15 Jun 2016

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah Gurih dan Renyah



Anda sebagai orang Jawa pasti sudah pernah kan mencoba makanan ringan yang namanya rempeyek, rasanya yang gurih dan juga renyah ketika dimakan. Secara umum, bahwa rempeyek merupakan sebuah gorengan berbahan tepung beras yang dicampur dengan air sehingga membentuk adonan yang kental dengan diberi bumbu utama yaitu garan dan bawang putih. Untuk bahan pengisinya yang khas adalah kacang tanah, kacang hijau atau bisa juga dengan kedelai, selain itu ada juga yang menggunakan selain kacang seperti ikan teri, udang kecil atau laron namun ini biasanya sebagai lauk makan.

Rempeyek atau peyek kacang tanah sudah banyak diperjualbelikan di warung-warung dan juga pasar, baik itu dikemas dalam plastic ataupun dalam stoples. Makanan ini lebih dikenal sebagai lauk pengiring makanan. Apalagi bagi masyarakat pedesaan yang kerap menyelenggarakan acara adat seperti nikahan, maka yang namanya rempeyek tidak pernah tertinggal.

Kalau kita lihat bahwa bentuk rempeyek hampir mirip dengan gula kacang, hanya saja kalau adonan rempeyek itu lebih tipis dan warnanya yang kekuningan. Berbeda lagi dengan gula kacang yang warnanya cokelat karana menggunakan gula kelapa. Sedangkan bahan, bumbu dan resep cara membuat rempeyek yang gurih dan renyah disajikan sebagai berikut.

Baca juga : Resep Membuat Gula Kacang

Membuat Rempeyek Kacang Tanah
Bahan :
1. 300 g kacang tanah, dipotong-potong
2. Tepung beras putih 250 g
3. Santan dari ½ butir kelapa atau 2 gelas santan kelapa
4. Air kapur sirih 1 senok teh
5. Telur 1 butir dikocok
6. Daun jeruk purut 2 lembar, diiris halus

Bumbu :
1. Kemiri 4 butir
2. Tumbar 1 sendok teh
3. Kencur ½ ibu jari
4. Bawang putih 25 g
5. Garam 1 sendok makan
6. Minyak goring secukupnya

Cara membuatnya :
- Pertama seluruh bumbu kita haluskan dulu, kemudian bumbuh yang sudah dihaluskan tersebut lalu campurkan dengan santan, garam, telur, dan air kapur sirih sambil diaduk sampai garam larut.
- Campurkan dengan tepung beras putih dan diaduk terus hingga tercampur rata.
- Berikutnya tambahkan kacang tanah dan daun jeruk purut.
- Setelah itu goreng adonan dengan minyak yang sudah cukup panas.
- Ingat bahwa penggorengan rempeyak dilakukan hingga berwarna kuning kecoklatan supaya hasilnya gurih dan renyah.

Untuk penggorengannya biasanya adonan rempeyek disendok dengan centong berbahan alumunium lalu dituangkan kedalam wajan yang sudah berisi minyak yang mendidih. Rempeyek siap disajikan untuk dijadikan cemilan di rumah dan jangan lupa simpan dalam wadah yang tertutup rapat supaya tidak mudah ames.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon