Jangan Bingung, Ini Dia 6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Kamu berniat mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi, tetapi bingung pilih jurusan kuliah yang menjanjikan? Yuk simak artikel singkat ini dulu.

Mencari pekerjaan bukanlah tujuan akhir dari kegiatan perkuliahan. Tujuan kuliah difokuskan untuk mendapatkan pengetahuan dan membentuk pola pikir yang baik. Namun, bukan rahasia umum jika menempuh pendidikan tinggi di kampus akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak.

Jika ingin hal tersebut terwujud, kamu harus memiliki keterampilan dan kompetensi yang mumpuni untuk menduduki jabatan atau pekerjaan tertentu yang menjadi impian sejak lama.

Sebenarnya, kamu bisa menganalisis sendiri tentang pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan. Pekerjaan yang banyak dibutuhkan untuk saat ini dan masa depan berkaitan dengan teknologi, komputer, dan dunia digital. Intinya, apa pun yang berkaitan dengan internet dan bersifat fleksibel atau cepat berubah.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan


1. Kedokteran 

 

jurusan kuliah menjanjikan

Jurusan yang paling menjanjikan salah satunya adalah kedokteran. Selama manusia masih ada, profesi dokter akan selalu diperlukan. Ini juga masuk dalam jurusan kuliah anak IPA yang besar peluang kerjanya.

Meskipun saat ini ada layanan konsultasi secara online melalui website dan aplikasi, profesi dokter tidak akan tergantikan. Karena, layanan konsultasi itu juga diberikan oleh seorang dokter. Jadi, teknologi tidak akan menggeser profesi dokter dan justru mempermudah dokter dalam bekerja.

2. Akuntansi

 

kuliah akuntansi

Jurusan kuliah yang menjanjikan berikutnya adalah akuntansi. Akuntan diperlukan salah satunya sebagai penjaga aset perusahaan. Karena, seorang akuntan dituntut untuk bekerja dengan etika.

Selama bisnis masih berjalan, maka peran seorang akuntan masih sangat dibutuhkan. Meskipun saat ini sudah banyak software yang membantu dalam menyusun laporan keuangan akan tetapi hal itu tidak akan menggeser peran akuntan. Karena bagaimana pun, sistem bisa mengelola data dengan bantuan tenaga akuntan.

3. Teknik sipil

Saat ini, pembangunan rumah, apartemen, hotel, mall dan gedung lainnya masih banyak dilakukan. Di baik itu semua, lulusan sarjana teknik sipil turut berperan serta.

Seiring berjalannya fenomena investasi properti, maka banyak developer yang berlomba-lomba menarik kliennya. Nah, disana para lulusan teknik sipil banyak dibutuhkan.

Lulusan teknik sipil bukan hanya melakukan perencanaan gedung dan fasilitas umum saja. Akan tetapi, mereka juga dibutuhkan untuk menganalisis bagaimana perawatannya di masa mendatang.

4. Sastra Inggris dan mandarin

Globalisasi membawa banyak dampak di mana pun. Batas antar negara seakan kabur dalam percakapan antar dua orang yang berbeda kewarganegaraan. Untuk berinteraksi, mereka menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk itu, lulusan sastra Inggris jika sudah sangat fasih dalam melafalkan kata berbahasa Inggris dengan tepat maka besar peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka bisa membuka jasa privat Bahasa Inggris atau menjadi penerjemah.

Akan tetapi, bukan hanya Bahasa Inggris yang memiliki banyak penutur. Bahasa Mandarin juga masih sangat diperlukan. Banyak bidang usaha di berbagai negara yang membutuhkan jasa profesional penutur Bahasa Mandarin.

5. DKV

Desain Komunikasi dan Visual menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Lulusan DKV ini banyak sekali pilihan pekerjaannya di masa depan.

Semua konten di media sosial, ada campur tangan dari orang-orang yang jago di bidang editing foto dan video. Hal ini bisa kamu tekuni dengan belajar di jurusan DKV.

Prospek jurusan DKV antara lain sebagai copywriter, fotografer, desainer grafis, dan lain sebagainya. Untuk ke depannya, seiring banyaknya konten di media sosial maka lulusan DKV masih sangat dibutuhkan.

6. Informatika

Semakin banyak penggunaan internet yang sangat memanjakan maka akan tetap ada risiko yang mesti dihadapi. Risiko ini berkaitan dengan penyebaran virus komputer.

Untuk memecahkan masalah ini, maka peran lulusan informatika mempunyai andil. Prospek kerja jurusan teknik informatika antara lain web designer, web developer, programmer, dan lain sebagainya. Gaji tenaga profesional di bidang ini juga sangat menggiurkan. Begitu menjanjikan bukan?

Add Comments


EmoticonEmoticon