12 Jul 2015

4 Tips Memilih Laptop Gaming



Bagaimana sebuah laptop layak disebut sebagai laptop gaming? Jawabannya adalah, kalau laptop itu bisa untuk main game kelas sedang, bahkan kelas berat (dengan settingan minimal moderat) dengan lancar, maka laptop itu layak disebut laptop gaming. Ada 4 tips  dalam memilih laptop gaming yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli laptopnya.

Dikarenakan perindusterian dalam dunia game juga dipengaruhi oleh perkembangan dunia IT (Ilmu Teknologi), sehingga saat ini banyak sekali diiklankan laptop gaming dengan embel-embel harga yang murah. Berbagai vendor laptop mulai membuat konsumen bingung dalam memilih laptop dalam sejatinya untuk digunakan bernain game. Untuk itu dengan adanya tips yang akan kami sampaikan setidaknya bisa membantu anda yang bingung dengan hal tersebut.

Sebenarnya, laptop atau Notebook bukanlah pilihan ideal untuk digunakan bermain game apalagi game 3D yang cukup membuat CPU bekerja dengan keras. Karena yang idealnya untuk bermain game yang cukup berat adalah merakit atau membeli PC Desktop.
Untuk memilih laptop gaming yang tepat bisa jadi hal yang sangat merepotkan bagi kita. Apalagi untuk kita yang belum mengenal atau masih awam terkait dengan teknis hardware.
Berikut ada 4 tips yang perlu kita perhatikan saat mau memilih laptop gaming.

1. Prosessor
Saat ini banyak laptop murah (terjangkau) yang sudah dilengkapidengan memiliki prosessor yang memadai. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, untuk harga laptop dengan prosessor Core 2 Duo saja bisa mencapai 8 jutaan. Prosessor menjadi komponen yang pentingpada sebuah laptop. Prosessor menjadi penilaianawal performa sebuah laptop, tidak cuma diukur dengan tingginya GHz sajayang menjadi acuan tetapi jumlah inti otak, arsitektur dan sistem hyper theading juga diperhitungkan.

2. VGA Card
Selain Prosessor, komponen ini merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah laptop gaming.
VGA Card merupakan komponen penghasil visualisasi pada sebuah laptop. Kalau VGA Card sudah rusak maka visualisasi pada laptop akan terganggu. Memilih VGA Card pada sebuah laptop itu memang gampang-gampang susah. Karena kadang terjadi dilema dimana prosessor memiliki kinerja yang tinggi sedangkan VGA Card memiliki kinerja yang rendah. Dengan spesifikasi seperti itu sangat susah diandalkan untuk setting dan bermain game di performa yang tinggi.

3. Hard Drive
Komponen ini juga berpengaruh dalam menentukan kinerja sebuah laptop. Saat ini Hard Drive yang paling bagus adalah tipe SSD (Solid State Drive). Hard Drive tipe ini memungkinkan memberikan kecepatan transfer hingga 2 atau bahkan 4 kali lipat Hard Drive biasa, selain itu Hard Drive jenis ini juga memiliki keunggulan dari Hard Drive biasa, seperti tahan dari goncangan karena SSD tidak lagi menggunakan disk yang berputar, ringan dan irit daya. Keunggulan dalam menggunakan Hard Drive adalah waktu booting yang cepat, cepat dalam membuka game dan trensfer atau pembacaan drive yang cepat. Pada saat sebuah aplikasi berat dijalankan, saat itu Hard Drive membaca kecepatan transfer yang cepat dan berpangruh dalam kelancaran bermain game.

4. RAM
RAM juga termasuk hal penting yang patut diperhitungkan, karena game yang kompleks saat ini memakan memori yang besar untuk memberikan pengalaman gaming yang maksimal. Jngan berharapbesar kalau RAM yang kalian pakai masih di bawah 8GB. Laptop gaming juga punya sesuatu yang disebut VRAM, pastikan vram yang kalian pilih lebih dari 2GB kalau kalian pengen main game dalam resolusi tinggi. Intinya semakin besar RAM semakin baik.


Itulah 4 tips memilih laptop gaming yang bisa saya sampaikan, dan apabila ada salah kata yang menyinggung perasaan Anda saya minta maaf.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon