Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Bagi orang yang tidak terbiasa bepergian jauh menggunakan kendaraan mobil akan merasa pusing, mual, dan sebagainya hingga akhirnya muntah di tengah perjalanan. Kondisi ini bisanya mereka yang melakukan perjalanan dengan transportasi seperti bus, taksi, pesawat, kapal dan kereta api. Saya sendiri pernah mengalaminya, padahal bepergian hanya antar kota.

Seseorang yang pernah mengalami mabuk kendaraan biasanya akan mengalami berulang-kali di lain waktu saat bepergian jauh. Kita bisa saja cemas hingga mengganggu perjalanan maupun aktivitas selama bersenang-senang dengan teman. Sebetulnya kita bisa mengantisipasi mabuk perjalanan dengan beberapa tips sebelum dan selama perjalanan.

Kebiasaan kita selama diperjalanan akan menjadi penyebab hingga akhirnya mengalami mabuk kendaraan. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, ketika Anda menaiki mobil angkot dan duduk di bagian samping otomatis Anda akan meliat bagian samping jalanan. Saat mata melihat pepohonan bergerak melintasi pandangan, namun dilain sisi saraf sensorik Anda merespon bahwa tubuh Anda sebetulnya tidak bergerak sama sekali. Pada situasi demikian pada akhirnya menimbulkan sebuah konflik rangsangan ke otak sehingga membuat Anda mual, pusing, sakit kepala dan akhirnya mengalami sebuah mabuk perjalanan.

Tips Sederhana Mengatasi Mabuk Kendaraan


cara mengatasi mabuk kendaraan

1. Siapkan Jamu Alami


Bagi kalian yang kurang menyukai obat-obatan, setidaknya bisa dengan alternatif yang alami dan tentunya sehat meski dilakukan berulang kali. Pertama kita sediakan bahan-bahannya berikut ini :

- Jeruk Nipis 2 buah
- Gula 2 sendok
- Air masak satu gelas

Cara membuatnya : Jeruk nipis kita peras untuk diambil airnya, setelah itu tambahkan dengan gula dan air. Minumlah sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga :
- 3 Tips Mudah Menjaga Tubuh Agar Tetap Langsing
- Cara Alami Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

2. Ubah Kebiasaan


Kalau kamu bisanya duduk pada bangku belakang mobil, maka sekarang kamu perlu merubahnya untuk duduk di kursi depan samping sopir. Bahwasanya mabuk perjalanan bisa disebabkan karena ketidaksesuaian apa yang kita lihat dengan posisi tubuh kita. Dengan pandangan kita hanya fokus pada titik depan akan mengurangi resiko mabuk kendaraan.

3. Tetap Tenang


Kadang fokus pada satu arah ketika mobil sedang melaju kita akan kesusahan, coba tetap tenang dengan bernafas dalam-dalam dan perlahan. Supaya pandangan tetap stabil pastikan kepala anda sandarkan pada kursi belakang, kalau ada gunakan juga bantal leher selama di mobil. Akan lebih baik lagi coba fokuskan pada hal lain seperti dengan mendengarkan musik, untuk itu jangan lupa bawa handpone dan headset.

4. Tidur dalam Mobil


Kalau sudah santai, duduknya juga sudah pas sambil dengerin musik, cobalah sesekali untuk tidur. Ketika sudah merasa mual dan pusing cobalah sesekali pejamkan mata anda sampai dirasa nyaman. Jangan lupa selalu persiapkan sebuah plastik apabila tiba-tiba muntah.

5. Makan


Guna mengalihkan pandangan kita bisa makan. Tapi jangan asal, akan tetapi makanlah roti soda kering beberapa potong saja dan kalau minum sediakan air jahe atau teh. Meski ada yang tidak cocok makan dalam kendaraan, Anda juga dapat menghirup aromaterapi seperti lavender, lemon, peppermint dan cendana.

6. Konsultasi dengan Dokter


Jikalau tips di atas masih belum manjur, coba segera periksa ke dokter. Masalah mabuk kendaraan bagi orang dewasa akan mempengaruhi aktivitas dan pekerjaan terganggu. Sedangkan pada anak-anak tentu akan membuat cemas orang tuanya apalagi mengalami pusing dan mual sudah cukup parah. Supaya tidak beresiko lebih serius kita bisa konsultasi dengan dokter ahli.

Penutup
Itulah obat alami dan beberapa tips sederhana supaya kalian tidak lagi mengalami mabuk kendaraan. Yang terpenting adalah coba untuk tenang, jangan berkendara saat posisi perut kosong maupun kekenyangan. Pola makan juga mempengaruhi dan usahakan selalu berdo’a sebelum berangkat. (menitinfo.com)

Add Comments


EmoticonEmoticon