Apa itu Mletre? Berikut Arti Sebenarnya yang Membuat Masyarakat Penasaran

arti kata mletre
 

Akhir-akhir ini setelah penyanyi dangdut Deny Caknan dan Young Lex membuat sebuah lagu dengan judul Mletre yang membuat warga net penasaran dengan arti kata mletre tersebut. Apakah kamu pernah mendengar kata Mletre dalam kehidupan sehari-hari? Atau mungkin sudah banyak menggunakan kata ini di daerah Jawa.

Namun kerena hebohnya di internet sehingga membuat orang penasaran untuk mencari tahu sendiri apa definisi pasti dari kata Mletre ini. Mari kita lihat kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, baik yang versi buku maupun versi online, kata ini belum didefinisikan secara jelas di dalam KBBI.

Karena tidak adanya di KBBi maka ini yang membuat interpretasi arti menjadi sangat luas dan banyak digunakan dalam berbagai pengucapan. Terus, apa sebenarnya kata mletre itu? Ragam pendapat bermunculan di Internet tentang Arti dan Definisi kata dari Mletre ini.

Penjelasan

Apa itu Mletre? kata Mletre sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Jawa halus, yang juga memiliki banyak arti. Seperti kebanyakan kata dalam bahasa daerah lain yang ada di Indonesia, arti secara pasti dari kata ini juga tak dapat diartikan langsung, tergantung dengan konteks kalimat yang disampaikan.

Dalam satu kalimat, mletre bisa diartikan sebagai perilaku tidak menghargai orang lain dan cenderung egois, mementingkan diri sendiri karena alasan tertentu dan bertindak kurang baik pada orang disekitarnya. Ketahui juga, Apa Itu Insecure?

Di definisi dan konteks yang lain, mletre juga dapat diartikan sebagai kondisi seseorang yang tengah mabuk karena pengaruh alkohol atau bahan sejenis yang membuat orang tak sadar diri atau setengah sadar.

Namun dalam kalimat yang lain Mletre dimaknai sebagai satu kondisi yang sedih dan kecewa yang mendalam, hingga kepala pusing karena terlalu banyak pikiran atau hal negative yang mengelilingi pikiran. Nah biasanya Mletre ini timbul karena seseorang terlalu dalam mencintai pasangannya sehingga ia takut kecewa jika ditinggalkan oleh pasangannya tersebut.

Sebenarnya arti kata Mletre ini sendiri juga memiliki arti yang sangat luas dan kebanyakan orang juga menggunakan kata ini dalam percakapan keseharian supaya lebih merasa mantap dan tegas disaat sedang nongkrong dan bergaul di warung kopi.

Karna Indonesia memiliki begitu banyak daerah dan bahasa manjadikan timbulnya berbagai kata serapan daerah yang sebenarnya lazim digunakan di satu daerah namun tidak lazim di daerah yang lain. Maka dari itu jika kita memaknai satu kata hendaknya kita merujuk pada KBBI sehingga tidak timbul interpretasi arti yang meluas seperti halnya kata Mletre ini.

Kata Mletre ini menjadi perbincangan di internet setelah Deny Caknan dan Young Lex mengeluarkan lagu dengan judul Mletre. Namun warga Indonesia ingin mencari tahu kembali setelah lagu ini release dan menjadikan kata Mletre ini mempunyai banyak arti dan definisi tergantung pada suasana hati seseorang yang sedang mengucapkan kata Mletre tersebut.



Add Comments


EmoticonEmoticon