Apa Itu Love Bombing? Ketahui Tanda dan Bahayanya

apa itu love bombing
 

Makin kesini banyak banget istilah baru yang mewarnai media sosial, sehingga orang-orang menggunakan kata tersebut ke dalam caption Ig. Seperti yang akhir-akhir ini lagi reme ada kata Love Bombing, mungkin dari kalian masih belum paham artinya maka perlu ketahui supaya tidak salah makna.

Dari pantauan kami, istilah ini sampai bisa rampai sampai sekarang sebab sempat masuk FYP dalam berbagai unggahan di salah satu media sosial. Secara umum arti dari Love bombing itu sendiri adalah ungkapan kasih sayang seseorang terhadap pasangannya. Kasih sayang tersebut bisa berupa perhatian, memberi hadiah, atau kejutan lainnya. Tapi istilah ini tidak sekedar hal itu, untuk lebih jelas dan rincinya simak penjelasan di bawah ini;

Makna kata Love Bombing


Love bombing adalah taktik yang sering digunakan oleh orang yang mencoba mengontrol atau mengabui orang lain dengan cara memberikan banyak perhatian, pujian, dan kasih sayang kepada mereka. Ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk membuat orang lain merasa terikat dan tergantung pada orang yang melakukan love bombing.

Love bombing dapat terjadi dalam berbagai jenis hubungan, termasuk hubungan romantis, keluarga, atau teman dekat. Beberapa tanda bahwa seseorang mungkin sedang melakukan love bombing kepada Anda adalah jika mereka selalu mengirim pesan teks atau menelepon Anda, memberikan hadiah, atau terus-menerus memberikan pujian kepada Anda.

Jika Anda merasa terlalu tergantung pada seseorang yang baru saja Anda kenal atau merasa tidak nyaman dengan tingkat perhatian yang diberikan kepada Anda, sebaiknya bicarakan hal ini dengan orang tersebut atau mintalah bantuan dari psikolog atau seorang yang profesional dalam hal tersebut.

Apa Tanda dari Seorang yang melakukan Love Bombing


Selanjutnya kita juga telan lansir dari klikdokter.com, jika salah seorang memberikan kasih sayang dan menunjukkan perilaku romantis secara berlebihan, itu adalah salah satu tanda perilaku love bombing. Maka untuk bisa lebih lanjut mengetahui ciri-cirinya seperti apa, berikut tanda-tanda yang harus kalian waspadai.

  • Memberikan banyak hadiah secara berlebihan, contoh love bombing dengan membelikan tiket pesawat mahal untuk berlibur dan tidak boleh ditolak
  • Tidak berhenti memuji, seperti mengungkapkan bahwa dia sangat mencintaimu atau tidak bisa hidup tanpamu
  • Membombardir pesan dan telepon sepanjang hari
  • Menginginkan perhatian penuh dan akan marah jika kamu tidak fokus kepada dirinya
  • Mencoba meyakinkan bahwa kamu adalah belahan jiwanya
  • Terus memanipulasimu untuk mendapatkan apa yang dia inginkan
  • Sangat mengikat pasangan sampai tidak memiliki batasan atau privasi dalam sebuah hubungan


Bahaya dari Love Bombing


Walaupun ini kedengarannya baik, akan tetapi love bombing ternyata cukup berbahaya dalam sebuah hubungan lho. Hal utama yang paling bahaya dari perilaku ini dari seseorang, kadang korban itu sulit bahkan tidak bisa membedakan antara perasaan seseorang yang tulus mencintainya dan seseorang yang melakukan love bombing.

Jika tidak segera ditangani dengan tepat bisa merusak kesehatan mental sebab ini termasuk dalam salah satu bentuk pelecehan emosional. Buat kamu yang masih dalam masa-masa PDKT sama pasangan harus hati-hati sebab pelaku love bombing sangatlah manipulatif hingga dapat menjebak seseorang pada hubungan yang tidak sehat untuk jangka panjang.

Bisa berakibat hubungan yang toxic, sangat berbahaya untuk mental kamu kedepannya kalau perilaku seseorang dalam melakukan love bombing menghasilkan hubungan yang kacau. Sebab pelaku akan menguasai pikiran dan hati pasangan, maka akan dengan mudah melakukan apapun yang diinginkan tanpa memikirkan perasaan satu sama lain. Terlebih lagi orang yang melakukan love bombing telah sampai tahap berani menghina dan merendahkan dengan alasan keinginannya terhadap pasangan tidak terpenuhi. Ini sangat bahaya, kamu harus hati-hati ya!

Penutup

Oke mungkin cukup kalian mengerti mengenai apa itu Love Bombing yang telah kami jelaskan. Kami akan selalu mengingatkan jika suatu saat kamu menemukan pasangan yang melakukan praktik love bombing, kami berharap Anda tidak mudah terjebak dan terlalu lama dalam hubungan itu. Segera bicarakan dengan baik, cari solusi dengan orang terdekat, serta jika diperlukan minta pertimbangan dari orang yang tepat seperti psikolog.

Add Comments


EmoticonEmoticon