19 Februari 2015

Makanan Khas yang Disajikan Saat Imlek


Makanan apa sajakah yang disajikan saat IMLEK?
Tahun baru IMLEK Tak hanya menyajikan kemeriahan dalam perayaannya saja. Di sisi lain, Tahun Baru Imlek yang baru  dinikmati untuk yang merayakannya ternyata menyisakan berbagai mitos, takhayul atau kepercayaan-kepercayaan seputar tradisi perayaan Imlek.

Sejak dahulu, perayaan Imlek memang menjadi sebuah perayaan meriah bagi masyarakat Tionghoa, khususnya di negeri asalnya, yaitu China dan juga negara yang mayoritas berpenduduk Chinese, seperti Taiwan dan Hong Kong. Penetapan Tahun baru Imlek atau yang juga dikenal dengan sebutan Chinese New Year (Tahun Baru China) ini menggunakan perhitungan sistem kalender lunisolar, yaitu gabungan dari sistem kalender bulan dan kalender matahari.


Tahun Baru Imlek secara tradisi telah diperingati masyarakat Tionghoa seluruh dunia sejak ribuan tahun lalu. Berdasarkan sejarah, Imlek dirayakan pertama kali di Tiongkok pada 4699 oleh raja pertama Huang Ti. Secara tradisi, penyambutan Imlek diisi dengan aktivitas mendandani rumah dan dirinya sendiri dengan pakaian baru, membuat aneka macam kue, membersihkan rumah dan tempat ibadah, menyiapkan angpau dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan agar ke depannya, tahun baru dapat mengubah segalanya menjadi baru (Yik Nien Fuk Se, Wan Siang Keng Sin).

Perayaan Tahun Baru Imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan hari raya Cap Go Meh atau Yuan Xiaojie dalam bahasa Tionghoa. Hari raya tradisional Cap Go Meh adalah malam pertama bulan purnama setiap tahun baru. Pada malam itu, rakyat Tiongkok memunyai kebiasaan memasang lampion berwarna-warni.

Nah, yang menarik dari prosesi perayaan adat dan tradisi tahun baru Imlek, ternyata juga diikuti oleh mitos seputaran perayaan Imlek diantaranya Mitos Tentang makanan.Makanan menjadi bagian penting dalam tradisi Imlek.Tak sekedar enak dan istimewa. Makanan juga dapat memberikan keberuntungan di tahun baru. Namun ada pula makanan yang dihindari agar tidak membawa nasib buruk.


Ada 11 Makanan yang memiliki Mitos saat Perayaan Imlek
1. Jeruk:   2.Mie:  3. Ayam:  4. Dumpling:
5. Delima: 6. Vegetarian: 7. Makanan Putih: 8. Prosperity Tray(berisi 8manisan khas imlek):
9. Ikan:  10. Bubur:  11. Kue Keranjang:


Tambahan

 Apel,  Pear,  Kue Lapis,  Kue Maho/Kue Mangkok,  Kue Bulan,

 Daging Babi,  Yu Sheng, Buah Naga.



Terimakasih atas kunjungannya
semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita ya ,amin.
 

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon