21 Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Daun Sirih, sejarahnya merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat di batang pohon lain. Dahulu sirih dikunyak bersama gambir, pinang, tembakau, dan kapur yang disebut sebagai nginang (Bahasa Jawa). Sekarang sudah jarang dipake lagi padahal daunnya yang mengandung antiseptik bisa mencegah gigi berlubang.

Memiliki bentuk daun yang lonjong berwarna hijau dan ada juga sirih merah, sehingga banyak menjadikan tanaman sirih untuk hiasan di rumah. Bagi yang belum tahu kalau daun sirih punya banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh sebaiknya simak terus tulisan ini.

Selain punya sifat antiseptik sebagai pembersih tangan, daun yang satu ini juga pendingin kulit dan antiinflamasi sehingga mampu mengatasi berbagai penyakit kulit. Tak hanya itu, ketika kita konsumsi daun sirih bakal memberikan kesehatan tubuh, sebagai obat diabetes dan juga asam urat.

Mengetahui sebagian manfaat dari pada daun sirih tentu akan semakin penasaran dengan khasiat yang lainnya. Oleh karena itu di bawah ini telah kami rangkum 21 manfaat dan khasiat daun sirih.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih
 
1. Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih bisa mengurangi bau badan tek sedap secara perlahan hingga akhirnya bau badan hilang. Kandungan estradion dan klavikula yang mampu mengurangi bau badan secara ampuh, karena dua kandungan itu akan mengontrol produksi hormone pada kelenjar keringat.

Yang kamu lakukan cukup konsumsi rebusan daun sirih secara teratur hingga bau badan tak sedap benar-benar hilang.

2. Antiseptik dan antijamur

Tak heran ketika ada wabah covid-19 se-dunia banyak yang menjadikan rebusan daun sirih sebagai hand sanitizer. Kamu tidak perlu beli yang mahal, cukup pake air daun sirih sudah bisa membunuh kuman dengan adanya kandungan pelivenol dan chavicol.

3. Menghentikan Mimisan

Waktu di sekolah ada yang mimisan kemudian bapak atau ibu guru menggunakan daun suruh untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung, kamu tahu kenapa? Dengan menggulung daun jadi kecil lalu masukkan ke hidung, dimana dalam daun sirih terdapat kandungan fenil popies dan terpene akan meredakan mimisan secara efektif.

4. Untuk Sembelit

Pernah merasakan sakit perut karena sembelit? Tidak usah panik lagi. Untuk mengurangi sembelit kamu cukup buat ramuan daun sirih yang dihancurkan kemudian carmpur dengan air semalaman, kemudian kamu minum ramuan pas pagi hari saat belum makan apa-apa.

5. Mengurangi Masalah Pernapasan

Dapat membantu mengobati asma, sakit dada, dan paru-paru menjadi khasiat dari pada daun sirih.

Pertama kamu perlu oleskan minyak mustard pada daun sirih, lalu dipanaskan. Setelah itu letakkan di atas dada untuk menyembuhkan masalah pernapasan.

6. Melancarkan system pencernaan

Jika system pencernaan Anda saat ini bermasalah, coba minum air daun sirih yang mana mampu meningkatkan metobolisme yang memicu sirkulasi serta merangsang usus untuk menyerap nutrisi sehingga pencernaan lancar kembali.

7. Menjaga kesehatan miss V

Khusus wanita pasti tidak nyaman ketika mengalami keputihan, gatal, baud dan becek. Daun sirih yang memiliki sifat antiseptik ternyata mampu mengatasi hal tersebut. Dengan cara merebus 10 lembar daunnya, setelah itu gunakan air tersebut untuk membersihkan area miss V.

8. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang setiap orang baik dewasa hingga bapak ibu. Komponen dan kandungan yang dimiliki daun sirih dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Makanya sangat mujarab kita manfaatkan untuk mengurangi penderita penyakit diabetes melitus.

9. Menyembuhkan Jerawat

Kebanyakan anak remaja yang mengalami jerawat sampai ada yang sudah mencoba berbagai pembersih muka namun jerewat tak kunjung hilang. Cobalah sekarang gunakan cara alami dengan rebusan daun sirih kemudian gunakan lembaran daun untuk masker hingga beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin tiap pagi dan sore hingga rasakan khasiatnya.

10. Menyembuhkan sakit kepala

11. Mencegah karsinogen yang mengarah pada kanker mulut

12. Menyehatkan mata

13. Melawan kanker sumsum tulang belakang

14. Mengobati jantung coroner

15. Obat asam urat

16. Mengobati tumor

17. Mengobati gusi berdarah

18. Mengobati bronkitis

19. Analgesik (Pereda Nyeri)

20. Mengobati batuk

21. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Setelah kita mengetahui manfaat dan khasiat daun sirih tentu banyak informasi penting yang tadinya tidak tahu jadi ngerti.

Baca ini juga Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan.

Add Comments


EmoticonEmoticon