7 Tips Alami Hilangkan Bau Badan yang Efektif

tips alami hilangkan bau badan
 

Apabila kita sedang dalam kerumuan orang banyak kemudian tiba-tiba tercium bau badan yang menyengat tentu akan terganggu bukan, terlebih disuatu acara besar. Kalian boleh saja menyalahkan orang lain, tapi cobalah berfikir kembali kalau bau badan tersebut terjadi pada diri kalian.

Perawatan yang baik seperti dengan mandi rutin tiap hari akan mencegah timbulnya bau badan berlebihan. Tapi kadang ada juga badan seseorang yang tetap bau meski udah rajin mandi dua kali sehari. Mungkin ini membutuhkan perawatan khusus secara alami.

Selain itu kebiasaan seseorang juga akan mempengaruhi bau badan kita mulai dari makanan, pakaian, hingga aktivitas sehari-hari. Memang bau badan bisa disebabkan oleh banyak hal, ada yang menghindarinya dengan pemakaian parfum atau deodoran. Kadang cara tersebut juga masih kurang karena sifatnya hanya sementara, sedangkan bau badan akan muncul lagi setelah efek parfum hilang.

Terus bagaimana supaya bau badan pada tubuh kita bisa diatasi secara alami?
Sebelumnya kalian harus pahami dahulu, bahwasanya bau badan yang menyengat itu terjadi karena jamur atau kuman yang bercampur dengan keringat. Tubuh berkeringat biasanya setelah melakukan aktivitas yang berat, olah raga, bekerja dan kegiatan lainya.

Tips Alami Hilangkan Bau Badan


1. Menggunakan Daun Sirih

Dikutip dari manjadda.com, kalau bahan alami seperti Daun Sirih memiliki memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk menghilangkan bau badan dan ketiak dengan cepat. Hal tersebut karena di dalam daun sirih terdapat kandungan zat antioksidan yang mampu untuk membunuh kuman dan jamur.
Kalian cukup pakai ramuan ini secara teratur : Cara nya dengan merebus kurang lebih 9-10 lembar daun sirih, sesudah itu gunakanlah hasil rebusan tersebut untuk mandi atau anda juga dapat meminumnya.

2. Pakai Jeruk Nipis

Selain daun sirih berikutnya ini adalah jeruk nipis, ternyata buah yang diketahui memiliki banyak manfaat ini juga mampu mengatasi bau badan.

Caranya menggunakannya cukup mudah, potong tipis jeruk nipis, lalu taburi dengan sedikit kapur sirih. kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Jangan lupa yang teratur supaya ada perbedaannya.

3. Dengan Cengkeh

Cengkeh mengandung zat aktif untuk anti inflmasi dan anti bakteri. Itu berarti bisa anda manfaatkan untuk membuat deodoran alami. Caranya cukup mudah, anda rendam cengkeh pada air hangat sampai mengembang, kemudian minum air hasil rendaman tersebut. Dapat juga dioleskan langsung di area ketiak dan jangan lupa setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Tomat

Tak disangka tomat yang sering kita jumpai dapat dimanfaatkan sebagai ramuan alami atasi bau badan. Siapkan 1-2 buah tomat yang masih segar, lalu aduk sampai menjadi bubur atau diblender juga lebih cepat.

Kemudian hasil bubur tomat itu anda oleskan pada ketiak anda secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dalam beberapa minggu, setelah itu baru rasakan khasiatnya.

Baca juga :
- 5 Kebiasaan Buruk Di Pagi Hari yang Tidak Sehat
- 6 Manfaat Daun Ketapang yang Wajib Diketahui

5. Konsumsi Daun Beluntas

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa makanan yang kita konsumsi tiap hari akan mempengaruhi bau badan. Daun Beluntas mengandung zat alkali dan juga mengandung aroma yang kuat akan mengurangi bau badan kita.

Caranya : yakni dengan menggunakan daun beluntas sebagai bahan lalap (dimakan mentah), selain itu dapat juga direbus namun air nya yang diminum.

6. Bunga Kecombrang

Cara menghilangkan bau badan berikutnya dengan menggunakan bunga kecombrang. Tidak hanya daun beluntas, bunga kecombrang memiliki kandungan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Kandungan zat dan nutrisi itu bakal berguna supaya menghilangkan bau badan yang tak sedap.

Cara menggunakan manfaat bunga kecombrang untuk hilangkan bau badan adalah dengan menumbuk kasar batang dan bunga kecombrang. Setelah itu Anda gunakan hasil tumbukan itu sebagai sabun ketika mandi.

7. Daun Kemangi

Daun kemangi salah satu tanaman alami yang memiliki kandungan minyak atsiri, ini dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Terlebih lagi kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik.

Untuk memanfaatkan kemangi dalam mengurangi bau badan tubuh kita, maka bisa dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Setelah itu kita tumbuk hingga kering dan hasilnya dapat diseduh dengan air panas seperti saat kita membuat teh.  Atau kalau ingin konsumsi secara langsung daun kemangi bisa dijadikan lalapan ketika sarapan dan saat makan malam.

Penutup
Dari tujuh tips alami menghilangkan bau badan, poin paling utama kita adalah tetap menjaga mandi secara teratur, sedangkan ramuan alami sebagai penangkal bau badan dan bau ketiak yang berlebihan.

Add Comments


EmoticonEmoticon