25 Jul 2018

Cara Mudah Mengatasi Biduran Atau Gatal-gatal


tips atasi biduran
 Menderita sakit biduran atau gatal-gatal pasti kurang nyaman, sebab aktifitas bisa terganggu. Setiap kali harus menggaruk-garuk bagian tubuh yang terasa gatal. Bahkan terkadang harus menahan malu saat bagian yang diserang itu terdapat pada bagian tubuh yang tidak etis dilihat orang.

Biduran adalah penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan dan bercak putih serta menimbulkan rasa gatal. Namun bahasa medis menyebutkan urtikaria atau reaksi kulit. Akan tetapi apapun itu tentu saja ini sangat mengganggu Anda bukan?

Penyebabnya bisa terjadi dari dalam tubuh sendiri. Daya tahan sedang berada dalam keadaan tidak baik, dapat memicu datangnya suatu penyakit. Tak terkecuali dengan penyakit biduran atau gatal-gatal ini.

Selain itu pengaruh gigitan serangga tertentu, infeksi hepatitis, demam kelenjar, alergi binatang,  buah yang mengandung zat adiktif secara berlebihan seperti : pemanis buatan, penguat rasa, penegental hingga pengawet. Cuaca buruk dan mereka yang berkerja sebagai penjahit atau di pabrik tekstil. Sebab kain yang disentuh.

Cara menyembuhkan bisa dengan cara minum obat atau secara tradisional. Misalnya dengan meminum air kelapa atau air rebusan daun sirih. Berusaha hidup tenang dengan mengurangi rasa stres berlebih. Mandi air hangat yag dicampur garam dapat pula meredakan rasa gatal yang menyerang.

Adapun untuk mencegah atau menghindari penyakit satu ini sebenarnya tidak ada, bila berhubungan dengan keadaan tubuh seseorang. Sebab seperti sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa pengaruh kekebalan tubuh yang berperan penting di sini. Hanya saja bisa diantisipasi dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Saat musim hujan biasanya penyakit tersebut banyak diderita oleh orang-orang tertentu karena cuaca dingin. Oleh sebab itu bersihkan lingkungan Anda dari sampah dan kotoran. Bila terdapat serangga yang menyebabkan biduran dapat segera dibasmi. Pisahkan antara pakaian kotor dan bersih. Dan jika Anda berkerja di pabrik tekstil atau sebagai penjahit dapat memakai masker. Dan setelah pulang selesai berkerja segeralah mandi jangan ditunda lagi.

Solusi lain dapat dengan berjemur di terik matahari siang untuk mengurangi rasa gatal. Atau mandi air hangat. Gantilah pakaian jika sudah berkeringat dan merasa tidak nyaman.

Dan bila keadaan tersebut berlangsung cukup lama hinga berhari-hari, bahkan sudah masuk lewat hitungan Minggu, dapat memeriksakan diri ke dokter. Agar mendapat perawatan khusus.

Baca juga : Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Gondok

Sebetulnya Anda tidak perlu mencemaskan penyakit gatal.  Asal berhati-hati dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan, akan terhindar. Menjaga pola makan, dan menjauhi pemicu yang lain.

Akan tetapi meski tergolong penyakit ringan dampaknya juga sangat menganggu, bila rasa gatal menyerang. Jadi jangan dianggap remeh dan segeralah pergi berobat, jika merasa disembuhkan sendiri sudah tidak mampu.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon