27 Sep 2016

4 Cara Mendinginkan Prosesor Laptop / Komputer dengan Mudah



Cukup mudah kalau kita hendak mendinginkan prosesor laptop atau komputer agar tidak terlalu panas. Perangkat komputer yang digunakan terus menerus lama-lama akan panas termasuk prosesor, prosesor yang sudah terlalu panas disebut sebagai overheat. Akibatnya akan timbul beberapa masalah yang berhubungan dengan kinerja komputer kita.

Tentunya kalian sampai kemari karena pernah mengalaminya, secara umum setelah overheat apa yang akan terjadi? Pertama yang jelas kemampuan laptop/komputer akan menurun drastic dan bahkan hang kalau prosesor sudah terlalu panas. Hang maksdunya yaitu suatu sistem pada komputer yang tidak dapat merespon atau menanggapi segala perintah yang telah dimasukkan, hal ini tentunya dapat mengarah pada kerusakan komputer.

Prosesor atau yang sering disebut sebagai otak komputer sangatlah perlu dijaga kinerjanya. Yang sering teman saya alami mengenai prosesor panas adalah karena komputer mereka digunakan untuk bermain game dalam waktu lama. Jadi saya sarankan 4 cara mendinginkan prosesor laptop/komputer dengan mudah berikut ini.

Mendinginkan Prosesor Laptop / Komputer


1). Sirkulasi Udara
Pastikan bahwa sirkulasi udara di dalam tempat yang kita pakai untuk meletakkan laptop mencukupi, artinya tidak dalam ruangan yang tertutup rapat. Selain itu sirkulasi udara dalam casing juga dibutuhkan untuk menjaga prosesor agar tidak panas.

2). Kipas Pendingin
Biasanya adalah dengan bantuan cooling pad, pastikan kipas pendingin tersebut bekerja dengan baik dan cukup mendinginkan semua komponen di dalamnya. Usahakan juga misalnya kipas pendingin tersebut masih kurang, bisa ditambahkan satu busah kipas yang dihadapkan keluar untuk mengalirkan udara panas dari dalam.

3). Kipas dan Heatsink
Heatsink yang terbuat dari logam dan bersekat-sekat bisa dengan mudah mengumpulkan debu yang akan menymbatnya. Kemudian kipas, heatsink yang sudah tersumbat debu mengakibatkan kinerja kipas berfungsi kurang baik karena sirkulasi udara tertutup debu. Karenanya anda perlu membersihkan selalu hetsink dan juga kipas dari debu yang menempel. Pastikan juga di sekeliling kipas tidak ada kabel disekitarnya yang mengganggu.

4). Thermal Paste
Thermal pasti pasti ada yang bagus ada juga yang tidak, jadi mungkin thermal paste yang sekarang anda pakai adalah kualitas rendah. Maka agar efektifitas pendingin semakin baik untuk gunakan paste prosesor atau thermal paste yang berkualitas. Thermal paste fungsinya adalah untuk mengalirkan suhu yang panas dari prosesor ke unit heatsink supaya prosesor lebih cepat dingin. Kemudian thermal paste juga berguna untuk mencegah terjadinya percikan yang mungkin saja terjadi akibat adanya gesekan antara permukaan prosesor dengan unit heatsink yang menempel diatasnya.

Baca juga :
Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer Sendiri
Cara Agar File di PC / Komputer Tidak Bisa di Copy Paste
Itulah 4 cara mengatasi atau mendinginkan prosesor dengan mudah, semoga bermanfaat. Mungkin ada pendapat lain dari anda mengenai cara mendinginkan prosesor yang lebih ampuh lagi, bisa disampaikan melalui komentar.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon