Ini Dia 4 Jurusan Dengan Prospek Mudah Mendapatkan Kerja, Apa Saja?

Para mahasiswa menempuh pendidikan guna mempermudah dalam mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Akan tetapi, tahukah kamu apa saja jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan? Jika belum, yuk cari tahu di sini.

Saat ini, berkuliah tidak menjamin seseorang untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Jika ingin mendapat pekerjaan dengan gaji yang layak, maka kamu harus memenuhi kualifikasi atau kompetensi yang dibutuhkan. Dan untuk mendapatkan keahlian itu bisa dari mana saja. Salah satunya dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Di era industri 4.0 banyak pekerjaan yang sudah memanfaatkan teknologi. Beberapa pekerjaan pun sudah hilang diganti dengan teknologi. Akan tetapi, industri di era ini pun memunculkan beragam profesi baru yang sangat menjanjikan. Untuk itu, kamu bisa mencari peluang di sini.

Untuk mencari tahu jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan, kamu bisa melakukan riset sendiri. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengunjungi aplikasi pencari kerja seperti Linkedin dan cari tahu pekerjaan apa yang paling banyak dibutuhkan dan dicari saat ini.

Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan


1. Teknik Informatika

 

jurusan kuliah mudah dapat kerja

Lulusan teknik informatika menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Mengingat makin berkembangnya teknologi yang memudahkan maka ada pula risiko yang harus dihadapi.

Risiko tersebut berkaitan dengan penyebaran virus komputer lewat jaringan internet. Virus tersebut akan sangat menghambat berbagai sektor pekerjaan. Misalnya saja di bidang perbankan. Jika komputer yang digunakan pada layanan perbankan disusupi virus, bukan tidak mungkin data nasabah akan bocor.

Di situlah peran tenaga IT diperlukan. Selama perkuliahan mereka pasti diajarkan bagaimana untuk memperbaiki atau membuat sistem menjadi aman melalui pemahaman algoritma yang ada. Karena perannya yang vital, maka seorang ahli IT bisa mendapatkan gaji yang cukup besar lho!

2. Statistika

 

jurusan statistika

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan berikutnya adalah statistika. Mengapa? Karena fungsi pengelolaan dan analisis data masih sangat diperlukan. Bukan hanya di sektor bisnis, tetapi juga sektor-sektor lainnya.

Para lulusan statistika dibekali dengan keahlian pengelolaan data baik kuantitatif maupun kualitatif sejak di bangku perkuliahan. Untuk itu, bukan hal yang mustahil jika mudah mendapat pekerjaan nantinya.

Bahkan, selain bisa memiliki pekerjaan utama para lulusan statistika ini bisa menawarkan jasa freelance untuk pengelolaan data bisnis kecil menengah seperti online shop.

3. Ahli Gizi

 

kuliah ahli gizi

Seiring dengan gaya hidup yang serba instan maka kebiasaan makan minum masyarakat juga mulai berubah. Kebanyakan dari mereka ingin cara cepat mendapat makanan salah satunya dengan mengonsumsi junkfood.

Konsumsi junkfood dalam jangka waktu lama akan menimbulkan penyakit seperti obesitas. Jika orang-orang menyadari tanda atau gejala obesitas yang dialami maka mereka akan mulai menjaga pola makan.

Di sinilah peran ahli gizi. Mereka dapat menjadi konsultan gizi yang tepat untuk orang-orang yang membutuhkan. Bukan itu saja, buat yang ingin menjalani program diet pun bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Saat ini sudah banyak layanan konsultasi gizi secara online melalui aplikasi.

Selain menjadi konsultan pribadi, seorang ahli gizi juga diperlukan dalam industri pengolahan pangan untuk menentukan kandungan apa yang ada dalam produk makanan.

 

Baca juga : 11 Minuman Penghilang Ngantuk, Selain Kopi

4. Teknik Perminyakan

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan terakhir adalah teknik perminyakan. Prospek kerja untuk lulusan sarjana teknik perminyakan bisa dibilang sangat menjanjikan. Jurusan ini mirip dengan teknik pertambangan. Hanya saja, ada beberapa perbedaan seperti jenis bahan yang ditambang.

Pada jurusan teknik perminyakan, akan mempelajari cara menambang bahan mineral cair seperti minyak bumi dan panas bumi. Dengan kebutuhan minyak dan energi sebagai bahan pokok untuk menunjang aktivitas manusia, maka lulusan jurusan ini masih sangat dicari.

Add Comments


EmoticonEmoticon