7 Tanaman Hias di Indonesia yang Harganya capai Jutaan Rupiah

Di tengah pandemi ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Tek heran jika banyak dari mereka pada menjalani hobi masing-masing untuk menambah aktivitas baru. Dari mulai ada yang menanam tanaman hias, bercocok tanam, hingga membuat usaha baru seperti membuka warung di rumah.

Memang dimasa sekarang ini perlu mencari peluang usaha baru supaya bisa menyesuaikan keadaan agar ekonomi tetap setabil biak untuk pribadi atau kelompok. Salah satu hobi yang kini tiba-tiba banyak diminati orang adalah  tanaman hias, banyak dari mereka heboh mencari tanaman hias yang unik karena dari beberapa ada yang memiliki nilai jual yang mahal.

Terlebih sekarang adalah jamannya digital dimana informasi sangat cepat tersebar ke lapisan masyarakat kita hingga viral di media sosial. Jadi ingat dulu juga sempat populer tanaman gelombang cinta yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Ada banyak jenis tanaman hias di Indonesia dan diantaranya ada yang memiliki nilai jual tinggi, banyak orang memanfaatkan fenomena ini untuk bisnis. Bagi kalian yang di rumah memang merawat tanaman hias perlu tahu jenis tanaman hias berikut ini yang harganya sampai jutaan rupiah.

7 Tanaman Hias yang Harganya Mahal


Kami dapati dari berbagi sumber, beberapa tanaman di Indonesia yang punya nilai jual mahal saat ini bisa menjadi referensi untuk dijadikan peluang bisnis baru di rumah. Penasaran apa saja, simak saja berikut ini,

1. Tanaman Hias Monstera

Tanaman Hias Monstera

 
Yang pertama ada tanaman hias yang namanya Monstera, tanaman ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Yang paling banyak dicari orang adalah Monstera Deliciosa memiliki daun yang cukup besar, lalu Monstera Adansonii Variegated kebanyakan orang menyebutnya dengan nama Janda Bolong. Sementara jenis Monstera Deliciosa Variegata yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah.

Satu hal yang menjadi pemicu mahalnya jenis tanaman hias yang satu ini yakni karena proses tumbuhnya yang lama dan warna daunnya cantik meski terlihat seperti robek-robek. Selain itu juga sempat viral di media sosial sehingga harga semakin melonjak.

2. Anggrek Hitam Papua

 

 
Kalau Monstera menarik karena daunnya tanaman hias berikutnya ini indah karena bunga, namanya Anggrek Hitam Papua. Dari berbagi info di Internet tanaman hias satu ini harganya mencapai ratusan juta rupiah, wah kalau punya di halaman rumah pasti bisa kaya mendadak.

Spesifikasinya tanaman buanga warna ini memiliki kelopak warna hitam legam dengan putik berwarna merah muda cerah sehingga membuat berbeda dari anggrek lainnya. Punya nilai jual tinggi karena memang termasuk dalam golongan tanaman yang langka. Tak heran para pecinta tanaman hias banyak mencari keberadaan Anggrek Hitam Papua.

3. Bonsai

 

tanaman hias bonsai
 
Mungkin dari kalian semua sudah mengenal tanaman hias ini sejak lama, memang benar Bonsai sudah dikenal sejak dahulu. Memiliki bentuk yang indah sehingga sampai kini nilai jual Bonsai tetap stabil. Bonsai yang ukurannya kecil bisa dijual dengan kisaran harga 2 sampai 3 jutaan rupian, sedangkan yang besar dan unik bisa mencapai Rp 20 jutaan lho.

4. Red Aglaonema

 

 
Sesuai nama, tanaman hias yang satu ini memiliki warna daun kombinasi merah sehingga indah dipandang. Orang Indonesia menyebutnya Sri Rejeki dan konon katanya diklaim dapat memberikan energi positif dan mendatangkan rejeki.

Red Aglaonema ini dibanderol dengan harga mencapai Rp1,5 hingga 10 jutaan.

5. Adenium

 

 
Meski bentuknya mungil tanaman hias ini haganya mencapai puluhan juta rupiah lho. Adenium memiliki bunga berwarna merah muda yang membuat daya tari tersendiri bagi para kolektor tanaman hias.

Bonus : 2 tanaman hias yang sudah mulai dibudidaya namun masih seharga ratusan ribu.



Dorstenia Foetida

 
Ini merupakan tanaman hias endemik yang berasal dari Madagaskar, Afrika Timur. Jenis tumbuhan ini bisa memiliki usia sami puluhan tahun karena memang pertumbuhan yang lambat. Sempat memiliki nilai jual hingga puluhan juta, kini bisa kita temukan di toko online kisaran ratusan ribu rupiah saja.

Operculicarya Pachypus

 
Ini juga merupakan tanaman dari Afrika yang sekarang sudah cukup banyak menanam sebagi tanaman hias gantung di depan rumah. Operculicarya Pachypus sekarang bisa kita miliki dengan harga sekitar 150 ribu rupiah saja dengan ukuran tinggi tanaman 5 cm.  

Cukup terjangkau jika dibandingkan dengan yang harganya mencapai puluhan juta. Dengan harga yang stabil tentu akan menjadi peluang untuk dibudidaya dan nantinya dijual lagi.

Itulah beberapa tanaman hias populer di Indonesia yang harganya mencapai jutaan. Meski hanya sekedar hiasan tapi karena punya nilai lebih dan langka akan menjadi sangat berharga. Berbeda dengan daun singkong yang memiliki manfaan untuk kesehatan, tetap saja murah karena mudah tumbuh dimana saja.

Add Comments


EmoticonEmoticon