All Operator / Provider di iPhone Apa Artinya, sih?

apa arti all operator di iphone

iPhone adalah salah satu merek ponsel pintar yang saat ini sangat populer. Namun, ada beberapa istilah dalam registrasi iPhone yang mungkin agak membingungkan. Misalnya, apa itu IMEI? All operator / provider di iPhone apa artinya? Biasanya itu tertaut dalam jual beli secara online pada deskripsi atau keterangan suatu produk.


Oleh karena itu, kami menyiapkan beberapa penjelasan terkait beberapa hal tersebut.


All Operator / Provider di iPhone Apa Artinya?

Terkait dengan penggunaan provider atau operator jaringan, iPhone bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Unlocked iPhone dan Locked iPhone. Berikut adalah penjelasannya.


👉 Unlocked iPhone


Unlocked iPhone bisa diartikan sebagai iPhone yang terbuka atau tidak terkunci. Hal ini maksudnya adalah iPhone ini bisa menggunakan operator jaringan seluler manapun yang berbeda-beda.


Pemilik iPhone yang tidak terkunci ini bisa menggunakan operator / provider apapun sesuai keinginan, baik operator seluler lokal atau operator internasional. Pemilik bisa menggunakan operator seluler lokal seperti Telkomsel, XL, Tri, Smartfren, Indosat, dan operator lain.


iPhone yang tidak terkunci ini sangat bermanfaat karena pengguna bisa berganti operator seluler dimanapun dan kapanpun, tanpa perlu membeli unit ponsel pintar baru.


👉 Locked iPhone


Kebalikan dari Unlocked iPhone, Locked iPhone adalah ponsel pintar iPhone yang terkunci. Maksudnya disini, iPhone itu terkunci dan terbatas untuk satu operator / provider saja.


Biasanya, hal ini terjadi karena iPhone telah memiliki perjanjian kontrak dengan salah satu operator / provider yang menyebabkan beberapa seri ponsel pintarnya hanya bisa menggunakan operator / provider tersebut.


Apabila ada suatu kondisi yang mengharuskan pemilik ponsel mengganti kartu SIM dari operator ini, pemilik ponsel harus membayar sejumlah biaya untuk membuka kunci. Atau yang paling buruk adalah harus membeli ponsel pintar baru. 


Locked iPhone ini juga memiliki kekurangan lain, yaitu terbatasnya layanan. Setiap operator / provider pasti memiliki kelebihan dan penawaran paket masing-masing, jadi pemilik hanya bisa menggunakan layanan dari satu provider walaupun mungkin harganya tidak terjangkau.


Terbatasnya layanan ini juga bisa terjadi saat pergi ke daerah tertentu atau negara lain. Fitur dan layanan suatu operator / provider ini bisa saja tidak tersedia atau sulit diakses.


Baca juga: Apa Istilah di iPhone dari Silent Camera


Pastikan IMEI iPhone Terdaftar


Selain memperhatikan jenis iPhone terkait operatornya, hal penting lain yang harus Anda pastikan adalah IMEI ponsel yang terdaftar.


IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas yang dimiliki oleh ponsel, komputer, maupun tablet yang didasarkan pada Subscriber Identification Module (SIM). IMEI ini menunjukkan tanda bahwa sebuah ponsel tersebut ponsel dan legal.


IMEI ini sangatlah penting. Anda tidak akan bisa mengakses jaringan seluler manapun tanpa IMEI. ponsel tanpa IMEI biasanya adalah ponsel yang didapatkan secara ilegal, ponsel selundupan, atau yang didapatkan dengan melanggar hukum.


Walaupun mungkin iPhone Anda tidak terkunci atau all operator / provider, layanan ini tidak bisa digunakan apabila iPhone tersebut tidak memiliki IMEI atau nomor identitas resmi. Oleh karena itu, pastikan iPhone Anda terdaftar secara resmi dan memiliki IMEI.


Pastikan juga jenis IMEI yang digunakan. Ada jenis IMEI sementara untuk jangka waktu 3-6 bulan. IMEI jenis ini biasanya digunakan oleh seseorang yang harus tinggal di Indonesia dalam jangka waktu tertentu, dan tidak tinggal secara permanen. 


Apabila masa berlakunya habis, IMEI akan otomatis hilang dan iPhone tidak akan bisa berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan ponsel dengan IMEI yang permanen.


Penutup dan Kesimpulan


Jadi, kalau ditanya, all operator / provider di iPhone apa artinya? Artinya, iPhone tersebut bisa untuk menggunakan provider apa saja yang membuat perangkat menjadi lebih fleksibel. Namun, iPhone all operator juga harus memiliki IMEI yang terdaftar dan legal agar bisa berfungsi dengan lebih baik dan sempurna.