5 Cara Melatih Mental Ikan Channa Agar Cepat Galak

cara melatih ikan chana
 

Beberapa tahun belakangan ini penghobi ikan jenis Channa mengalami kenaikan yang pesat, hal itu dipengaruhi mudahnya sekarang mendapat informasi-informasi yang baru, dan banyak berita-berita yang viral tentang dunia ikan Channa.

Ada beberapa jenis ikan chana yang populer sekarang, seperti channa auranti, chana stewarty, channa pulcra, channa asiatica, dan ikan channa lokal yaitu limbata. Ikan ikan chana tersebut mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penghobinya. Yang biasa orang-orang tertarik, biasanya dilihat dari segi corak, ukuran dan mental.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana melatih mental ikan Chana agar lebih cepat galak. Karena mental ikan channa sangat mempengaruhi dalam penjualan atau daya tarik bagi penghobinya.

Inilah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam melatih mental ikan channa.

1. Usahakan channa tidak dalam keadaan stres

ciri ciri ikan chana yang stres yaitu biasanya ikan akan diam didasar seperti malas berenang tau bahkan tidak mau makan , biasanya ini terjadi apabila ikan baru sampe dari perjalanan jauh , ikan lompat ke permukaan , atau untuk ikan chana yang baru didapat dari alam jika ingin melatih mentalnya maka biarkan ikan sembuh dari stres terlebih dahulu.
 
2. Puasakan ikan 3 sampe 4 hari

Ikan yang lapar tentunya akan lebih agresif saat diberi makan, lama kelamaan akan terbentuk mental petarung chana tersebut, dengan catatan jangan puasakan ikan saat tres atau sedang dalam kondisi sakit

Baca juga : 4 Tips Memulai Ternak Lele Anti Rugi
 
3. Melatih dengan memegang pakan hidup diluar aquarium

Anda bisa mulai dengan gerakkan pakan hidup dari sisi aquarium ke sisi lainnya agar ikan chana anda mengejar pakan tersebut, maka lama kelamaan ikan akan terbiasa mengejar tangan anda walau tidak memegang pakan
 
4. Dilatih dengan cermin

Anda bisa juga melatih mental ikan chana dengan cermin, caranya hadapkan cermin pada ikan anda apabila sudah mulai bergerah mengejar bayangan yang ada dicermin anda ganti dengan tengan anda, lakukan cara ini setiap hari agar ikan terbiasa mengejar tangan anda.

5. Menggunakan patung ikan yang mirip

Ikan chana merupakan ikan yang akan menjaga wilayah teritorinya , apabila anda mengunakan patung yang mirip dengan ikan chana anda, maka ikan tersebut akan mengira patung tersebut sebagai ancaman yang akan mengganggu teritorinya , otomatis ikan akan lebih galak  
 
Itulah 5 cara yang bisa dicoba untuk melatih mental ikan chana Anda agar cepat galak, dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan untuk hasil yang maksimal dan terbentuk mental yang stabil, selamat mencoba.