6 Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android (Tanpa Root)

aplikasi screenshot android
 

Awalnya kami kira kalau melakukan screenshot hanya bisa dilakukan melalui pc, dengan berkembangnya teknologi gadgat seperti yang kita rasakan sekarang ini untuk screenshot dapat dilakukan melalui ponsel pintar. Android adalah salah satunya sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Sebetulnya untuk menjalankan fitur screenshot pada smarphone Android tidak memerlukan aplikasi seperti salah satu contoh yang telah kami tulis pada artikel sebelumnya tentang cara screenshot pada Samsung Galaxy J3.

Di sisi lain ada alasan tersendiri ketika kita memutuskan untuk menggunakan bantuan aplikasi dalam melakukan tangkapan layar ponsel. Seperti misalnya tombol power ponsel tidak berfungsi atau dengan alasan supaya tombol power dan tombol volume tidak cepat rusak karena digunakan untuk melakukan screenshot terus menerus.

Dengan bantuan aplikasi, maka screenshot di Android tanpa perlu menekan tombol lagi, karena kita melakukannya dengan beberapa sentuhan saja. Baiklah, berikut ini beberapa aplikasi yang siap anda gunakan buat melakukan screenshot di Android dengan mudah.

1. Screenshot Ultimate

 

 
Ini merupakan sebuah aplikasi penangkap layar Android sesuai dengan namanya (screenshot) terbaik dengan berbagai fitur unggulan. Aplikasi ini dibekali dengan 16 cara untuk pengambilan screenshot dari tampilan layar yang kita inginkan. Hasil format gambar yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut adalah PNG dan JPG. Untuk ini kami tidak menyediakan link download langsung, namun anda dapat memperolehnya melalui Play Store.

2. Screenshot Touch


Berikutnya ada Screenshot Touch, aplikasi tangkap layar Android ini tidak hanya bisa menggambil gambar, akan tetapi juga bisa kita fungsikan untuk merekam video. Jika kamu mau menjalankan cukup buka aplikasi lalu klik menu “start capture monitoring service” kemudian tab Floating Widget. Dengan begitu Kamu bisa memulai mendapatkan tangkapan sesui keinginan.

3. Az Screen Recorder


Sebetulnya ini merupakan aplikasi untuk merekam layar Android terbaik dan gratis tanpa ada batasan waktu, aplikasi ini juga masuk daftar aplikasi perekam layar Android terbaik. Tetapi dengan banyaknya fitur yang tersedia maka aplikasi ini juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan screenshot.

Download Az Screen Recorder | via Play Store


Caranya :
- Buka aplikasinya, maka nanti akan muncul di sisi layar dan Anda klik hingga muncul beberapa menu pilihan.
- Untuk melakukan screenshot anda cukup tab icon camera yang berwarna hijau maka layat yang telah Anda tentukan akan segera tertangkap menjadi bentuk foto.

 

4. Anotasi Foto - Screen Master


Kadang kita menginginkan aplikasi yang lebih ringan supaya memori tidak cepat penuh. Tetapi kamu membutuhkan alat tambahan buat screenshot WhatsApp misalnya, tenang saja kami rekomendasikan Screen Master yang hanya berkapasitas 5Mb untuk Android. Meski kecil aplikasi ini mampu memperoleh tangkapan dengan resolusi HD yang bisa langsung kita simpan hasilnya ke memori external, sangat bagus bukan? Download via Google Play Store

screen master
 

Ini belum selesai, masih ada 2 (dua) aplikasi screenshot terbaik Android yang kami rekomendasikan untuk anda pakai, yaitu.

5. Screenshot Easy


Screenshot Easy termasuk aplikasi besutan Ice Cold Apps yang akan memudahkan anda dalam mengambil screenshot di Android. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain, Screenshot Easy menyediakan beragam metode pengambilan screenshot yang cocok untuk Android anda miliki.

Dengan Screenshot Easy, kamu bisa mengambil screenshot dengan mudah dan cepat tanpa harus menekan tombol kombinasi tertentu. Keunggulan lain setelah anada melakukan screenshot dengan aplikasi tersebut, berikutnya kita bisa langsung edit terlebih dahulu sebelum gambar dibagikan.

6. Scroll Capture for Web


Yang terakhir, siapa yang menginginkan tangkapan layar panjang atau dengan kata lain screenshot panjang, begitulah kira-kira. Sesuai nama aplikasi Capture for Web, nah kalau kita mengunjungi web berupa artikel pastinya memerlukan Scroll untuk membaca dari atas ke bawah. Menariknya kita bisa melakukan screenshot seluruh laman web dengan aplikasi tersebut, nah tunggu apa lagi coba deh sekarang juga.

Itulah aplikasi screenshot terbaik untuk Android dan tanpa harus root, dan apakah kalian memiliki aplikasi lain untuk melalukan penangkapan di layar Android yang lebih bagus lagi? Anda bisa sampaikan pada kami melalui kolom komentar, sekian terima kasih.