27 Jul 2018

Kiat Hidup Sehat Tanpa Asam Lambung


Tubuh sehat pastinya menjadi dambaan setiap orang. Tapi tentu cara mendapatkan semua itu bukan perkara mudah. Kita harus mau menjaga kesehatan termasuk hal remeh seperti menjaga pola makan, rajin berolahraga, tidur yang cukup dan masih banyak lagi.

Seperti halnya dengan asam lambung. Penyakit satu ini terjadi dipicu dari berbagai hal, antara lain :
- Pola makan tidak teratur bahkan seringnya telat sebab kesibukan yang dialami.
- Gaya hidup tidak sehat seperti : merokok, minum alkohol dan berkarbinasi secara berlebih
- Kurang olahraga
- Banyak pikiran, stress atau sedang depresi

Baca juga : Cara Mengatasi Stres Hanya Dalam Waktu 5 Menit

Asam lambung merupakan cairan klorida yang diproduksi dalam organ pencernaan. Berfungsi mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makanan atau minuman. Serta membantu tubuh dalam mnyerap vitamin B12.

Akibat dari penyakit ini tubuh melemah, tidak bersemangat, sehingga mudah jatuh sakit. Selain itu kulit juga menjadi kusam, demam dan rambut di kepala bisa rontok. Adapun ciri atau gejala yang diperlihatkan adalah : gangguan pernapasan, sering bersendawa, bau mulut kurang sedap, perut terasa begah atau kembung, tenggorokan sakit dan batuk berdahak.

Pada umumnya penyakit ini sering terjadi pada orang hamil, kurang minum, diet tidak terarah, dan pada penderita diabetes mellitus / kencing manis. Cara mengatasinya dengan minum obat antasida. Yang membantu mengurasi rasa sakit dan membantu menetralkan asam lambung, dan tidak boleh berlebih mengonsumsinya.

hidup sehat tanpa asam lambung

Di samping obat, ada cara mudah meredakan sakit. Di bawah ini beberapa contoh jenis bahan makanan dan minuman alami, yang bisa Anda konsumsi.
- Pisang
Mengadung zat kalium membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Dimakan sebelum makan menu utama.
- Susu segar
Banyak mengandung kalsium. Susu segar yang didapatkan dari peternak hewan secara langsung
- Jahe
Tanaman rimpang ini juga mempunyai khasiat meredakan rasa mual akibat asam lambung tinggi. Untuk ibu hamil harus dibatasi sebab bila berlebih mengonsumsinya tidak baik bagi janin yang di kandung. Caranya dengan dibakar kemudian digeprek dicampur dalam minuman seperti susu. Rasa hangat yang ditimbulkan ditengarai bisa mencegah rasa kurang nyaman itu.
- Apel
Mempunyai enzim yang membantu mengatur kadar produksi asam lambung. Makanlah dua kali sehari.
- Teh hangat
Sama seperti jahe, minum teh hangat juga dipercaya bisa membantu meredakan rasa sakit. Anda bisa menambahkan gula atau madu di dalamnya.

Di samping jenis di atas, mengonsumi makanan yang mengandung vitamin B seperti B2 atau B6 juga perlu, misalnya: kacang-kacangan, bayam, brokoli, ikan salmon, tuna dan sarden. Minum air putih secukupnya, dan jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin ataupun panas.

Jika hendak disantap setidaknya tunggulah beberapa saat, agar pencernaan tidak kaget saat harus memrosesnya nanti di lambung.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon