13 Jun 2017

Cara Atur Ukuran Video Rekaman Layar di PC dengan Bandicam



Cara Atur Ukuran Video Rekaman Layar di PC
Kita bisa memanfaatkan sebuah aplikasi benama Bandicam untuk merekam layar Pc atau laptop. Walaupun ukuran video sudah ditentukan dan kita tinggal memakai bandicam buat merekam layar, tapi ada ukuran khusus yang perlu kita pertimbangkan sebelum digunakan lebih lanjut. Misalnya kita menginginkan video hasil rekaman layar nantinya untuk diunggah ke media sosial Youtube maka perlu melakukan setting khusus.

Agar setelah diunggah tidak menyisakan bilah sisi kanan-kiri yang kosong alias video tidak full di youtube dan terpotong karena ukuran tidak sesuai yang direkomendasikan.

Kalau video hasil tangkapan layar (screen recorder) nantinya hanya ingin disimpan untuk sebuah dokumen saja saya rasa ukuran video itu terserah anda. Tetapi kalau anda menggarap sebuah video untuk di upload ke youtube maka setidaknya kita perlu atur ukurannya supaya hasilnya maksimal. Jadi kita harus pertimbangkan lebih lanjut ketika membuat sebuah tutorial dengan mengandalkan aplikasi perekam layar Bandicam, kemudian hasil videonya ingin di abadikan ke Youtube.

Berikut ada beberapa ukuran video yang harus kita gunakan dan ukuran yang perlu dihindari.
· 240p: 426x240 (16:9)
· 360p: 640x360 (16:9)
· 480p: 854x480 (16:9)
· 720p: 1280x720 (16:9)
· 1080p: 1920x1080 (16:9)
· 1440p (2k): 2560x1440 (16:9)
· 2160p (4k): 3840 x 2160 (16:9)
Intinya kalau video anda mau diupload ke Youtube maka hindarilah ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran video yang telah kami sampaikan tersebut.


Cara Setting Ukuran Video di Bandicam
Setelah kita ketahui ukuran yang pas buat video di Youtube, berikutnya kita terapkan salah satu ukuran di atas pada pengaturan video Bandicam. Anda bisa tentukan sendiri mulai dari kualitas rendah, menengah hingga kualitas video terbaik (4k).

1. Buka aplikasi Bandicam
2. Klik menu Video > Pengaturan

Cara Atur Ukuran Video Rekaman Layar

3. Pada kotak ukuran anda klik dan cari ukuran video yang diinginkan, jika belum tersedia ukuran video sesuai standar Youtube anda pilih Kustomisasi lalu tentukan ukurannya secara manual misalnya: 640 x 360.
Catatan: Semakin tinggi resolusi video semakin besar ukuran video yang dihasilkan rekaman layar, saran saya gunakan ukuran standar saja karena kalau uran besar otomatis akan memakan waktu lama saat video anda di upload nantinya.

Cara Atur Ukuran Video Rekaman Layar

4. Walaupun tersedia format AVI, tetapi Video Format (Tipe Berkas) yang Direkomendasikan adalah: MP4
Selanjutnya mengenai pengaturan FPS, Kodek, dan Audio memakai ukuran seperti gambar dibawah ini juga sudah bagas. Kalaupun tidak ingin menggunakan ukuran default, kalian juga bisa setting lagi sesuai selara masing-masing.

Cara Atur Ukuran Video Rekaman Layar

5. Apabila pengaturan video sudah selesai jangan lupa klik Ok supaya pengaturan tersimpan.

➧Baca juga : Cara Setting Bandicam Agar Ada Suaranya

Nah, sekarang coba anda gunakan Bandicam untuk merekam layar kemudian lihat hasilnya sudah mantab atau belum. Dan unggah videonya ke Youtube kalau pengaturan ukuran yang diterapkan sudah sesuai maka hasilnya video di youtube pun jika diputar akan full tanpa menyisakan bilah kosong.

Begitulah caranya setting ukuran video tangkapan layar pada Bandicam, dengan hasil yang pas maka orang yang menonton video anda di youtube akan jelas dan puas.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon