4 Rahasia Ternak Ikan Channa agar Cepat Bisa

rahasia ternak chana
 

Ikan chana saat ini merupakan ikan yang banyak diminati, bukan hanya di kalangan muda para orang tuapun banyak yang hobi pelihara ikan tersebut. Oleh karena itu peluang usaha dengan budidaya ikan Channa sangatlah terbuka lebar.

Akan tetapi apabila langsung terjun dalam dunia ternak ikan channa tanpa mengetahui ilmunya tentu akan berujung kegagalan. Untuk itu kali ini saya akan berikan pengalaman dan beberapa rahasia saya dalam ternak ikan chana khususnya untuk pemula.

Di bawah ini setidaknya ada 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai ternak ikan chana.

1. Pemilihan Indukan

Pemilihan indukan sangatlah penting dalam budidaya ikan channa karena akan menentukan hasil anakan yang didapatkan, pemilihan indukan dimuali dari memilih usia ikan sampai jenis ikan chana yang akan diternak.

Untuk usia ikan yang siap diternak berkisar dari 9 bulan sampai 10 bulan, untuk jenis yang mudah diternak menurut saya jenis Chana Asiatica karna mudah dalam menjodohkan dan sangat cepat indukan isi telur kembali sesudah mengeluarkan telur.

2. Tempat atau Media Beternak

Tempat yang digunakan bisa menggunakan aquarium, aquarium yang digunakan menggunakan sekat tengah untuk proses menjodohkan, sekat dibuka saat ikan channa sudah tidak menunjukan karakter bertarung. Tempat untuk meletakkan aquarium usahakan letakkan pada tempat yang tenang dan jauh dari keramaian karna ababila diletakkan di tempat yang terlalu ramai akan berpengaruh pada strees ikan tersebut

Baca juga : 5 Cara Melatih Mental Ikan Channa Agar Cepat Galak

3. Pakan

Pakan yang digunakan untuk indukan lebih bagus pakan hidup dan usakan pemberian pakan teratur dan porsi yang sesuai, untuk porsi yang pas yaitu apabila pakan diberikan akan langsung habis apabila pakan tidak habis akan mempengaruhi kualitas air dalam aquarium tersebut, dan saya merekomendasikan pakan untuk yang baik untuk indukan yaitu dengan cacing tanah karna akan meningkatkan pertumbuhan size atau ukuran ikan

4. Perawatan Anakan

Perawatan anakan dari mulai bentuk telur sangatlah penting dalam proses beternak ikan chana. Untuk jenis channa Asiatica indukan akan mengeluarkan telur di permukaan air, saya biasanya setelah ikan bertelur akan mengeluarkan indukan dari tempat bertelurnya, dan langsung saya pisah antara jantan dan betina untuk menghindari ikan bertarung.

Setelah menetas, kita bisa berimakan setelah usia anakan 5 hari setelah menetas, Anda bisa beri makan menggunakan artemia atau bisa langsung diberi kutu air, setelah ukuran kita kira sudah bisa makan cacing sutra kita ganti pakan dengan cacing sutra untuk mempercepat pertumbuhan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam menekuni budidaya ikan channa, tentunya dibutuhkan juga kesabaran dan ketlatenan dalam dalam proses beternak tidak lupa diiringi dengan doa ya, selamat mencoba semoga berhasil.