12 Jul 2016

Cara Mencegah dan Penyebab Aplikasi Android Install Sendiri


Dengan cara mencegah aplikasi yang terinstall dengan sendiri kadang kita menjadi jengkel dengan smartphone yang dimiliki. Untuk itu harus segera menghentikan sebuah aplikasi yang terus download dan muncul tanpa diundang. Kita pun sebelum melakukan penanganan lebih lanjut supaya tahu dulu apa penyebabnya, setelah diketahui baru diatasi masalahnya.

Setelah diselidiki bahwa salah satu penyebabnya yang pertama dikarenakan aplikasi yang telah anda install ada yang mengandung adware atau virus sehingga hp android menjadi mendownload aplikasi sendiri. Selain itu kadang kita dihadirkan 5 buah aplikasi yang terpasang sendiri seperti APUS, WiFi Master Key, 360 Scurity, Superb Cleanner, dan Hola Laucher. Mungkin anda juga pernah menjumpai aplikasi tersebut?

Ada juga yang menjadi penyebab hal ini, menurut informasi bahwa belum lama ini kalau hacker atau peretas menemukan sebuah celah di smartphone android. Hacker bisa install aplikasi pihak ketiga di android melalui remot jarak jauh, dengan begitu maka aplikasi yang tidak memberikan notifikasi apapun secara otomatis akan nada di menu android kita.

Aplikasi Android Install Sendiri
Setelah kita tahu sedikit penyebabnya kenapa aplikasi android bisa terinstal sendiri, berikutnya kita ketahui cara mencegahnya. 

  • Nonaktifkan Auto Update pada Google Play Store
Google Play Store merupakan sumber aplikasi terbanyak dan terlengkap untuk smartphone android, jadi dengan nonaktifkan auto apdate aplikasi dari situs tersbut bisa mengurangi adanya aplikasi yang terinstal sendiri.
Caranya :
1. Buka Play Store lalu anda pilih Settings/pengaturan
2. Kemudian klik tab Auto-update apps lalu pilih Do not auto update apps
Aplikasi Android Install Sendiri

Kadang cara tadi masih belum terasa hasilnya, karena kita tidak tahu performa smartphone android akan beda-beda. Jadi harus memaklumi kalau ini belum memberikan hasil positif pada hp anda tapi coba dulu cara berikutnya.

  • Matikan atau Nonaktifkan Instal dari sumber tidak diketahui
Ketika kita akan install sebuah aplikasi dari file apk maka pengaturan security pada bagian unknown source harus dicentang, dan untuk nonaktifkan adalah berikut ini.
1. Anda buka menu setting di smartphone android
2. Kemudian selanjutnya pilih tab General – Scurity
3. Dan yang terakhir hilangkan tanda centang pada kata “Unknow source”
Aplikasi Android Install Sendiri
 
  • Menginstall antivirus untuk Android
Kalau masalah keamanan setelah menginstal aplikasi antivirus di android belum menjadikan keamanan lebih. Namun setidaknya setelah memasang aplikasi antivirus di hp android bisa aman dari serangan virus yang mengganggu kinerja smartphone kita. Saran saya aplikasinya yang bisa anda cari di Play Store adalah bernama Mobile Security & Antivirus AVAST Software.
Install aplikasi Cleanner Lite
Sebuah aplikasi untuk android bernama Clean Master Lite ini bisa diapatkan juga di Play Store, aplikasi tersebut berguna untuk mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar yang dapat menguras baterai hp android kita. App tersebut merupakan program yang paling efektif dan aman dalam membersihkan serta memiliki kemampuan yang hebat dalam meningkatkan kecepatan perangkat Android.

  • Dan yang terakhir adalah dengan hapus aplikasi atau Game yang menurut kalian mencurigakan dan tidak pernah diinstall sebelumnya.
Serta baca juga tips lain tentang Tips Aman Berinternetan Menggunakan Smartphone Android

Itulah beberapa trik atau cara yang bisa kalian praktekkan demi mencegah sebuah aplikasi androis install sendiri. Semoga apa yang disampaikan bisa menjai solusi terbaik dan memberikan pengalaman terbaru yang dapat menyelesaikan masalah smartphone android anda.

Artikel Terkait

Load comments