16 Feb 2016

Cara Mengetahui Teman yang Sedang Aktif di Facebook


Awal mula menggunakan facebook saya sempat bingung kalau ingin mengetahui teman kita lainnya yang sedang aktif juga di facebook. Padahal tidak ada cara khusus untuk mengetahuinya, namun kerena belum paham dengan kegunaan menu-menu dalam facebook yang ada. Setelah tahu pun karena tidak di sengaja ketika teman saya yang sedang sama-sama bermain facebook meng klik menu obrolan yang kemudian memperlihatkan nama teman yang ditandai titik besar berwarna hijau. Disitulah akhirnya saya mengetahui teman saya yang sedang aktif di facebook.

Setelah mengatahui lebih lanjut ternyata kita bisa mengakali menu obrolan supaya kita tidak kelihatan pada obrolan teman lain. Jadi kita sebenarnya sedang aktif di facebook namun pada pemberitahuan obrolan teman kita yang lain sedang tidak aktif. Caranya dengan nonaktifkan atau matikan obrolan facebook. Anda juga masih bisa mengirim ataupun menerima pesan dari orang lain, tepi dengan status Anda sedang tidak aktif padahal Anda masih berada di facebook.

Kalau seperti itu tentu saja Anda juga tidak mengetahui teman kita siapa saja yang sedang aktif pada menu obrolan karana sudah dimatikan tadi. Untuk mengetahuinya lagi, mungkin Anda ingin tahu berapa jumlah teman kita yang masih aktif di facebook. Kita bisa aktifkan lagi menu obrolan facebook dengan cara sebagi berikut.

Cara Mengetahui Teman yang Sedang Aktif di Facebook
1. Pastikan Anda sudah terhubung dengan akun facebook Anda
2. Kalau melalui komputer Anda lihat tampilan facebook pada sisi pojok kanan bawah ada menu dengan nama Obrolan,

Setelah diklik kemudian obrolan akan terbuka. Kalau sebelumnya Anda tidak matikan obrolan maka teman aktif akan langsung muncul, namun kerana Anda tadi matikan obrolan jadi harus aktifkan dulu. Dengan klik tombol roda bergigi, kemudian pilih ‘Nyalakan Obrolan’.

3. Sedangkan untuk Anda yang melalui ponsel menu obrolan sudah berada pada beris menu utama facebook seperti beranda, profil, pesan, pemberitahuan, dan Obrolan serta lainnya.


Anda bisa lihat siapa saja yang masih aktif di facebook dan kalau Anda mengirim pesan pada mereka kemungkinan besar dibalas segera. Sebaliknya juga, setelah Anda menyalakan obrolan pastinya teman lain juga akan melihat kalau Anda sedang online di facebook. Kalau kita mengetahui teman aktif di facebook melalui pesan, jika kemudian ia meninggalkan obrolan akan ada pemberitahuan berupa tulisan di bawah nama pengguna “Aktif sekitar 30 menit yang lalu”. Itu artinya teman Anda baru keluar dari Facebook sekitar 30 menit yang lalu, sehingga pesan dari Anda tidak langsung dibalas.

Sekarang kita tahu kalau menu obrolan digunakan untuk meliat teman kita yang sedang aktif di facebook serta mengaktifkan obrolan supaya teman kita tahu kalau Anda sedang aktif dan masih berada di facebook.

Artikel Terkait

Load comments