Cara Cek Batas Maksimal RAM Laptop / PC OS Windows

cara cek batas maksimal ram laptop
 

Tahukah kamu bahwa perangkat laptop atau komputer yang kita pakai semakin bertambahnya aplikasi dan update secara teratur bakal menurunkan performa perangkat, jika kita tidak memberikan tindakan seperti upgrade RAM. Nah, RAM atau random-access memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika sebuah prosesor membutuhkan.

Mungkin kalian sudah lebih paham akan hal itu, namun yang akan kita kasih tahu kali ini adalah ketika Anda hendak meng-upgrade atau menambah kapasitas sebuah RAM pastikan dahulu telah mengetahui batas maksimal memori RAM dari perangkat laptop / komputer. Setiap perangkat punya kapasitas RAM maksimal masing-masing dan kalau kita memaksakan dampaknya sisanya tidak akan terpakai.

Untuk itu sangat penting untuk cek besarnya kapasitas maksimal RAM sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli, karena harganya semakin besar ukuran juga tidak murah. Langsung saja berikut ini caranya,

Cara Cek Maksimal RAM Laptop / PC (Windows)


Caranya sebenarnya sangat mudah tapi tidak sumua orang tahu hal ini karena memerlukan sebuah perintah cmd. Bahwa untuk memulainya kita perlu menjalankan Command Prompt (Windows).

1. Untuk membukanya melalui fungsi run, kamu tekan tombol keyboard (Win/Start + R), setelah muncul dialog ketik cmd lalu klik ok.

2. Setelah program terbuka kamu ketik wmic memphysical get MaxCapacity, MemoryDevices -> kemudian tekan Enter.

Dan seketika kamu akan menemukan informasi yang diinginkan.

 


Bahwa informasi kapasitas maksimal tercatat dalam satuan Kilobita, sementara untuk satuan 1 Gigabita = 1000000. Jadi kalau kita melihat informasi pada gambar menunjukkan anggka 8388608 Kb, artinya perangkat tersebut batas maksimal RAM yang dipasang hanya mencapai 8,3 Gb.

Sementara ada informasi lain adalah setelah tulisan angka RAM ada angka 2 yang merupakan jumlah slot untuk meletakkan RAM pada perangkat itu. Jadi kita bisa mengetahui tanpa membongkar casing laptop atau pc kita terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, operasi sistem Windows yang kamu install juga harus disesuaikan supaya RAM yang berukuran besar bisa terbaca oleh system. Kamu bisa sesuaikan OS Windows apakah menggunakan 32-bit atau 64-bit sesuaikan melalui tabel berikut ini.

Sistem Operasi
32-bit 64-bit
Windows 7 Professional 4 GB
192 GB
Windows 8 Enterprise 4 GB
512 GB
Windows 10 Pro 4 GB
2 TB

 

Cara Cek Kapasitas RAM

Setelah mengetahui batas maksimal kapasitas RAM perangkat PC yang kalian gunakan kemudian kamu hendak upgrade yang lebih besar. Akan tetapi kamu lupa besarnya RAM yang digunakan saat ini, maka kamu harus lihat caranya disini Cara Cek Kapasitas RAM Laptop atau Komputer.

Add Comments


EmoticonEmoticon