7 Alasan dan Penyebab Kenapa Kamu Susah Konsentrasi

Bila kamu orangnya cermat, kamu tentu sadar jika dunia ini dihuni sama beberapa orang yang sulit fokus disaat penting. Jika kamu tidak yakin, coba kamu saksikan di ruang-ruang kelas. Kamu tentu dapat mendapati orang yang berpura-pura dengarkan guru yang sedang  mengajar di muka kelas, tetapi tidak semua murid mendengarkan dengan seksama. Juga di semua universitas yang ada di bumi ini, orang-orang kurang konsentrasi itu tentu ada. Dan mereka itu umumnya melamun sebab, kembali lagi, mereka tidak dapat menjaga fokus.

Baiklah teman-teman, peristiwa ajaib itu tidak hanya berlangsung di ruang kelas yang berada di universitas. Kemana juga kamu pergi, kamu tentu dapat mendapati orang yang kurang konsentrasi. Hal demikian tentu saja tak lepas dari berbagi alasan, konflik pribadi, dan berbagi macam penyebab.

Tetapi apa sebenarnya pemicu berlangsungnya peristiwa itu? Melalui artikel berikut kita akan kupas penyebabnya, kira-kira mengapa orang dapat hilang fokus ketika mereka sedang dituntut untuk serius terhadap satu hal yang lebih penting. Pemicu yang pertama ialah, simak selengkapnya di bawah ini.

Banyak Pikiran

 

penyebab susah konsentrasi
 

Seberapa banyak hal yang kita pikir dalam satu hari? Misal mikir bayar kostan, bayar listrik, membeli paket internet telkomsel, pekerjaan yang numpuk, mikirin gebetan, dan masih banyak lagi mengenai kebutuhan hidup.

Oke, cukup dapat dimengerti jika kamu pikirkan beberapa hal dalam sehari-harinya. Tetapi, bila dipikirkan kembali, tidak seluruh hal tersebut masuk ke kelompok darurat. Kamu kemungkinan kebanyakan pikirkan hal sepele yang semestinya tidak perlu dicemaskan.

Cobalah mulai sekarang buat menyortir kembali seluruh permasalahan kehidupan kamu berdasar rasio fokusnya. Lebih bernilai mana misalkan, bayar kosan atau gebetan yang hanya read Whatsapp kamu tetapi tidak pernah balas?

Baca juga : 8 Trik WhatsApp Populer

Kurang Tidur


Seorang yang rutin bergadang itu dapat berpengaruh menyusutnya jam tidur seorang. Bila orang itu kekurangan tidur, dia akan cepat capek waktu melakukan aktivitas. Dan rasa capek selanjutnya akan berbuntut pada fokus yang mururun. Akibatnya apa? Kamu bakal susah konsentrasi maksimal.

Jadi mulai sekarang kamu pinter-penter sindiri mengatur jam tidur dengan baik. Ingat kata bang Haji Rhoma Irama “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”.

Otak Kita Kurang Dilatih

 

 
Otak yang kurang dilatih ibarat pisau tidak pernah diasah jadinya tumpul. Begitu juga dengan otak yang kurang pelatihan akhirnya dangkal dan susah buat konsentrasi.

Lalu bagamana caranya kita melatih otak? Dilatih di sini tujuannya lebih ke mempertajam otak agar makin cekatan. Dan kamu juga tidak perlu sampai kerjakan soal-soal matematika di buku LKS buat melakukan. Mencari saja langkah yang efektif tetapi masih membahagiakan. Misalkan, dengan bermain shudoku atau permainan yang lain harus memercayakan taktik. Atau juga bisa mulai dengan mengisi TTS (teka-teki silang).

Kurang Minum


Adalah permasalahan yang paling simpel dan juga tersering diremehkan. Ayolah, kamu itu tidak berada di padang pasir yang tandus. Air minum dapat didapat dengan relatif mudah.

Air itu komponen yang perlu dipunyai oleh badan. Dengan minum air yang cukup, badan kita dapat berperan secara baik. Saat ini coba pikirkan bila kamu dehidrasi. Kecuali susah fokus, tubuh kamu pasti akan mudah lemas dan ngantuk, ingatan dapat menurun, dan pemikiran jadi mudah kuatir dan tegang.

Terlalu Sibuk dengan Gadget


Memang dengan gadget dapat menolong mempermudah rutinitas setiap hari. Tetapi, jangan pakai handphone terlalu berlebih sebab bisa berpengaruh negatif. Sekarang ini, internet dan handphone adalah salah satunya pengalih fokus yang banyak dirasakan. Cukup banyak orang yang tertinggal kereta, bus atau pesawat sebab terlalu banyak memperhatikan handphone.

Mengerjakan beberapa tugas sekaligus


Menurut beberapa pakar, multitasking atau lakukan beberapa pekerjaan berbarengan, bisa merusak fokus serta konsentrasi. Ada asumsi jika multitasking bisa mengakhiri pekerjaan semakin banyak dalam saat yang bersamaan, tetapi sesungguhnya hal tersebut malah memerlukan waktu semakin banyak dibandingkan mengakhiri pekerjaan satu demi satu.

Untuk menjaga supaya kita bisa tetap fokus, tips dari kami adalah dengan cara konsentrasi pada satu tugas dan juga batasi penggunaan gadget. Pertama kamu perlu teliti dahulu dalam memilih tugas jangan sampai mengerjakan sesuatu yang sulit secara bersamaan.

Penting juga untuk menjaga stamina tubuh dengan cara tidur cukup dan teratur, luangkan waktu untuk beristirahat sama mengkonsumsi makanan yang sehat setiap harinya.

 

Baca juga : Kiat Hidup Sehat Tanpa Asam Lambung

Add Comments


EmoticonEmoticon