Cara Alami Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

cara alami mengobati ketombe
 

Kepala yang ketombean biasanya rambut akan jadi mudah rontok, untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan ketombe supaya rambut kepala tidak rontok lagi tentunya dengan bahan alami. Kalau kita sudah kena ketombe biasanya akan serba salah, ketika pake penutup kepala rambut gatal, kepanasan juga gatal apalagi sampai berkeringat.

Untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe memang menjadi momok yang sangat dihindari bagi banyak orang, terlebih kaum wanita. Selain itu karena ketombe rambut bisa jadi semakin tipis, aktivitas jadi terganggu dan pastinya tak nyaman. Meski sekarang ini sudah banyak beredar obat anti ketombe, namun bahan kimia yang ada malah bisa membuat rambut jadi rusak walaupun ketombe hilang.

Anda jangan khawatir, kami telah merangkum dari beberapa sumber hingga memperoleh solusi untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe dengan bahan-bahan alami. Bahan alami selain tidak memiliki efek samping, juga mudah kita dapatkan dari sekitar lingkungan, bisa beli atau memetik dari halaman rumah.

1. Lidah Buaya


Yang pertama adalah dengan memanfaatkan lidah buaya, tanaman yang kadang digunakan untuk hiasan depan rumah memiliki karakteristik bersifat dingin dan dapat menyegarkan kulit kepala kita. Cara penggunaannya cukup mudah, kita cukup ambil beberapa tangkai daun lidah buaya lalu haluskan. Kemudian hasil tumbukan tadi kita ratakan pada kulit kepala sambil pijat supaya meresap sampai dasar rambut. Setelah semuanya rata diamkan dahulu selama 30 menit baru kamu bilas hingga bersih.

2. Jeruk Nipis


Jeruk yang rasanya selalu asam meski sudah matang kadang dipakai untuk menambah aroma pada makanan seperti soto biasanya. Selain itu Jeruk Nipis bisa kita pakai buat menghilangkan ketombe dan atasi rambut tontok dengan cara : Anda ambil beberapa buah jeruk nipis yang kira-kira cukup buat rambut kalian, kemudian peras untuk kita ambil airnya. Ari jeruk nipis kalian pakai dengan oleskan pada rambut kepala hingga rata, diamkan selama 30 menit baru bilas bersih.

Baca juga :
- Ingin Wajah Putih Permanen Secara Alami, Simak Caranya
- 7 Makanan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

3. Daun Pandan


Bagi kamu yang buka puasa sering makan kolak, pasti tidak asing lagi dengan aroma daun pandan. Daun hijau memanjang ini biasa dipakai buat menambah aroma wangi suatu makanan.

Untuk membuat daun pandan sebagai obat ketombe adalah dengan cara rebus beberapa lembar daun pandan hingga mendidih. Setelah itu kalian saring air dari daun pandan tadi kemudian biarkan sampai hangat. Kita oleskan air daun pandan pada rambut kepala sampai merata, diamkan 30 menit baru dibilas dengan air bersih.

4. Kangkung


Sebuah sayuran yang sering tumbuh di persawahan, biasa digunakan sebagai bahan masakan yang rasanya rezat. Ternyata dibalik itu daun kangkung memiliki manfaat untuk obat ketombe. Caranya kita cukup rebus daun kangkung dengan dua gelas air, sesudah itu hasil air rebusan itu tadi kita gunakan untuk membilas rambut sampai merata hingga ke pori-pori kepala.

5. Garam


Kalau yang satu ini pasti sudah tersedia di rumah, garam biasa buat bumbu masak dan penambah rasa asin. Selain itu kita bisa manfaatkan garam buat menghilangkan ketombe. Caranya sangat sederhana, kalian basahi rambut kepala dengan air bersih, setelah itu beri sedikit garam yang sudah halus dan gosokkan perlahan pada kepala hingga merata. Garam mampu mengangkat sel kulit mati, jadi sangat baik buat kesehatan rambut anda untuk menghilangkan ketombe.

Penutup
Pada dasarnya rambut yang selalu terkena ketombe hingga mengalami kerontokan, biasanya disebabkan karena Anda tidak cocok dengan shampo yang dipakai. Mungkin kalian pernah merasakan panas pada kepala setelah menggunakan shampo. Berikutnya bisa disebabkan karena adanya jamur pada kulit kepala. Cuaca yang panas juga akan mempengaruhi timbulnya ketombe, untuk itu selalu rawat rambut Anda ketika musim panas.

Add Comments


EmoticonEmoticon