Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Search Console

cara submit sitemap blogger
 

Sebaiknya kalau kita pertama kali menambahkan domain ke google search console, juga submit sitemap agar artikel segera dicrawl dan dindex oleh mesin pencari. Mungkin bagi Anda yang masih pemula hal ini akan jadi pertanyaan, bagaimana cara submit sitemap blogger ke Search Console? Untuk itu ikuti tutorial ini hingga selesai ya.

Sitemap atau yang biasa orang katakan peta situs merupakan sebuah file berformat XML yang memuat daftar dari seluruh artikel sebuah blog. Sebetulnya bagi kita pengguna Blogger tidak perlu repot-repot untuk membuat sendiri sebab telah disediakan otomatis. Berbeda jika kita pengguna website dan blog self-hosted seperti halnya WordPress, sitemap perlu dibuat dengan upload manual.

Untuk cek sitemap postingan Blog:

https://www.Nama-Domain.com/sitemap.xml

Note: Silahkan ganti Nama-Domain dengan alamat blog Anda

Dengan kita membuat sitemap di Google Webmaster atau Search Console kemungkinan ketika kita update artikel baru pada Blog akan lebih cepat ter index oleh mesin penelusuran. Secara sederhana, bahwa sitemap bakal memberi tahu mesin pencari mengenai konten yang ada di blog kita.

Cara Submit Sitemap ke Google Search Console Tools


1. Yang pertama, pastikan sebelumnya situs Anda telah didaftarkan di Search Console. Dengan mengunjungi alamat https://search.google.com/search-console

2. Jika sudah Anda pergi ke menu Sitemaps (Peta Situs) pada bagian menu Index.

3. Kemudian lihat pada bagian Add a new sitemap / Tambahkan peta situs baru, disana ada kotak kosong sebelah nama blog Anda, lalu isikan sitemap dengan format berikut.




sitemap.xml

sitemap-page.xml

dan untuk feed berikut ini;

atom.xml

Silahkan Anda submit semua sitemap tersebut satu per satu di Search Console.

Catatan: Jika feed (RSS atau Atom) sudah ter-Redirect ke layanan seperti Feedburner maka gunakan sitemap feed seperti ini:

atom.xml?redirect=false

Dengan begitu artinya kini Anda telah berhasil mengirim peta situs (sitemap) ke Search Console.

Baca juga: Cara Membuat Link Aktif Pada Komentar Blogger

Tambahan


Kalau jumlah artikel pada blog blogger kamu, diketahui telah mencapai antara 1 sampai 800, maka tambahkan sitemap di bawah ini.

sitemap.xml?page=1

Untuk jumlah artikel lebih dari 800 dan hingga 1600 postingan, tambahkan juga sitemap berikut.

sitemap.xml?page=2

Dan seterusnya Anda bisa menambah sitemap sesuai jumlah artikel blog atau setiap kelipatan 800.

Sekarang Anda tinggal menunggu supaya Google meng-indeks semua postingan pada blog Anda. Sebenarnya kita cukup mengirimkan sitemap.xml saja, akan tetapi yang lain untuk jaga-jaga kemungkinan terjadi penundaan indeks.

Itulah cara submit sitemap blogger ke Google Search Console, mudah-mudahan setelah ini artikel baru Anda kini jadi lebih cepat dirayapi mesin penelusuran serta bisa lebih SEO.

Load comments