Inilah Arti Istilah Reshuffle dan Penggunaan Katanya

arti istilah reshuffle
 

Apakah kamu lagi mencari arti istilah dari kata reshuffle? Bagaimana penggunaan kata ini dalam kalimat yang sederhana? Jika kamu belum mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan di atas, silakan membaca artikel berikut sampai habis.

Arti Istilah Reshuffle


Di zaman sekarang, banyak istilah baru yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Kenapa? Soalnya perkembangan ilmu pengetahuan semakin meningkat. Pada sisi lain, semakin canggih teknologi mendorong hal ini terjadi.

Adapun sumber istilah baru tersebut berasal dari berbagai hal. Terkadang, masyarakat mengadopsi kata dalam bahasa daerah ke bahasa nasional. Sering pula beberapa kosa kata bahasa Inggris dimasukkan ke padanan lokal, salah satunya reshuffle.

Reshuffle sendiri terdiri atas dua suku kata, yaitu Re dan Shuffle. Re memiliki arti mengulang dan Shuffle berarti menyusun. Secara harfiah, pengertian istilah ini adalah menyusun kembali sesuatu agar menjadi baru.

Dalam konteks politik, kata ini biasanya disandingkan dengan kabinet. Adapun arti istilah reshuffle adalah menunjuk dan melakukan restrukturisasi jabatan fungsional di skala kementerian pada pemerintahan.

Penggunaan Istilah Reshuffle dalam Kalimat

Kata Reshuffle sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lebih khusus ketika mereka hendak menyampaikan pendapat terkait fenomena politik atau keputusan pemerintah yang ada di sekitar.

Sayangnya, penggunaan istilah ini sering tidak tepat sasaran. Tidak sesuai dengan definisi sebagaimana disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penggunaan dari Reshuffle.

Berdasarkan pengertian di atas, reshuffle cocok digunakan ketika suatu pemerintahan hendak merombak jabatan seseorang di kabinet. Merombak di sini termasuk kegiatan menunjuk dan mengganti posisi di skala kementerian.

Pada sisi lain, reshuffle juga digunakan dalam permainan kartu. Dengannya, istilah tersebut memiliki arti sebagai kegiatan menyusun kembali tumpukan kartu menjadi berurutan untuk dibagikan ke para pemain.

Contoh Penggunaan Istilah Reshuffle

Sebagaimana disebutkan tadi, arti istilah reshuffle adalah menyusun kembali untuk menjadi sesuatu yang baru. Berdasarkan hal tersebut, contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:

• Pemerintahan Joko Widodo hendak reshuffle kabinet pada Maret 2022 mendatang
• Tono sedang reshuffle kartu remi untuk dibagikan ke pemain.

Jadi apakah Anda sudah cukup jelas dengan penjelasan di atas? Semoga setalah membacanya kamu kini semakin paham dan tidak bingung lagi. Kalau masih memiliki waktu luang mungkin kamu juga perlu mengetahui Apa itu Istilah Komorbid? Terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon