28 Jul 2018

Tips Simpel Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Anak


cara atasi cacingan anak
Cacingan bisa menyerang siapapun, tidak peduli usia anak-anak hingga dewasa. Justru mereka yang masih anak yang paling rentan terserang penyakit ini. Fisik mereka yang tidak sekuat orang dewasalah pemicunya.

Dengan begitu peran orang tua sangatlah penting untuk menjaga sang anak dari serangan cacing maupun penyakit lainnya. Terlebih dahulu setidaknya kita harus tahu apa saja faktor pemicu terjadinya cacingan supaya bisa menghindari penyakit tersebut.

Adapun beberapa faktor pemicu cacingan di antaranya adalah sebagai berikut :
- Kurangnya Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang kotor dan kurang dijaga kebersihannya, atau makan di pinggir jalan tanpa memerhatikan kebersihan tempat.
- Mengabaikan Kebersihan Diri Sendiri
Pakaian kotor yang tidak diganti atau tidak mencuci tangan saat makan, malas membersihkan tubuh serta tidak menggosok gigi di malam hari.
- Asupan Gizi Yang Tidak Dijaga
Mengabaikan gizi makanan dikonsumsi itu juga kurang bagus.

Jika hal ini menyerang anak-anak, bisa menyebabkan :
- kurangnya nafsu makan
- daya berpikir lambat
- kulit kusam
- rewel tidak tenang, suka menangis
- fisik mudah jatuh sakit

Pada orang dewasa, aktivitas menjadi terganggu, stres sehingga tubuh menjadi area penyakit menempel di sana. Tentu bukan masalah sepele dan jangan diabaikan.

Penanganan khusus jika sampai terjangkiti cacingan terbilang simpel. Cukup minum obat yang diminum rutin setiap enam bulan sekali. Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, serta makan makanan dan minuman yang bernilai gizi cukup untuk tubuh.

Ada beberapa daftar makanan dan minuman yang selayaknya Anda konsumsi, untuk mengantisipasi infeksi, seperti :

- Sayuran Berwarna Hijau
Banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, misalnya : bayam, kangkung, pare, daun pepaya, daun singkong, dan brokoli.

- Buah Yang Berwarna Kuning Atau Oranye
Vitamin C sangat diperlukan untuk daya tahan tubuh dalam menangkis sebuah kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Dan ini banyak terkandung dalam jenis buah-buahan, termasuk yang berwarna kuning dan orange, misalnya : jeruk, pepaya, apel, pisang, dan sebagainya.

- Ikan Segar Dan Seafood
Mineral yang ada dalam kandungan ikan sangat dibutuhkan khususnya pada anak-anak yang masih berada dalam taraf perkembangan. Di antaranya : ikan kembung, teri, salmon, tuna dan sarden. Termasuk di sini juga seafood segar yang baru didatangkan dari laut dan belum melalui taraf pengawetan.

- Daging Dan Telur
Dua bahan makanan ini kaya akan mineral penting untuk tubuh. Mengonsumsinya sangat dianjurkan sekali.

- Kacang-kacangan
Terdapat pada : tahu tempe, kedelai, kacang almond dan sebagainya

- Susu, Keju dan Yoghurt
Kaya akan mineral dan zat gizi tinggi.

Baca juga : Faktor-Faktor yang Menyebabkan Demam Pada Anak

Demikian yang bisa Anda ketahui untuk mengatasi dan mencegah penyakit cacingan. Intinya tetap menjaga kebersihan dan mengatur pola makan serta istirahat cukup. Sebab bila diabaikan akan berakibat buruk pada kesehatan Anda.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon