12 Jul 2016

Mengatasi Tombol Keyboard Error, Tombol Huruf Menjadi Angka


Pernah mengalamai saat mau ngetik menggunakan keyboard di laptop / komputer kamu, saat pencet tombol huruf malah pada tampilan berubah menjadi angka. Ini memang bukan saya yang mengalaminya langsung, melainkan teman dekat saya yang kebetulah rumahnya tidak jauh dari tempat saya. Sebelumnya karena mau mengetik lebih cepat di laptop Toshiba Satellite J60 ia pasang sebuah keyboard USB plus mouse USB. Pertama memang baik-baik saja, tapi keesokan harinya menjadi sedikit aneh kerena setiap kali ketik huruf J malah menjadi angka 1.

Tidak hanya huruf J saja sebetulnya yang tertukar dengan angka, yang lainnya seperti huruf O menjadi angka 6, U jadi angka 4, m jadi angka 0, dan masih ada yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu lagi. Aneh bukan, apakah Anda juga pernah atau mungkin sedang mengalaminya? Jangan khawatir karena kami telah menemukan solusinya dari penablog.com yang kemudian diterbitkan disini.

Jadi masalahnya error saat ngetik pada keyboard tersebut ternyata dikarenakan fungsi Numlock On. Anda sebelumnya untuk memastikan bisa cek dulu semua tombol pada keyboard dengan cara membuaka Word atau Notepad kemudian ketikkan satu persatu huruf dan angka. Hal ini untuk mengetahui apakah cuma tertukar huruf dengan angka atau memang ada masalah pada hardware. Kalau memang keyboardnya yang rusak untuk sementara bisa pake cara mengatasi fungsi tombol keyboard yang rusak.

Tombol Huruf Menjadi Angka

Cara Mengatasi Tombol Keyboard yang Error
Ingat bahwa cara dibawah ini hanya untuk ketika tombol keyboard huruf tertukar dengan angka dan juga jika keyboard laptop yang Anda miliki masih normal alias tidak rusak hardwarenya.

1. Cara yang pertama adalah dengan tekan tombol Fn + F11 secara bersamaan, setelah itu coba cek kembali apakah tombol keyboard sudah normal atau belum. Jika belum maka coba cara yang kedia berikut ini.
2. Apabila cara pertama belum berhasil, silahkan Anda cari tombol Numlock di laptop yang biasanya tertulis NumLK untuk ditekan bersama dengan tombol Fn.

Memang bener kan caranya sangat mudah kalau kita sudah mengetahuinya sekarang. Semoga tips ini bermanfaat buat kalian semua dari cara mengatasi tombol keyboard error karena tombol huruf tertukar menjadi angka. Tetapi kalau sudah paham, jangan dilakukan untuk ngerjain laptop teman atau orang lain.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon