3,04 g. Meski masih kalah banyak dari kacang kedelai tapi lumayan lah buat menambah asupan tubah Anda.

6. Kacang Polong


Masih pada jenis kacang yaitu kacang polong yang sangat tinggi serat. Protein yang terkandung dalam kacang polong adalah 25 g untuk setiap 100 g kacang, bagaimana lumayan banyak bukan.

Baca : 11 Minuman Penghilang Ngantuk, Selain Kopi

7. Biji Bunga Matahari


Jika kamu di halaman rumah menanam bunga matahari untuk hiasan, mungkin jadi ingin mengolah biji bunga matahari menjadi makanan. Soalnya biji bunga matahari yang biasa kita sebut kuaci, ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram-nya bisa menghasilkan 20,78 g protein. Sangat cocok sekali mengkonsumsi biji bunga ini sebagai camilan / snack.

Selain protein, biji bunga matahari juga banyak mengandung karbohidrat, vitamin, dan zat-zat berguna lainnya.

8. Brokoli


Sayur ini mungkin kalian sering jumpai pada sup saat kalian memakannya hingga 100 gram brokoli maka Anda akan memperoleh protein hingga 2,82 g. Brokoli merupakan sayuran hijau, selain mengandung protein juga kaya vitamin C dan serat, juga memiliki manfaat perbaikan DNA sama membunuh sel kanker.

9. Kentang


Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang banyak mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, kentang juga bisa buat campuran masak telur goreng. Dibalik kandungan itu, kentang ternyata juga menyimpan sumber protein, kalau kita hitung setiap 100 g kita akan memperoleh 2 g protein dari kentang.

Itulah tadi beberapa sumber protein yang tinggi dari bahan makanan alami, masih banyak lagi sumber-sumber lain yang dapat menghasilkan zat yang cukup penting bagi tubuh kita tersebut dan itu merupakan sebagian yang mudah kita jangkau.

Add Comments


EmoticonEmoticon