Cari Tahu ‘WiFi Only’ di iPhone Artinya Apa, Sebelum Membeli

Daftar Isi
arti wifi only di iphone

Ketika ingin membeli iPhone, terutama dalam kondisi bekas, Anda biasanya akan menemukan produk dengan keterangan ‘WiFi Only’. Tidak banyak orang yang menyadari WiFi only di iPhone itu artinya apa ya? Lalu apalagi, pengaruhnya setelah membeli smartphone dengan keterangan itu. 


Biasanya iPhone dengan keterangan ini diberi harga lebih rendah dari harga rata-rata iPhone di kelasnya. Karena itu, banyak orang yang tertarik untuk membeli namun mengabaikan keterangan ini dan tidak mencari tahu lebih banyak. 


WiFi Only di iPhone Artinya Apa?


Walaupun Anda membeli iPhone dalam kondisi bekas, Anda pasti tetap ingin mendapatkan iPhone dengan kualitas yang bagus. Karena itu, Anda harus mencari tahu informasi mengenai keterangan tambahan pada iPhone WiFi Only. 


Jika Anda menemukan iPhone dengan keterangan WiFi Only. Maka, bisa dipastikan bahwa perangkat yang dijual tersebut tidak memiliki konektivitas data seluler. Jadi, iPhone tersebut hanya bisa tersambung ke internet melalui jaringan WiFi saja. 


Anda tidak menggunakan paket data dan menggunakannya untuk berinternet seperti iPhone yang masih normal. Walaupun bisa dikatakan sebagai bagian dari kerusakan, namun sebenarnya iPhone dengan keterangan ini masih bisa digunakan. 


Kekurangan terbesar hanyalah Anda harus memastikan selalu memiliki sumber WiFi dekat Anda. Anda juga mungkin harus membeli perangkat tambahan seperti MiFi untuk iPhone dengan keterangan ini. Maka dari itu jika hendak membeli iPhone dengan kondisi bekas yang bisa dipasang SIM card, pastikan ada keterangan All Operator / Provider di iPhone juga tanyakan langsung ke penjual online supaya lebih yakin lagi.


Alasan Mengapa iPhone Dalam Kondisi WiFi Only 

Setelah mengetahui WiFi only di iPhone artinya apa, Anda mungkin merasa penasaran mengapa sebuah perangkat iPhone bisa sampai di kondisi WiFi only. Kerusakan seperti apa yang menyebabkannya? Berikut adalah berbagai alasan yang mungkin terjadi: 


1. iPhone Rusak di Bagian Kartu SIM 


Alasan pertama yang mungkin terjadi adalah karena ada kerusakan pada bagian kartu SIM. Hal ini membuat iPhone tidak bisa membaca kartu SIM yang masuk. Jika alasannya ini, tidak hanya akses yang mengandalkan WiFi saja. Anda tidak bisa menelepon dan memasukkan nomor pada iPhone. 


2. iPhone Merupakan ByPass


Alasan yang kedua, iPhone merupakan iPhone yang sudah mengalami proses bypass. Proses bypass adalah proses pembukaan secara paksa pada perangkat iPhone yang pada awalnya terkunci. Proses ini memang efektif untuk membuka kembali iPhone. 


Namun akan langsung memutus akses internet lewat data seluler. Selain itu, jika penyebab status WiFi only dari iPhone adalah karena bypass. Lebih baik Anda menghindarinya karena kemungkinan besar, iPhone Bypass adalah perangkat curian. 


3. IMEI Sudah Diblokir


Anda pasti banyak mendengar berita mengenai perangkat iPhone yang terblokir begitu sampai di Indonesia. Menurut kebijakan baru dari Pemerintah Indonesia, perangkat iPhone yang masuk ke Indonesia memang harus melalui pendaftaran IMEI terlebih dahulu. 


Jika tidak mendaftarkan IMEI, maka perangkat akan diblokir dari jaringan Indonesia. Tentu saja, hal ini membuat iPhone tidak bisa digunakan di Indonesia dan hanya bisa mengandalkan jaringan WiFi saja. 


Masalah ini seringkali terjadi pada iPhone yang dibeli dari luar negeri. Dapat terjadi juga pada iPhone bekas yang pemakaiannya selama ini secara internasional. Jika penyebabnya adalah hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mendaftarkan IMEI perangkat tersebut. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk dapat mengakses jaringan internet seluler. 


Akhir Kata


Dengan mengetahui WiFi only di iPhone artinya apa, Anda bisa lebih berhati-hati dalam membeli perangkat iPhone. Terutama, jika Anda ingin membeli dalam kondisi bekas. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mendapatkan iPhone dalam kondisi maksimal walaupun bekas. 

Posting Komentar