Cara Keluar dari Mode Aman (Safe Mode) di Xiaomi: Panduan Lengkap

cara keluar dari mode aman hp xiaomi
 

Dengan banyaknya fitur yang tersedia, handphone Xiaomi seringkali membuat penggunanya bingung bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul. Salah satu masalah yang sering dialami adalah masuk ke mode aman atau biasa disebut sebagai safe mode.

Mode tersebut akan nampak jelas tandanya bertuliskan Safe Mode di layar handphone Xiaomi biasanya di pojok kiri bawah. Hal tersebut dapat terjadi karena dilakukan dengan sengaja atau tanpa pengguna sadari. Terkadang kita lalai tidak sengaja mencet beberapa tombol tertentu sehingga Hp Xiaomi masuk ke pengaturan Mode Aman.

Kalian mungkin sempat melakukan berbagai cara supaya bisa keluar dari mode aman tersebut, tapi masih saja gagal. Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah dan praktis yang bisa dilakukan untuk keluar dari mode aman pada handphone Xiaomi.

Bahwa selama pesan Mode Aman masih terlihat di layar Xiaomi, maka aplikasi-aplikasi yang terpasang tidak bisa berjalan seperti seharusnya. Mungkin hanya sebagian aplikasi bawaan saja yang dapat dibuka dalam mode aman tersebut. Kasus ini dapat terjadi pada semua produk buatan xiaomi termasuk Redmi, POCO, maupun BlackShark, maka dari itu kita perlu segera keluar dari Safe Mode supaya handphone bisa normal kembali.

Cara Keluar Mode Aman di Xiaomi

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan, supaya ponsel terlepas dari safe mode.

1. Restart HP Xiaomi

Sebenarnya cukup dengan setel ulang ponsel Xiaomi sudah bisa melepas dari Mode Aman.

- Tekan tombol power ponsel Xiaomi dalam beberapa detik
- Setelah muncul pilihan, tab Restart atau Mulai ulang.


restart xiaomi

- Tunggu hingga handphone menyala ulang
- Setelahnya maka tulisan mode aman akan hilang

Kebanyakan cara ini bisa menjadi solusi utama yang ampuh agar bisa keluar dari mode aman pada ponsel Xiaomi. Kalaupun gagal, mungkin Hp Anda punya kendala lain seperti:

Bagaimana Jika Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi?

Nah ini yang kami maksud, kalau kasusnya demikian bagaimana kita bisa melakukan restart handphone? Maka kita perlu alternatif lain yakni dengan cara restart Hp Xiaomi tanpa tombol.

- Langkah pertama, silahkan install aplikasi Shutdown (no Root) di Play Store, tenang saja aplikasi tersebut ukurannya sangat kecil.


aplikasi restart

- Sesudah berhasil terpasang pada Hp segera buka aplikasi tersebut.
- Jika diperlukan izin aplikasi maka aktifkan dahulu, baru setelah itu akan muncul menu restart, power off, silent dan airplane mode default bawaan ponsel
- Kalau mau setel ulang tinggal pilih Restart dan tunggu proses hingga selesai.

2. Cek Aplikasi Berbahaya

Mode aman juga terkadang muncul karena kita install sebuah aplikasi bukan dari sumber resmi, ini sering sekali terjadi pada Hp Xiaomi yang telah di root, sehingga bisa saja ponsel tiba-tiba beralih ke safe mode.

Jika sebelumnya Anda telah memasang aplikasi yang mencurigakan sebaiknya segera cek dan uninstall saja.

- Buka Google Play Store
- Kemudian tab gambar profil, lalu pilih Kelola aplikasi dan perangkat.
- Masuk ke tab aplikasi terinstall
- Cek apakah ada salah satu aplikasi yang mencurigakan atau bermasalah
- Jika ditemukan segera hapus, agar tidak kembali lagi ke Mode Aman.

Baca juga : Cara Mengubah Font HP Xiaom

3. Lakukan Factory Reset

Ini adalah cara terakhir jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil. Anda bisa melakukan factory reset melalui fastboot mode.

  • Caranya, pertama matikan dahulu handphone Xiaomi
  • Kemudian nyalakan lagi dengan tekan tombol volume ke bawah dan power secara bersamaan sampai muncul logo MI.
  • Kemudian pilih "Factory Reset" dan tunggu hingga proses selesai.

Pertanyaan dan Jawaban

Q: Apakah ada risiko jika handphone Xiaomi masuk ke mode aman?
A: Tidak ada risiko yang signifikan jika handphone Xiaomi masuk ke mode aman, namun penting untuk segera keluar dari mode aman agar handphone Xiaomi bisa berfungsi dengan normal kembali.

Akhir Kata
Itulah cara keluar mode aman di handphone Xiaomi yang bisa Anda coba. Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi masalah pada handphone Xiaomi dan mengembalikan fungsi handphone Xiaomi ke normal kembali. Jangan lupa untuk mencoba cara-cara di atas secara bertahap.