8 Kebiasaan yang akan Membuat Kita Susah untuk Maju

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan setiap harinya, baik itu kebiasaan yang baik maupun yang buruk. Umumnya sebuah kebiasaan yang baik akan menciptakan keindahan di masa depan begitu juga sebaliknya. Tapi kadang kita lupa atau bahkan tidak tahu kalau yang kita lakukan selama ini ternyata bakal berdampak buruk sehingga kita sulit mencapai cita-cita.

Bahwa kebiasaan itu akan mempengaruhi terhadap kehidupan kita kedepannya seperti apa. Mungkin yang akan menjadi bencana bagi diri sendiri itu merasa yang dilakukan itu sudah benar padahal kenyataannya kita seperti berjalan di tempat atau tidak ada kemajuan. Untuk itu sangat penting kita ketahui bersama beberapa kebiasaan yang menyebabkan kita susah maju. Kalau ingin berubah, kita wajib! menghindari hal demikian ini.

1. Pikiran yang berlebihan (Overthinking)

 

kebiasaan yang membuat terlambat

Yang pertama sebuah pikiran yang berlebihan akan banyak menyita waktu dan juga menghabiskan energi yang terbuang sia-sia. Ini biasanya ketika kita mendapatkan masalah baru, lalu memikirkan cara menyelesaikan masalah tersebut akan tetapi tidak menemui solusinya.

Itu wajar, setiap manusia tidak akan lepas dari suatu masalah, jika itu terjadi pada dirimu janganlah berlebihan menghadapinya tetap tenang. Kalau pikiran sudah buntu, lupakan sejenak dan kalau memang sudah tidak mampu jangan memendam masalah sendirian, cobalah diskusikan dengan orang terdekat kalian atau kalau perlu konsultasi kepada ahlinya.

2. Tidak percaya diri

 

percaya diri

Sering kali orang beralasan bahwa tidak percaya diri yang menjadi penghambat utama mereka. Memang sih, bukanlah hal yang mudah dalam meningkatkan kepercayaan diri. Akan tetapi logikanya kalau kita saja tidak percaya pada diri sendiri bagaimana bisa orang lain percaya pada kita?

Maka sangat penting suatu keyakinan pada diri kita sendiri supaya bisa menyelesaikan suatu masalah dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kalau perlu kami punya sugesti seperti ini “saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa”.

3. Selalu menunda pekerjaan


Siapa di antara kalian yang suka menunda pekerjaan? Bahwasanya kebiasaan menunda suatu pekerjaan akan menjadikan bom waktu bagi kalian, maksudnya pekerjaan yang harusnya bisa selesai waktu itu juga karena selalu ditunda akhirnya menumpuk. Selain mempengaruhi performa kerjamu, hal demikian dapat memakan banyak waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Makanya apapun pekerjaan kita saat ini jadilah orang yang profesional, selalu menghargai waktu, serta prioritaskan yang jadi kewajibanmu. Jadi bisa disimpulkan kalau suka menunda pekerjaan bisa jadi faktor penghalang kesuksesan.

4.Takut untuk mencoba


Ketakutan hanya akan membuatmu menyesal, karena kita tidak akan pernah bisa tahu sampai kita mencoba. Memang kadang ketakutan muncul yang didasari terhadap pengalaman akan kegagalan di masa lalu. Tapi ingatlah kalau kita berhenti sama dengan gagal.

5. Takut akan Perubahan


Perubahan itu pasti ada baik dilakukan dengan sengaja atau berubah secara alami. Orang yang siap dengan perubahan akan bisa menyesuaikan keadaan, berbeda dengan orang yang tidak mau berubah akan selalu tertinggal. Yang kita perlu sadari bahwa perubahan itu perlu dan kehidupan tidaklah seindah di sosial media, akan ada tantangan dan rintangan yang menantimu di depan sana.

6. Terlalu dengarkan opini orang lain


Jadikanlah opini orang lain sebagai sumber referensi untuk intropeksi diri, tapi jangan diterima mentah-mentah kita harus pintar menyaringnya. Sebab orang lain hanya melihat dari kita yang ada di depan mata dan memberikan opini. Kita tidak boleh terlalu hanyut terhadap pendapat orang lain, sebab diri kamu sendirilah yang tahu akan sebenarnya terjadi.

7. Menolak kritik dari orang lain


Kalau suatu ketika ada orang yang mengkritik, coba dengarkan dahulu apa yang ia bicarakan lalu renungkan apakah hal itu benar atau tidak. Sebab sebuah kritik dan saran yang membangun itu justru penting untuk ke depan jadi lebih baik. Makanya jika ada orang lain yang memberi saran jangan langsung buru-buru tutup telinga ya.

8. Suka membeli barang yang belum jelas kegunaannya


Orang bijak bilang “belilah fungsi, jangan beli karena gengsi”. Generasi milenial jaman sekarang banyak dari mereka yang suka membelanjakan uangnya hanya untuk barang yang belum jelas kegunaannya. Akan sangat disayangkan ketika kita membeli sesuatu hanya karena ikut-ikutan akhirnya menjadi pajangan yang tak ada nilainya. Hal demikian hanya akan menghamburkan uang saja, sehingga kita akan sulit untuk maju.

Baca juga :
- 5 Hal Ini Jangan Pernah Kamu Umbar di Sosial Media
- Kata Ucapan Selamat Hari Senin untuk Menambah Semangat

Bagaimana Guys? Apakah delapan kebiasaan yang akan membuat kita susah untuk maju cukup membuat Anda terinspirasi? Jika iya, jangan lupa bagikan tulisan ini kepada kerabat dan sahabat terdekatmu.

Add Comments


EmoticonEmoticon