Cara Menonaktifkan Sensor Proximity Xiaomi (MIUI 11 dan 12)

cara matikan sensor proximity
 

Sekarang ini sudah banyak smartphone canggih dengan berbekal banyak fitur, salah satunya adanya sensor Proximity yang ada pada sebuah ponsel. Tentu memiliki HP dengan beragam fitur akan menjadi kebanggaan tersendiri dari mulai memudahkan pekerjaan hingga untuk hiburan semata. Mengenai sensor Proximity pada HP Xiaomi khususnya yang sudah menggunakan antarmuka MIUI 11 dan 12, fitur tersebut bisa kita matikan.

Perlu kita ketahui kalau Sensor Proximity adalah sebuah fitur yang hampir ada di setiap ponsel dengan fungi untuk mendeteksi benda atau objek. Untuk letak dari sebuah sensor itu sendiri beda-beda tiap ponsel, akan tetapi umumnya berada di bagian atas layar HP. Sensor Proximity yang dalam keadaan aktif bisa kita ketahui ketika ada panggilan masuk kemudian angkat ponsel maka layar akan redup ketika kita mendekatkan layar ke wajah. Hal itu untuk menghindari adanya sentuhan yang tidak disengaja.

Selain itu sensor tersebut juga berguna untuk mendeteksi apakah ponsel kita masih peka terhadap sentuhan atau tidak. Walah demikian, ada sebagian orang malah merasa terganggu dengan sensor Proximity sehingga memutuskan untuk menonaktifkan. Yang menjadi masalah adalah ketika sensor proximity tiba-tiba mematikan layar padahal seting tidak untuk menelpon.

Cara Mematikan Sensor Proxymity Xiaomi


Kebetulan saya sudah cukup lama menggunakan HP Xiaomi, tadi sedikit tahu tata letak pengeturan untuk nonaktifkan sensor proximity pada smartphone Xiaomi khususnya MIUI 11 dan 12.

1. Pertama kita perlu membuka Settings (Setelan), caranya bisa diakses melalui icon aplikasi di home atau dengan swipe layar ke bawah dan menemukan menu Settings.

2. Kalau sudah masuk di halaman settings, temukan menu Apl lalu pilih menu Setelan sistem aplikasi (System App Settings)

 


3. Berikutnya temukan menu Setelan panggilan (Call Settings) dan pilih lagi Setelan panggilan masuk (Incoming call settings).

 


4. Kemudian kita bisa melihat pilihan Proximity Sensor (Sensor jarak), umtuk mematikan tab toggle di sampingnya hingga posisi off atau berubah warna dari biru jadi abu-abu.

 


Note: Bagi Anda yang mengunakan Xiaomi dengan sistem operasi Pure Android maka bisa langsung masuk menu settings lalu klik ikon search di bagian atas dan ketik “proximity” atau “sensor jarak” (jika menggunakan bahasa Indonesia) dengan begitu Anda bisa langsung menenaktifkan fitur tersebut.

Dengan begitu layar tidak akan mati lagi ketika kalian menempelkan layar smartphone ke telinga ketika ada panggilan. Tapi ingat, kalian perlu hati-hati jangan sampai layar tersentuh sembarangan ketika sedang dalam panggilan telepon nanti malah tersentuh menutup panggilan.

Baca juga: Cara Melakukan Screenshot Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Cara Kalibrasi Sensor Proximity

Sebetulnya kita bisa mengatasi masalah error terkait sensor proximity dengan cara melakukan kalibrasi pada ponsel dan ini bisa dilakukan untuk semua smartphone Android tidak hanya Xiaomi. Maka untuk mengembalikan jadi normal kembali kita dapat melakukan kalibrasi.

Contoh kasus sederhana adalah ketika kita melakukan panggilan tapi tiba-tiba layar sudah mati sebelum kita mendekatkan HP dengan telinga. Ini adalah error yang umum terjadi pada setiap ponsel Android, maka dari itu Anda perlu melakukan kalibrasi supaya bisa normal kembali. Simak caranya berikut ini.

- Pertama kalian buka menu Phone  / Panggilan
- Kemudian tekan tombol *#*#6484#*#*
- Maka layar ponsel akan langsung memunculkan pilihan menu, Anda pilih menu Proximity Sensor
- Berikutnya tutup bagian atas layar ponsel dengan tangan Anda, tutup dengan jarak kurang lebih 1 cm.
- Lalu setelah itu tekan tombol Calibration pada menu pengaturan proximity sensor
- Selesaikan kalibrasi sesui perintah dan petunjuk yang diberikan
- Terakhir lepaskan tangan dari sensor dan dekatkan layar ponsel ande ke wajah.

Sesudah kita melakukan kalibrasi sensor proximity biasanya dapat normal kembali dan ponsel berjalan sesuai keinginan kita. Demikian cara mematikan sensor proximity dan melakukan kalibrasi pada ponsel Android untuk memperbaiki error software, mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kalian semua.

Load comments